Pasangan Fahuwusa Laia – Rahmat Alyakin Dakhi Menangi Gugatan Pemilukada

Tuesday, November 23, 2010
By borokoa

*Fraksi Partai Demokrat Minta KPU Patuhi Putusan PTUN Medan

Medan – Sekretaris Fraksi Partai Demokrat (PD) Nias Selatan (Nisel) Yurisman Laia SH, Rabu, (17/11) minta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nisel mematuhi putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan dalam maksud menghindari kemungkinan putusan selanjutnya yang cacat hukum. Alasannya, “KPU Nisel jangan melangkah tak sesuai dengan koridor hukum produk hukum formal,” tandas Yurisman Laia yang dihubungi via telepon di jeda rapat pihaknya dengna petinggi Partai Demokrat terkait dimenangkannya gugatan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Nisel Fahuwusa Laia – Rahmat Alyakin Dakhi.

Sebagaimana diketahui, PTUN Medan, Senin, (15/11) memenangkan gugatan Fahuwusa Laia – Rahmat Alyakin Dakhi. Putusan Ptun Medan itu mencabut Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nias Selatan No 41/Kpts/KPU-Kab-002.434832/2010 tanggal 4 Oktober 2010 tentang Perubahan Atas Keputusan KPU Nisel No 39/Kpts/KPU-Kab-002.434832/2010 tentang Penetapan Bakal Pasangan Calon menjadi Pasangan Calon Peserta Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Nias Selatan Tahun 2010. Keputusan PTUN Medan dituangkan di Putusan PTUN Medan No 81/G/2010/PTUN-Mdn tertanggal 15 November 2010.

Sekretaris Fraksi PD Nisel Yurisman Laia mengatakan, fraksi dan partainya menyambut baik putusan PTUN Medan tersebut dan seluruh instansi terkait sangat ideal melaksanakan hasil putusan dimaksud. “KPU Nisel selaku lembaga penyelenggara Pemilu di Nisel harus mengindahkan putusan hukum dimaksud guna memberi teladan dalam ketaatan pada hukum yang berlaku dan terlebih itu dalam rangka negara hukum dan tegaknya demokrasi diperlukan sikap konsisten aparatur negara terhadap kepatuhan hukum,” tandas Yarisman Laia yang memastikan fraksi dan partainya akan mempertanyakan dan mengikuti hasil produk hukum itu dalam proses Pemilikada Nisel.
Mengutip hasil sidang ptun Medan dipimpin Hakim Ketua Majelis Puji Rahayu SH MH dengan hakim anggota Haryati SH MH, Nasrifal SH dan panitera pengganti Masalina Purba SH, Senin, (15/1), lembaga itu memerintahkan KPUD Nisel untuk mencabut surat keputusan objek sengketa berupa Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nias Selatan No 41/Kpts/KPU-Kab-002.434832/2010 tanggal 4 Oktober 2010 tentang Perubahan atas Keputusan KPU Nisel bernomor No 39/Kpts/KPU-Kab-002.434832/2010 tentang Penetapan Bakal Pasangan Calon menjadi Pasangan Calon Peserta Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Nias Selatan Tahun 2010.

Sebelumnya KPU Nisel mengeluarkan surat No 4/Kpts/KPU-KAb-00.434832/200 tanggal 4 Oktober 2010 tentang perubahan atas SK KPU Nisel No 39/Kpts/KPU-Kab-002.434832/2010 tentang Penetapan Bakal Pasangan Calon menjadi Pasangan Calon Peserta Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Nias Selatan Tahun 2010. Keputusan itu digugat pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Fahuwusa Laia SH dan Rahmat Alyakin Dakhi SKM MKes yang semula dianulir kpUD Nisel. (r10/h0 (www.hariansib.com – 23 November 2010)

4 Responses to “Pasangan Fahuwusa Laia – Rahmat Alyakin Dakhi Menangi Gugatan Pemilukada”

  1. 1
    zjky Baene..Malang 2010 Says:

    kemenangn yg d capai oleh Bpk Fahuwusa Laia – Rahmat Alyakin Dakhi Menangi Gugatan Pemilukada,menunjukan bahwa emang yg brsangktan mnunjukan kebenaran dan mneghpus ktidak adilan dalam negri ini,skaligus mnunjukan kpd org2 yg tdk mngerti Demokrasi,bhwa inilh demokrasi yg sesungguhnya dan baik tnp hrus ad kekrasan..khusunya Nias selatan,jd dgn kmenangn yg d raih olh ke dua pasangan calon BUpati dan wkil bupati kita,mari kita mendukung mereka untk lebih jauh lagi…yaitu untuk lbh memenangkan mreka dalam memimpin,shingga pmbngunan masyrkt Nias sltan yg dcita2kn dpt tercapai..kemenangan mereka adalh kmenangan masyarakat nias selatan seluruhnya,,,krn mereka sudh terbukti pada masa periode yg sudh mreka jalankn sebelumnya..jd jgn kita sia2kan hal ini untuk lbh mmajukan nias selatan lagi melalui kmenangn Bpk Fahuwusa Laia dan Rahmat Alyakin Dakhi..krn saya ykin kalau yg hnya pantas meminpin nias sltan 5 thun kdepan ini hany mreka…krn yg lain hnya janji dan janji tp dalam knyataan pnuh dgn gombal dan omong kosong,,mreka hnya mngandalkn kekayaan pribadi, padahl tdk mnjamin dlm kepemimpinan yg lbh baik,,org kya blum tentu mampu memimpin,,krn seorng pemimpin sejati adlh org yang mmpunyai kapabilitas yg tnggi,brani,memiliki inisiatif,mmiliki perhtian kpd rakyat kecil,lbh mementingkn pembgunan,bertnggung jwab,dan yg lbh pnting lg dia hrus lbh memahami budaya msyarakt nias Selatn…krn dlm pmbangun hrus berpedoman dlm budaya daerh itu sndiri..jd yg lbh memahami ini smua hnya Bpk Fahuwusa Laia dan Rahmat Alyakin Dakhi…memilih yg lain berarti sama halnya memberi kesmpatn kpd org jahat utk mrusk yg tlah ad…say bkan mempengaruhi tp inilah kenyataan yg ad,,sy tdk mengenal merka tp saya dpt mrasakn hsil kej mreka slama ini, melalui ap yg saya lhat dan saya raskn selama ini,,mngkin yg mrasakan hal ini bkan hny saya tp hmpir 85% mndukungnya….kebhagiaan masyarakt nias selatan bkan hnya d dasarkan pada nilai2 uang, tetapi lbh kpada kedamaian,kebersamaan,toleransi,saling peduli,,cinta kasih..krn ini jg yg sngt d kehendaki oleh Tuhan kita.TUhan memberkati.

  2. 2
    yasa Laia Says:

    orang benar pasti menang…
    selamat buat om Fahuwusa Laia dan Rahmat Alyakin dakhi…
    YA’AHOWOU…

  3. 3
    z.parlan zend Says:

    Karena kita hidup dalam kondisi demokrasi, maka marilah kita junjung tinggi hasil dan putusan dari PTUN tersebut. melalu email ini, marilah kita hormati keputusan tersebut dan kepada KPU SUMUT cq KPUD NISEL, saya sarankan hormatlah keputusan tersebut dan harus berjiwa besar menerima putusan dimaksud. dan kepada saudara-saudara serta masyarakat NISEL, marilah kita melihat siapa yang benar dan siapa yang selalu membuat situasi seperti ini selalu bermasalah untuk itu saya himbau agar saudara-saudara temang dan merapatkan barisan untuk menyongsong pemilhan yang akan datang. kepada saudara-saudara peserta balon BUPATI NISEL 2011-2016, cobalah anda berjiwa besar dan bertarung sacara terhormat, siapapun nantinya yang akan terpilih dialah putra terbaik yg dipercaya oleh masyarakat mimpin NISEL yg akan datang anda jangan ragu apabila anda yakin dengan dukung masyarakat utk anda. dan apabila anda ragu, lebih baik dari sekarang anda mengundurkan diri agar anda tidak malu. saya juga mengucapkan selamat kepada Bp F. Laia,SH,MH dan Bp. Rahmat Alyakin Dakhi. saya mendo’akan anda agar anda memang dan dapat membawa Kab. NISEL ke depan ke arah yg lebih baik dan maju serta bermartabat. GBU

  4. 4
    Laka Dodo Laia Says:

    KPUD PAW Nisel, telah melanggar pasal 61 poin 3 dan 4 UU No. 32 Thn 2004, Yunto UU 12 Thn 2008 tentang Otonomi Daerah, atas dasar itu bisa dipastikan MK akan memerintahkan Kab. Nisel untuk Pemilukada Ulang seperti di Irian Jaya, maka itu Pdt. So’olofona Manao, Smth/Ketua KPUD Nisel dan Jajarannya harus ditangkap dan di penjara.Pdt. So’olo manao, Smth sdh pernah di rekomendasi oleh Bawaslu/Panwaslu untuk dipecat, tatapi tidak dilakukan oleh KPUD Sumut, ada apa ???, sebagai Informasi juga Dia tidak ada namanya di Stambuk SMA BNKP Gunungsitoli. Tx

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

November 2010
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930