* Manajer PLN Nias Harapkan Masyarakat Bayar Tunggakan Listrik Rp 6 Miliar

Gunungsitoli – PT PLN Cabang Nias bersama ranting PLN di Kepulauan Nias memperingati Hari Listrik Nasional ke 65 yang dilaksanakan di halaman kantor Cabang di Jalan PLN Yos Sudarso Desa Saewe Kecamatan Gunungsitoli Kota Gunungsitoli. Peringatan ini dihadiri Ketua DPRD Nias Sozanolo Zai SE, Anggota DPRD, Asisten I Pemkab Nias Samson P Zai SH, para pimpinan PLTD Nias, para pimpinan cabang dan ranting PLN di Kepulauan Nias serta karyawan PLN, Kasdim 0213/Nias serta para pensiunan, Rabu ( 27/10).

Manajer Cabang PT PLN Nias PC Didi Hadisantoso pada arahannya mengatakan selama ini pelayanan PLN telah berupaya semaksimal namun yang membuat kondisi terjadi pemadaman diakibatkan kemampuan sumber daya listrik sehingga jaringan listrik putus.

Setelah itu PT PLN telah berupaya dengan mendatangkan mesin baru dan sebelumnya juga dilakukan upaya untuk tetap hidup selama 1×24 Jam namun terjadi persoalan dikarenakan terjadi kerusakan jaringan berhubungan pohon tumbang dan membuat terjadi pemadaman, katanya.

Selanjutnya ia mengatakan, PT PLN akan melayani masyarakat se kepulauan Nias dan bila terlaksana program tersebut maka terjawab keluhan seperti ingin penyambungan ke rumah penduduk yang belum terlayani. Tentu kita berharap dukungan pemerintah Kab.Nias, Kab.Nias Selatan, Kota Gunungsitoli, Pemkab Nias Barat dan Pemkab Nias Utara serta para Pimpinan DPRD dan Anggota DPRD pada 5 Daerah di Kepulauan Nias.

Berikutnya ia mengatakan dalam rangka menyambut Hut Listrik Nasional ke 65 telah melakukan kegiatan Gerakan sehari Sejuta pasangan baru dimana masyarakat yang telah mengajukan permohonan dan hari ini akan langsung terlayani semua penyambungannya. “Untuk memeriahkan HUT Listrik Nasional kita telah melaksanakan kejuaraan Catur terbuka “ PLN Nias CUP “ Oktober 2010 yang diikuti 20 peserta,” katanya.

Sementara Asisten I Pemkab. Nias, ketua DPRD Nias , DPRD kota dan DPRD lainnya menyatakan mendukung program PLN untuk meingkatkan pembangunan dalam rangka memenuhi permintaan masyarakat Kepulauan Nias.

Lebih lanjut Asisten I Samson P. Zai SH mengatakan, apa yang telah disampaikan Manajer PT. PLN Cabang Nias PC. Didit Hadisantoso kiranya dibarenGi dengan komitmen untuk memperbaharui. Sehingga apa yang diharapkan masyarakat terlaksana dengan baik.

“Kami dapat memahami kondisi yang dihadapi PLN seperti tuntutan begitu banyak tetapi sumber daya listrik sangat terbatas. Masyarakat tidak pernah tahu bahwa ada gangguan jaringan listrik, tetapi masyarakat hanya menginginkan bahwa listrik itu menyala dalam tempo 1 kali dalam 24 jam tanpa putus,” katanya.

Karena itu komitmen dan ini upaya bagaimana PLN bisa menjawab tantangan itu, harus senantiasa berupaya melakukan sosialisasi tentang itu. Tapi ini perlu dicatat bahwa masyarakat sulit dan susah memahami sebab masyarakat hanya tahu bagaimana listrik itu tetap nyala 24 jam.

Dan apa catatan tentu pihak PLN sendiri yang menjawabnya tetapi sebagai pemerintah Daerah akan membantu dan mendukung kegiatan PLN ini sebab keberhasilan PLN juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Insvestor hanya bisa berani datang ke Pulau Nias ini kalau ada jaminan listrik tentu kalau tidak ada jaminan maka insvestor tidak akan berani menanamkan insvestasinya dipulau yang kita cintai ini dan harapan kami kiranya program PLN menjadi kenyataan katanya.

PT PLN menyerahkan trofi tetap kepada pemenang turnamen catur terbuka PLN CUP Oktober 2010 juara 1 Bezisokhi Waruwu dengan uang pembinaan Rp5 juta, juara 2 Arsyab uang pembinaan Rp3 juta. Juara 3 Chiliaro Hura Rp2 juta dan sampai pemenang hingga ke-20 dengan nilai 4 Rp50 Ribu.

Masyarakat di kepulauan Nias sebagai pelanggan PLN masih menunggak sekitar Rp6 miliar dan harapan Manager PLN dapat secepat dibayarkan untuk mempercepat pembangunan listrik di kepulauan Nias hal itu dikemukakan pada saat wawancaran wartawan. (SIB, 28-10-2010)

Facebook Comments