Nias, (Analisa) – Ketua DPRD Nias, Sokhizanolo Zai, SE mengatakan, saat ini kahidupan dan tatanan demokrasi di Negara Indonesia telah berkembang pesat dan terus mengalami perubahan yang sangat dinamis, sehingga terjadi revitalisasi fungsi lembaga – lembaga

penyelenggara pemerintahan mulai dari pusat hingga di daerah Kabupaten / Kota dalam rangka memenuhi ekspetaksi dan tujuan reformasi yang sedang berjalan saat ini.

“DPRD sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan Daerah, merupakan bagian integral yang tidak terlepas dari implikasi perubahan sistem yang terjadi, sehingga dibutuhkan penguatan kapasitas kelembagaan yang harus mampu menjalankan fungsi Legislatif, fungsi penganggaran dan fungsi pengawasan secara nyata dan bertanggunggjawab”, kata ketua DPRD Nias, Sokhizanolo Zai, SE pada acara pengucapan sumpah/janji pimpinan DPRD Nias, di Aula utama kantor DPRD Nias, Senin (29/11).

Ketua DPRD Nias mengakui bahwa DPRD Nias tidak akan mampu menjalankan peran tersebut dangan baik apabila tidak di dukung dengan perspektif dan persepsi yang sama dari berbagai elemen lainnya, terutama Pemerintah Daerah sebagai mitra sejajar dalam penyelenggaraan pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan di daerah Nias.

Malah dalam menghadapi dinamika tantangan tugas penyelenggaraan pemerintahan pasca pemekaran di Nias, mutlak diperlukan kerjasama dan sinerja antara Pembda Nias dan DPRD Nias karena pada hakikatnya pola hubungan kedua lembaga pemerintahan ini akan berdampak secara langsung terhadap roda pemerintahan dan arah pembangunan di Nias, jelas Sokhizanolo Zai.

Sementara, Bupati Nias, Binahati B. Baeha, SH pada acara pengucapan sumpah / janji pimpinan DPRD Nias yang di ambil oleh ketua pengadilan Negeri Gunungsitoli itu, mengatakan sebagai salah satu unsur penyelenggaraan Pemerintah Daerah, DPRD memiliki peran yang sangat besar dalam mewarnai jalannya roda pemerintahan daerah dengan peran yang demikian tersebut, maka aspek responsibilitas dalam pelaksanaan tugas menjadi salah satu faktor penentu. Dalam memaknai dan memberikan manfaat terhadap jalannya pemerintahan daerah guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan berdaulat dalam bingkai Negara Kesatuan RI.

Bupati pada kesempatan itu menyatakan rasa terimakasihnya atas pengabdian pimpinan sebelumnya kepada Rasali zalukhu, S,Ag dan Wakil Armansyah Harefa, SE serta Drs. Evolut Zebua. Sehingga menyikapi beberapa agenda kerja yang penting dan mendesak untuk segera dilaksanakan meliputi penetapan rancangan perda tentang P –” APBD Nias tahun anggaran 2010 serta pembahasan dan penetapan rancangan peraturan daerah lainnya yang telah disampikan oleh Pemkab Nias, jelas Bupati Nias, Binahati B. Baeha. (esp) (www.analisadaily.com – 30 November 2010)

Facebook Comments