Pilkada Nias Selatan – Hasil Pleno KPUD: Pasangan Idealisman Unggul

Thursday, January 6, 2011
By susuwongi

JAKARTA, Nias Online – Hasil rapat pleno rekapitulasi perolahan suara Pilkada Nias Selatan (Nisel) oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Nisel menunjukkan pasangan Idealisman-Hukuasa Ndruru meraih suara terbanyak. Hasil itu berdasarkan rekapitulasi perolehan suara dari 17 dari 18 kecamatan.

“Dari hasil pleno rekap pada 6 Januari 2011, perolehan suara pasangan urut 1 (Temafol) sebanyak 22.935 suara. Urut 3 (Ideal) sebanyak 27.206 suara. Urut 4 (Jiwa) sebanyak 21.232 suara. Urut 5 (Solo) sebanyak 6.706 suara dan urut 6 (Damai) sebanyak 8.717 suara. Itu hasil rekap penghitungan suara pada 17 kecamatan, tidak termasuk Kecamatan Toma. Tapi dari hasil itu, menunjukkan pasangan urut 3 menang satu putaran,” ujar Deskarnial Zagötö kepada Nias Online, Kamis (6/1/2011).

Dia menjelaskan, total suara sah seluruh pasangan calon adalah 86.796 suara dan suara tidak sah sebanyak 14.268. Total suara sah dan tidak sah sebanyak 101.064 suara. Sedangkan jumlah pemilih yang ada dalam daftar pemilih tetap, kata dia, sekitar 213 ribu.

Meski masih ada satu kecamatan tersisa, Deskarnial menilai langkah KPUD melakukan pleno rekapitulasi tidak bertentangan dengan aturan. Sebab, berdasarkan tahapan, harusnya seluruh PPK sudah menyerahkan hasil pleno kemarin (5/1). Sehingga sesuai tahapan juga, hari ini (6/1) KPUD melaksanakan pleno rekapitulasi. “Tapi, sampai hasil penghitungan suara dari 18 kecamatan terhimpun, hasil rapat pleno hari ini dianggap belum final atau bersifat sementara,” kata dia.

Dia menjelaskan, PPK Toma diberi batas waktu sampai pukul Sembilan malam ini untuk melakukan pleno. Bila tidak pleno juga, maka akan diambil alih oleh KPUD untuk diplenokan pada esok hari.Bila hasil pleno PPK Toma sudah diterima, maka KPUD akan mengundang semua saksi pasangan calon dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) untuk melakukan pleno untuk melengkapi total suara 18 kecamatan tersebut. Selanjutnya, akan diikuti dengan pleno penetapan pemenang Pilkada yang diperkirakan pada Senin (10/1). (EN)

11 Responses to “Pilkada Nias Selatan – Hasil Pleno KPUD: Pasangan Idealisman Unggul”

  1. 1
    Ernny Ndruru Says:

    Kog PPK Toma tidak segera mengantar hasil rekapitulasi suara itu ke KPUD? Jangan2 ada maksud tertentu!!!!!!!.

  2. 2
    Fabius Ndruru Says:

    Semoga 3 program cerdas dan berani mereka yakni (1) Pemberantasan Korupsi; (2) Gratis Uang Sekolah SMA/SMK dan Uang Kuliah dan (3) Gratis Pelayanan Dasar Kesehatan semoga menjadi kenyataan dan bukan hanya isapan jempol belaka.

  3. 3
    Siwani Victor Dachi Says:

    Yth : Sdr. Fabius Ndruru,

    Menarik untuk kita sharingkan sedikit 3 program cerdas seperti apa yang saudara utarakan di atas.
    Kalau boleh saya menanggapi, 3 program tersebut di atas memang harus dilaksanakan dan benar-benar dilakukan oleh pemimpin kita yang telah memperoleh legitimasi dari KPUD bahwa merekalah sebagai pemenang dalam PEMILUKADA yang baru saja diselenggarakan.

    Pertama : Saya percaya tidak ada satupun warga masyarakat Nias Selatan pada khususnya dan Nias pada umumnya yang akan membiarkan terjadinya praktek-praktek Korupsi di bumi kita Nias yang kita cintai ini. Kita berharap di era kepemimpinan pasangan yang baru terpilih nanti menjadikan prioritas kerja mereka tentang masalah korupsi ini.
    Ibarat sebuah sungai. Kalau sumber airnya bersih maka muaranya akan bersih pula, jika sumbernya kotor maka seluruh batang sungai itu akan kotor. Begitu pula dalam hal kepemimpinan baik di daerah maupun pusat.
    Jika atasan menginginkan yang benar maka bawahan sudah pasti akan mengikuti dan takut akan melakukan hal-hal yang tidak benar.

    Kedua : Masalah gratisnya uang sekolah bagi SMA/SMK atau sampai di Universitas, saya kira itu berat untuk dilaksanakan. Sebagai contoh : sekolah-sekolah swasta di Nias Selatan, mana mungkin pemiliknya akan memberi gratis uang sekolah sementara dia butuh dana operasional, termasuk gaji guru dan karyawannya. Kecuali seperti sekolah negeri, memang dari dulu juga sudah gratis khan ?
    Tapi boleh saja hal itu terjadi, kalau misalkan para pemimpin kita yang baru terpilih gesit untuk mencari dana dan memberikan subsidi tiap-tiap sekolah. Tapi kalau hanya mengandalkan dari dana APBD, menurut logika saya, akan mengalami kendala. Karena bukan hanya satu sektor yang menjadi perhatian tapi masih banyak lagi hal yang lain.
    Saya setuju kalau misalkan anak-anak yang berprestasi diberikan bea siswa dan itupun mereka-mereka yang kemampuan ekonomi agak lemah atau berkurang.

    Ketiga : Mengenai pemberian gratis pelayanan dasar kesehatan kepada masyarakat itu sangat perlu sekali. Seperti Puskesmas-puskesmas di Jakarta (tentu milik pemerintah) memang kalau berobat di sana gratis. Cuma bayar Rp. 2.000 sebagai uang registrasi. Kalau diterapkan di Nias termasuk di Nias Selatan, Puji Tuhan akan banyak membantu warga masyarakat kita di sana.

    Akhir kata, semoga masukan-masukan yang berjiwa membangun dari masyarakat dapat berguna dan menjadi perhatian serius bagi PEMIMPIN kita yang terpilih untuk memimpin Kab. Nias Selatan 5 (lima) tahun mendatang masa kepemimpinan mereka.

    Selamat kepada BUPATI & WAKIL BUPATI Kab. NIAS SELATAN yang baru saja terpilih. Tuhan memberkati karya dan pengabdian saudara-saudara.

    Salam dari saudaramu,

    Siwani Victor Dachi

  4. 4
    Ernny Ndruru Says:

    Selamat & Sukses buat pemimpin kami yang baru. Semoga segala rancangan & program beliau kedepan ini sesuai dengan kehendak Tuhan.
    Adinda erni ndruru.

  5. 5
    abel Says:

    selamat dan sukses bagi pasangan nomor urut 3. moga-moga apa yang di canangkan tentang program cerdas bisa terwujudkan….
    1. masih banyak guru-guru yang mengajar di sekolah-sekolah negeri bestatus honorer dari komite.
    2. di nisel kebanyakan yang ada presentasi sekolah swasta belum lagi tingkat universitas.
    harapan kita sih…moga-moga program cerdas yang ditawarkan berjalan sesuai dengan tulisan yang di baliho(begitu besar hurufnya) dan yang menarik ada tulisan kecil paling bawah “uang rakyat kembali kepada rakyat” hi….hi…..hi…..hm.

  6. 6
    Rendy duha Says:

    semoga visi dan misi bpk bupati dan wakil bupati terpilih tdk hanya jadi teori tapi pelaksanaan di lapangan tdk terlaksana

  7. 7
    Nickson Ndruru Says:

    Selamat kepada KPUD Nisel yg tegas & berani bertindak dalam memutuskan hasil Pilkada 29 Desember 2010,…
    Dan Kepada Calon yg dinyatakan Unggul supaya menempati janji yg telah di sampaikan kepada Publik.

    Pertanyaan….???
    Apakah benar isu yg mengatakan bahwa ada Putaran Ke2 Pemilukada Nisel???

  8. 8
    Siwani Victor Dachi Says:

    Selamat pagi saudara-saudara semua.

    Saudara Nickson Ndruru ytk,

    Menanggapi pertanyaan saudara tentang apakah masih ada “putaran kedua”,
    saya rasa kita serahkan ke KPUD aja. Kalau dalam PEMILU/PILKADA sebelumnya sich ya, bilamana di antara calon pasangan mencapai jumlah suara sebanyak 50%+ 1 suara maka tidak perlu ada putaran kedua atau lebih tepat kita katakan PEMILU/PILKADA ulang. Tapi khan setiap periode PEMILU peraturannya pasti ada perubahan. Kalau ga salah ingat bahwa pada peraturan KPU sekarang ini, jika dalam pelaksanaan PEMILU/PEMILUKADA ada pasangan yang mencapai di atas 30% total suara, maka pasangan yang mencapai perolehan tersebut dianggap “MENANG” atau “PASANGAN TERPILIH”.
    Saya rasa sebelum PEMILUKADA diselenggarakan, peraturan-peraturan tersebut telah disosialisakan dan dijelaskan oleh KPUD sendiri.
    Jadi, menurut saya kalau misalkan sudah ada pasangan yang telah mencapai di atas 30 % perolehan suaranya, sebaiknya KPUD segera mensyahkan dan mengumumkan siapa BUPATI & WAKIL BUPATI yang baru terpilih.
    Putaran kedua bisa menjadi perdebatan dan perlu diulang lagi bilamana hanya 3 calon pasangan yang mengikuti PEMILUKADA tersebut. Ini khan 5 pasangan, dan di antara mereka mungkin sudah ada yang memperoleh 30 % total suara.
    Kita semua berharap bilamana sudah ada pasangan yang telah mencapai total suara sebanyak 30 % maka sebaiknya kita semua menerima dengan senang hati aja, kalau diulang maka kita hanya menghambur-hamburkan uang negara.
    Yang kita harapkan kepada PEMIMPIN BARU kita, komitmen yang telah dijanjikan supaya benar-benar dilakukan atau dilaksanakan.

    Kalau boleh saya berbicara/mengusulkan, sebaiknya yang menjadi prioritas pembangunan di Nias Selatan adalah :

    Pertama : Semua jalan-jalan antar desa di seluruh desa di Kabupaten Nias Selatan harus dibuka. Karena kasihan melihat warga kampung kita sendiri jika mereka mau menjual hasil ladang, sawah, kopra dan karet dengan memikul berat-berat.

    Kedua : Semua guru-guru honorer yang telah mengajar baik di sekolah-sekolah swasta maupun di sekolah negeri harus diangkat mereka menjadi pegawai negeri. Biar mereka semangat untuk mengajar anak-anak yang di kemudian hari, anak-anak itu menjadi generasi penerus Nias dan bangsa.

    Ketiga : Harus Kepala Daerah terpilih menyeleksi orang-orang yang dipakai untuk menjalankan berbagai bentuk pembangunan. Jangan hanya karena mau mengejar keuntungan maka seorang kontraktor/pemborong mengabaikan mutu/kwalitas dari bangunan yang dikerjakan. Ini berbahaya sekali jika ini tidak dikontrol. Pembangunan apa saja nanti di Nias Selatan harus mutu bangunannya “KOKOH”. Jangan baru kita bikin sekarang besok, tahun depan atau 5 tahun kemudian ada proposal untuk “REHAB”. Sebaiknya ini harus diperhatikan. Mutu bangunan harus di atas 50 tahun, baik jalan maupun gedung-gedung. Makanya harus diperlukan tenaga-tenaga yang memang sudah ahli.

    Keempat : BUPATI & WAKIL BUPATI BARU TERPILIH, harus berkomitmen untuk tidak berkorupsi, berkolusi dan bernepotisme supaya anak buah juga tidak melakukan hal yang sama. Seorang Pemimipin harus menjadi contoh yang baik kepada semua orang. Bilamana selama 5 tahun telah melakukan perubahan yang baik di Kab.Nias Selatan maka periode berikutnya pasti akan dipilih/dipercayakan kembali untuk menjadi Pemimpin di Kab. Nias Selatan. Jika tidak maka selesailah sudah.

    Baiklah, kita warga masyarakat Nias Selatan mari kita dukung PEMIMPIN BARU kita, semoga dalam menjalankan tugas baru ini mereka selalu dilindungi dan diberkati oleh Tuhan Allah Yang Maha Kuasa.
    So gamaedola ndra satuada me fona, ha lawa’o “Aoha noro nilului wahea, aoha noro nilului waoso, hulu tafadaya-daya alisi tafaewolo-wolo”. Mari kita kerja sama dengan mereka, tugas ini berat tapi kalau kita bergandengan tangan semua maka seberat apapun beban itu kita bisa atasi.

    Saohagolo ira talifu fefu, u’andro wa’ebolo dodomi na so wehede si lo fagona ba si lo enahoi bakha ba dodo mi

  9. 9
    Fitaris Dakhi Says:

    Yaahowu…..
    Selamat dan sukses saya ucapkan kepada pasangan Idealisma & Hukuasa Ndruru atas keunggulan perolehan suara pada pemilukada di Nias selatan.
    Kami berharap semoga Program cerdas dan brani bapak dapat terlaksana dengan baik…..
    kemudian menurut saya,jangan hanya sektor itu saja kita tingkatkan tetapi marilah kita melihat sektor2 lain yang membuat Nias kita ini semakin maju.
    Nias Brani Maju………….

  10. 10
    Ernny Ndruru Says:

    Datahonogo dododa fefu,,, ta baloi ginoto sisokhi,, boi tabadu idano ba wehasu-hasu a’do’o ita… Artinya: dlm keadaan ini suasana msh panas, jd kt tunggu hr yg aman, baik & terkendali…
    Apapun dia, smuax adlh Tuhan yg duluan tau yg lbh baik buat umatx. Halleluya..12x

  11. 11
    SEVEN Says:

    BILA INI BENAR-BANAR,,, KITA PUJI SYUKUR,,,,,,
    MUDAH-MUDAHAN PUTRA TERBAIK NISEL, TIDAK DENGAN MEMAKSA DIRI UNTUK MENJADI PUTRA YANG LEBIH TERBAIK YANG SEIRING DENGAN KALIMAT-KALIMAT YANG DIUTARAKAN OLEH SEEKOR KUCING, YANG SELALU BILANG “MEONG,,,MEONG”
    AKAN TETAPI DILANDASI DENGAN KETULUSAN HATI MASYARAKAT MENGANGKAT DAN MEMBERI JEMPOL KANAN BUKAN JEMPOL KIRI……….

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

January 2011
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31