JAKARTA, Nias Online – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Nias Selatan (Nisel) telah menetapkan pasangan nomor urut 3 Idealisman Dachi-Hukuasa Ndruru sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih pada pilkada pada 29 Desember 2010. Penetapan tersebut dilaksanakan pada rapat pleno penetapan di kantor KPUD Nisel.

“Penetapannya sudah selesai dalam pleno penetapan tadi siang. Pasangan terpilih adalah nomor urut 3, Idealisman-Hukuasa Ndruru,” ujar anggota KPUD Nisel Deskarnial Zagötö kepada Nias Online, Senin (10/1/2011).

Namun, rapat pleno penetapan tersebut, hanya dihadiri oleh pasangan calon terpilih dan tim sukses pasangan Solo. Meski demikian, Deskarnial mengatakan, ketidakhadiran pasangan lainnya tidak memengaruhi keputusan pleno penetapan pada hari ini. Sebab, semua pasangan telah dikirimkan surat undangan untuk menghadiri pleno penetapan pasangan terpilih.

Pelantikan pasangan kepala daerah terpilih, kata dia, direncanakan dilaksanakan pada 28 Maret 2011. (setelah dikoreksi, Red.)

Dihubungi terpisah, pasangan Temafol membenarkan pihaknya tidak menghadiri pleno penetapan tersebut. Alasannya karena pilkada tersebut tidak berlangsung sebagaimana seharusnya. Terjadi banyak pelanggaran. “Kami tidak mengakui hasil pleno penetapan itu. Saksi dari kami datang tapi tidak menandatangani berita acara,” kata calon wakil bupati pasangan Temafol FL Bidaya. (EN)

Koreksi: Pada paragraf 4 sebelumnya tertulis: 28 Januari 2011, seharusnya: 28 Maret 2011 (Redaksi – 11 Januari 2011, Jam 10.10 WIB).