Hasil Sementara Pilkada Nisel – Quick Count: Pasangan Temafol Raih Suara Terbanyak

Thursday, December 30, 2010
By susuwongi

Jakarta, Nias Online – Hasil perhitungan cepat (Quick Count) yang dilakukan oleh Lembaga Survey Akon Indonesia menunjukkan pasangan independen Temazisökhi Halawa-Foluaha Bidaya (Temafol) unggul sementara pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Nias Selatan (Nisel).

Kepada Nias Online, peneliti Akon Indonesia sekaligus penanggungjawab pelaksanaan quick count Pilkada Nisel Farhan Muhammad, mengungkapkan, pihaknya melakukan penghitungan cepat pada 101 TPS sample dari total 1000 TPS yang tersebar di 18 kecamatan. Saat ini, pihaknya telah menghimpun sebanyak 80% hasil penghitungan suara dari 101 TPS itu dengan margin error 1-3%.

“Hasilnya menunjukkan, pasangan Temafol meraih suara terbanyak, sebesar 34,45%,” ujar Farhan kepada Nias Online, ketika dihubungi dari Jakarta, Kamis (30/12).

Dia menambahkan, posisi kedua sampai kelima, berturut-turut ditempati:
Pasangan Drs. Fauduasa Hulu – Alfred Laia (JIWA) dengan perolehan suara 26,43%; pasangan Drs. Idealisman Dachi-Hukuasa Ndruru (IDEAL) sebesar 24,21%; pasangan Daniel Duha, SH-Kamarudin Laia (DAMAI) sebesar 11,72% dan pasangan Sobamböwö Bu’ulölö, SH-To’ölö Bago (SOLO) sebesar 3,18% .

Dengan 80% rekapan yang telah dihimpun itu, sambung dia, menunjukkan bahwa angka perolehan setiap pasangan itu sudah stabil. Berdasarkan pengalaman, kalau pun ada perubahan, tidak akan signifikan, sekitar 1% saja. “Karena itu, sudah bisa dipastikan, pasangan Temafol menang pilkada Nisel dalam satu putaran,” tegas dia.

Di Nias Selatan sendiri, dari informasi yang dihimpun Nias Online, juga beredar versi lain hasil sementara penghitungan suara. Ada yang menyatakan pasangan Jiwa sebagai peraih suara terbanyak. Versi lainnya menempatkan pasangan Ideal sebagai peraih suara terbanyak.

Dihubungi terpisah tadi sore, anggota KPUD Nisel Deskarnial Zagötö mengatakan, hingga hari ini hasil penghitungan suara di TPS belum sampai ke KPUD. “Hari ini ada beberapa kecamatan yang sudah melakukan pleno dan rencana hari ini juga mereka mau serahkan ke kabupaten. Kita tunggu saja dulu,” kata dia.

Dia juga mengungkapkan, tahap rekapitulasi penghitungan suara direncanakan dilaksanakan pada 10 Januari 2011. (EN).

19 Responses to “Hasil Sementara Pilkada Nisel – Quick Count: Pasangan Temafol Raih Suara Terbanyak”

Pages: « 1 [2] Show All

  1. 11
    ajo Says:

    bising kali klen yang penting sapapun bupatinya orgnya bisa memajukan nias selatan…oc
    Dan yang paling terpenting orang nya ROYAL>>>>…..:p

  2. 12
    Yohanes mendrofa Says:

    Dari semua komentar, kritik, informasi, dsb diatas..,sy rasa tdk perlu terlalu diperdebat, krn hsl perhitungan suara pd pilkada yg sebenarnya adlh berasal dari KPU sendiri kan, dan data itu adlh hsl perhitungan suara dari kecamatan2. Nah, yg perlu kt lakukan skrg adlh berdoa supaya perhtngn suara btl2 dilaksnkn dgn jjr dan tdk merugikan masyrkt.
    Ya’ahowu

    Yohanes Mendrofa

  3. 13
    Ernny Ndruru Says:

    Kita sbg warga Nisel, jangan terlalu mempermasalahkan Perolehan suara itu, klo sling mempertahankan, akhirnya jd kacau, berdosa sj ma yg lain. Tunggu z aba2 dri KPUD.

  4. 14
    Filemon Halawa Says:

    SELAMAT kepada pasangan TEMAFOl untuk meraih suara terbanyak sementara, dan bila pasti maka kami pesankan kepada pasangan ini jangan lupa janji di hadapan rakyat NISEL karna kelak akan kami tagih jika bapak tidak melakukannya.Semoga jauh dari KKN, Tuhan Yesus memberkati

  5. 15
    Hati Bening Says:

    Perhitungan Cepat (Quick Count) tidak efektif di daerah2 sulit, seperti Nisel. Sulit dr segi logistik, transportasi, medan, komunikasi, dlsb. Belum lg Quick Count yg mengarah (dibayar) oleh pasangan tertentu spy dimenangkan. Quick Count hanya efektif di daerah2 lancar, sprti di Medan, Jakarta dan kota2 yg sudah mapan dan lancar. Masalahnya byk yg percaya dgn guick count. Itu yg terjadi dgn di Nisel. makanya jauh2 hari sdh diingatkan spy menunggu hasil rekap dr KPUD. Jk pasangan Temafol menggugat hasil rekap KPUD, dgn alasan sudah diunggulkan olh Cuick Count sebelumnya, itu tidak berdasar, krn hasil itu tidak mengikat. Maka kita hanya percaya dan mengakui hasil akhir dr KPUD Nisel.

  6. 16
    yaatulo lase Says:

    selamat kepada pasangan Tema-Fol yang unggul dalam pemilukada nisel tgl 29 des yll,bersabarlah klo ada oknum2 yang rakus/tamak akan kekuasaan sedang berbuat untuk merebut kemenangan tsb,mari masyarakat nisel mendoakan mereka agar sadar bahwa perbuatan nya tsb terkutuk.

  7. 17
    noni dakhi Says:

    dari awal sudah dikondisikan kemenangan buat pasangan idealisman dakhi dan hukuasa ndruru,salut buat soolo manao dan deskarnial wau yg bersama2 ikut menyukseskan praktek kecurangan tsb.

  8. 18
    Maraalam Hulu, S.Pd. Says:

    Ingat!.. jangan sampai lupa janji-janji politiknya di hadapan rakyat banyak umumnya Nias Selatan, kelak akan ditagih jika bapak tidak memenuhi keinginan rakyat jelata itu, karena mata rakyat Nias Selatan sekarang ini sudah mulai terbuka, harapan kami anak yang tinggal dirantau agar melakukan perobahan baru secara komprehensif, untuk membangun Nias Selatan kedepan.

  9. 19
    Aprinus Laia Says:

    Syallom…….
    Semuanya bisa dapat menjadi pemimpin daerah Nisel, tetapi belum tentu semuanya dapat mengasihi Tuhan dalam kepemimpinan daerah kita. maka untuk itu kita sebagai warga daerah Nisel pilihlah yang mana diantara mereka dapat memimpin daerah Nisel dengan mengasihi Tuhan. Karena jika pimpinan daerah kita adalah orang yang tidak mengasihi Tuhan (takut akan Tuhan) maka daerah kita tidak akan maju dalam segi keharmonisan daerah kita. Bapak/Ibu sdra/i semua warga daerah Nisel, renungkanlah dengan baik-baik sebelum menyesal dikemudian hari tidak ada artinya. Salam semua kepada Calon pimpinan daerah Nisel. Aprinus Laia, anak daerah Nisel Kecamatan P.P. Batu, Desa Susua Baru(Marit). Saat ini sedang study di Sumatera Selatan (Palembang.
    Alamat: Jln. Buluran No 02
    Tanjung Enim- Sumatera Selatan (Palembang). GBU…

Pages: « 1 [2] Show All

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

December 2010
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031