Jakarta, Nias Online – Hasil perhitungan cepat (Quick Count) yang dilakukan oleh Lembaga Survey Akon Indonesia menunjukkan pasangan independen Temazisökhi Halawa-Foluaha Bidaya (Temafol) unggul sementara pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Nias Selatan (Nisel).

Kepada Nias Online, peneliti Akon Indonesia sekaligus penanggungjawab pelaksanaan quick count Pilkada Nisel Farhan Muhammad, mengungkapkan, pihaknya melakukan penghitungan cepat pada 101 TPS sample dari total 1000 TPS yang tersebar di 18 kecamatan. Saat ini, pihaknya telah menghimpun sebanyak 80% hasil penghitungan suara dari 101 TPS itu dengan margin error 1-3%.

“Hasilnya menunjukkan, pasangan Temafol meraih suara terbanyak, sebesar 34,45%,” ujar Farhan kepada Nias Online, ketika dihubungi dari Jakarta, Kamis (30/12).

Dia menambahkan, posisi kedua sampai kelima, berturut-turut ditempati:
Pasangan Drs. Fauduasa Hulu – Alfred Laia (JIWA) dengan perolehan suara 26,43%; pasangan Drs. Idealisman Dachi-Hukuasa Ndruru (IDEAL) sebesar 24,21%; pasangan Daniel Duha, SH-Kamarudin Laia (DAMAI) sebesar 11,72% dan pasangan Sobamböwö Bu’ulölö, SH-To’ölö Bago (SOLO) sebesar 3,18% .

Dengan 80% rekapan yang telah dihimpun itu, sambung dia, menunjukkan bahwa angka perolehan setiap pasangan itu sudah stabil. Berdasarkan pengalaman, kalau pun ada perubahan, tidak akan signifikan, sekitar 1% saja. “Karena itu, sudah bisa dipastikan, pasangan Temafol menang pilkada Nisel dalam satu putaran,” tegas dia.

Di Nias Selatan sendiri, dari informasi yang dihimpun Nias Online, juga beredar versi lain hasil sementara penghitungan suara. Ada yang menyatakan pasangan Jiwa sebagai peraih suara terbanyak. Versi lainnya menempatkan pasangan Ideal sebagai peraih suara terbanyak.

Dihubungi terpisah tadi sore, anggota KPUD Nisel Deskarnial Zagötö mengatakan, hingga hari ini hasil penghitungan suara di TPS belum sampai ke KPUD. “Hari ini ada beberapa kecamatan yang sudah melakukan pleno dan rencana hari ini juga mereka mau serahkan ke kabupaten. Kita tunggu saja dulu,” kata dia.

Dia juga mengungkapkan, tahap rekapitulasi penghitungan suara direncanakan dilaksanakan pada 10 Januari 2011. (EN).

Facebook Comments