Halaman penggemar Facebook pendiri Jaringan Sosial Facebook Mark Zuckerger disusupi hacker yang memposkan pesan yang berisi kutukan terhadap pendiri Facebook yang memanfaatkan jaringan sosial paling popular ini untuk menimba keuntungan besar.

“Mari memulai penyusupan: Jika facebook membutuhkan uang, alih-alih ke bank, mengapa Facebook tidak membiarkan para penggunanya menanam modal di Facebook secara social?” tulisa pesan itu antara lain.

Penyusupan ini terjadi beberapa hari setelah Facebook membenarkan ia telah mendapatkan $1.5 miliar dari para penanam modal pada valuasi sekitar $50 miliar.

“Mengapa tidak mentransformasikan Facebook menjadi sebuah ‘bisnis sosial’ sebagaimana pemenang hadiah Nobel Muhammad Yunus melukiskannya?, lanjut pesan susupan itu merujuk pada pendiri Bank Grameen yang telah mentransformasikan hidup jutaan orang melalui skim pinjaman mikro kepada orang miskin.

Sebelum ditarik, pesan susupan itu telah disukai (‘like‘) oleh lebih dari 1800 orang.

Halaman facebook Zuckerberg memiliki lebih dari 3 juta penggemar. Menurut perkiraan para pakar keamanan dunia maya, halaman ini dikelola oleh para pembantu Zuckerberg.

Paul Ducklin, kepala departemen tekonologi pada perusahaan keamanan Sophos mengatakan tidak tahu bagaimana penyususpan ini terjadi. Akan tetapi katanya, apa pun yang terjadi dalam kasus ini, ia memunculkan satu lagi pertanyaan serius: masihkan para pengguna mempercayai Facebook dengan persona online mereka.

Penyusupan ke halaman penggemar Zuckerberg ini terjadi hanya beberapa hari setelah halaman facebook Presiden Perancis Sarkozy disusupi. Dalam penyusupan itu, penyusup menayangkan pesan bahwa Sarkozy tidak akan ikut dalam pemilihan presiden yang akan datang, yang langsung dibantah oleh Sarkozy. (brk/ht)

Facebook Comments