Pasangan Temafol Pastikan Gugat Hasil Pilkada Nisel ke Mahkamah Konstitusi

JAKARTA, Nias Online – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Nias Selatan (Nisel) telah menetapkan pasangan Idealisman Dachi-Hukuasa Ndruru sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih. Namun, mereka masih harus bersabar menikmati kemenangan mereka mengingat hasil Pilkada itu akan digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK) oleh pasangan Temafol.

“Kami pastikan akan menggugat hasil Pilkada itu ke MK. Sebab, pelaksanaan Pilkada itu banyak terjadi pelanggaran,” ujar calon wakil bupati pasangan Temafol FL Bidaya kepada Nias Online di Jakarta, Senin (10/1/2011).

Dia menjelaskan, selama pelaksanaan Pilkada, pihaknya menemukan sejumlah pelanggaran dan kecurangan. Di antaranya, politik uang (money politics), penggelembungan suara pasangan tertentu dan indikasi keberpihakan KPUD pada pasangan tertentu. Selain itu, pihaknya juga mendapatkan bukti adanya dua model surat suara di TPS-TPS.

Beberapa temuan pelanggaran lainnya, kata dia, telah terdokumentasikan untuk dijadikan bukti pada gugatan di MK.Sesuai aturan, pihak-pihak yang keberatan dengan hasil Pilkada, memiliki waktu selama tiga hari sejak hari penetapan hasil final oleh KPUD untuk melayangkan gugatan ke MK.

Sebelumnya, kepada Nias Online, Deskarnial Zagötö membantah pihaknya bersikap tidak netral pada Pilkada itu untuk memenangkan pasangan tertentu.Dia juga mengungkapkan, bila ada pihak yang ingin menggugat, sesuai aturan memiliki waktu tiga hari setelah penetapan pasangan terpilih oleh KPUD.

Hari ini, KPUD Nisel melakukan rapat pleno penetapan pasangan terpilih. Seperti diakui Deskarnial, rapat tersebut hanya dihadiri oleh pasangan terpilih (Ideal) dan pasangan Solo. (EN)

Komentari

asera hal says:

saya setuju dgn komen nita harita….

bahwa sapa saja memenangkan pilkada nisel adalah tetap “BUPATI NISEL”Tp harapanQ kpd Bapak IDEALISMAN DACHI & HUKUASA NDR bahwa Bpk hrz ttp menjalankan program2 yg bpk buat n apa yg bpk janjikan kpd masyarakat banyak termasuk visi & misi Bapak.

pesan buat Bpk IDEALISMAN DACHI & HGUKUASA NDR :
JANGAN KECEWAKAN MASYARAKAT QTA KHUSUSNYA DI NISEL.

“MAJU TRUZ NISEL MENUJU NISEL YG BARU”

TUHAN MEMBERKATI.

Amiiiiien…..!!!

Nita Harita says:

Yah…..masalah money politics atau bukan tuh gak perlu lah sepertinya diperdebatkan….harusnya kita mensyukuri siapapun yang bakal jadi pemimpin kita kerdepannya….maka dia harus ingat dong visi misi yang dicetuskan jangan sampai terlena dengan kemenangan yang didapat, sebab yakin dan percaya jika hal itu akan terjadi maka Tuhan gak akan merestui…Jd bagi pemimpin yang baru, hanya perlu menunjukkan kinerja kerjanya doang, n kita masyarakat hanya tinggal memantau para pemimpin yang terpilih n jika dalam kepemimpinannya terlihat tak memuaskan..nah disini kita baru bisa unjuk gigi alias bersuara n mengkritik para pemimpin yang terpoilih……bukan dengan seperti ini klu masalah ini berkepanjangan kapan lagi kita punya daerah bisa maju….?

Aprinus Laia says:

Syallom………….
Temafol menang bukan karena uang tetapi oleh karena anugerah Tuhan dipilih mereka menjadi pimpinan daerah Nisel agar Nisel dapat melihat perubahan yang dilakukan Tuhan dari hari yang kemarin. maka untuk itu mari kita mendukung mereka untuk mensejahterakan daerah kita, jangan lagi kita mencari-cari kesalahan atau jalan lain untuk menghambat mereka dalam memimpin daerah kita. kita percaya bahwa tidak ada yang mustahil bagi Tuhan, maka dengan cara apapun Tuhan akan bersama pada kehendak-Nya. Gbu

Aprinus Laia says:

Syallom………….
Temafol menang bukan karena uang tetapi oleh karena anugerah Tuhan dipilih mereka menjadi pimpinan daerah Nisel agar Nisel dapat melihat perubahan yang dilakukan Tuhan dari hari yang kemarin. maka untuk itu mari kita mendukung mereka untuk mensejahterakan daerah kita, jangan lagi kita mencari-cari kesalahan atau jalan lain untuk mereka untuk tidak memimpin daerah kita. kita bahwa tidak ada yang mustahil bagi Tuhan, maka dengan cara apapun Tuhan akan bersama pada kehendak-Nya. Gbu

hikmat salomo says:

Mau tanya saja, sudah beberapa hari setelah pleno KPUD Nisel, beberapa kontestan menggugat ke MK. Tetapi sampai skrg masih belum tau bagaimana perkembangannya. Emangnya mekanismenya gmn kalau ke MK???…

Bijaksana zebua says:

Faamona ba faakala ndra para balon da’o tenga boro gefe,,no nitatugoi zokho yaita. Ada baikx kita menerima sj g ush berprasangka yg bukan2.. B’Dosa z ma Tuhan. GBA.