Pasangan Temafol Resmi Gugat Pilkada Nisel ke MK

JAKARTA, Nias Online – Pasangan Temafol resmi menggugat hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) Nias Selatan (Nisel) ke Mahkamah Konstitusi (MK). MK telah menerima pendaftaran gugatan pasangan nomor urut 1 tersebut pada Rabu, 12 Januari 2010 yang didampingi oleh kuasa hukum mereka Andi Syafrani, SH, MCCL, dkk.

“Kami sudah mendaftarkan gugatan ke MK. Sudah diterima dengan nomor registrasi gugatan Nomor 173/PAN.MK/I/2011 pada hari Rabu, 12 Januari 2011 pukul 14.18 Wib dan diterima oleh Widi Atmoko, SH, MH,” ujar calon wakil bupati pasangan Temafol FL Bidaya kepada Nias Online di Jakarta, Jum’at (14/1/2011).

Gugatan terhadap hasil Pilkada ini ternyata tidak hanya oleh pasangan Temafol. Sejumlah informasi yang diterima redaksi Nias Online mengungkapkan, pasangan nomor urut 4 Fauduasa-Alfred (Jiwa) juga mengajukan gugatan serupa ke MK. Namun, sampai berita ini ditayangkan, informasi itu belum dikonfirmasi oleh pasangan Jiwa. Redaksi Nias Online beberapa kali menghubungi serta mengirimkan pesan singkat (SMS) ke telpon seluler Alfred Laia (calon wakil bupati pasangan Jiwa), namun tidak mendapatkan jawaban.

Sementara itu, anggota KPUD Nias Selatan Deskarnial Zagötö mengungkapkan, dari informasi yang diperolehnya, pasangan calon kepala daerah yang tidak ikut dalam Pilkada pada 29 Desember 2010 karena telah kepesertaan mereka dianulir oleh KPUD, juga telah mengajukan gugatan ke MK. “Saya kurang paham apa gugatan mereka, kemungkinan masalah penganuliran itu,” kata dia.

Dia juga mengungkapkan, gugatan para peserta Pilkada tersebut merupakan hak hukum yang wajar. Menghadapi gugatan itu pun, kata dia, KPUD siap memberikan keterangan sejelas-jelasnya di persidangan MK.

Hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara serta penetapan oleh KPUD pada 10 Januari 2011, menetapkan pasangan Idealisman Dachi-Hukuasa Ndruru sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih. Berikut adalah rincian perolehan suara tiap-tiap pasangan: Pasangan No.1 (Temafol) : 23.289 suara, Pasangan No.3 (Ideal): 27.874 suara, Pasangan No.4 (Jiwa): 22.080 suara, Pasangan No.5 (Solo): 6.857 suara, Pasangan No.6 (Damai): 9.181 suara. (EN)

Komentari

effendi says:

pribadi saya mengucapkan trims kpd Pasangan Temafol yg sdh mau menggugat hasil Pilkada Nisel 2010.
lanjutkan Pak Bidaya kami akan sllu mendukung Bpk demi masyarakat Nisel dan jangan mudah menyerah.
TUHAN menyertai………

adieli says:

selamat untuk sdr. Idealis Dachi GBU