Perwakilan Vatikan di PBB menegaskan kembali dukungan Vatikan terhadap Solusi Dua Negara bagi konflik yang berlangsung antara Israel dan Pelstina.

Dalam presentasinya pada pertemuan Badan PBB untuk Bantuan dan Karya Pengungsi Palestina di Timur Dekat (United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East – UNRWA) Uskup Agung Francis Chullikatt menghimbau semua pihak untuk mematuhi resolusi-resolusi PBB yang telah ada dan mendesak “dialog yang signifikan dan substantif untuk membawa stabilitas dan perdamaian ke Tanah Suci”.

Dikatakan oleh Uskup Agung Francis Chullikatt bahwa UNRWA dan Misi Kepausan untuk Palestina telah bekerja selama lebih dari 60 tahun untuk menolong para pengungsi Palestina melalui penyediaan obat-obatan, pendidikan dan layanan sosial lain, yang biasanya adalah tanggung jawab otoritas pemerintahan lokal.

“Akan tetapi Delegasi saya yakin bahwa terdapat banyak laki-laki dan perempuan yang berkehendak baik yang memiliki keinginan dan dedikasi untuk mempromosikan pembentukan otoritas pemerintahan semacam itu,” tambah Uskup Francis.

Meski terdapat berbagai kesulitan yang seakan-akan tak terselesaikan dan perbedaan yang seakan-akan tak tersejembatani antara pihak pihak Israel dan Palestina, Delegasi Vatikan berkeyakinan terdapat kehendak baik untuk mempromosikan, membangun dan melestarikan berbagai mekanisme yang akan menhadirkan kedamaian, kerjasama dan sikap ketetanggaan yang rukun.

Delegasi Vatikan berharap proses perdamaian yang diperbaharui dapat menyelesaikan akar-akar penyebab berbagai simptom dan membantu Israel dan Palestina membentuk sebauh negara yang aman bagi rakyat Israel dan sebuah negara yang aman bagi rakyat Palestina. (Sumber: http://www.holyseemission.org/2Nov2010.html – Foto: catholicnew.com)

Facebook Comments