Kepala Pimpinan Cabang Bank Sumut Gunungsitoli Yustin Sagala mengatakan kredit Sumut Sejahtera dengan dana bergulir mencapai Rp23 miliar diprioritaskan untuk masyarakat miskin.

“Dana sebesar itu mempu meraup sekitar 5.000 nasabah di wilayah Gunungsitoli dan sebagian wilayah Nias,” katanya kemrin ketika ditemui di rang kerjanya, kemarin.

Yustin Sagala menjelaskan, dengan pinjaman dari dana ini diharapkan para warga kurang mampu dapat mengelola dan meningkatkan perekonomian keluarga serta menumbuh kembangkan rasa kebersamaan antara sesama anggota, saling tukar informasi dalam mengembangkan usaha yang sedang digeluti.

Dia mengatakan, kredit ini telah berjalan beberapa tahun dengan sistim kelompok yang beranggotakan 20 sampai 30 orang dan Bank Sumut Cabang Gunungsitoli menugaskan 11 personil untuk turun langsung ke lapangan melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Yustin mengungkapkan, Dirut PT Bank Sumut Gus Irawan Pasaribu telah melihat secara langsung perkembangan ke kelompok masyarakat tersebut. Dan dia menyampaikan apresiasi atas keuletan dan kesungguhan masyarakat.

Apalagi kredit Sumut Sejahtera ini memiliki berbagai kemudahan seperti pinjaman modal tanpa agunan, bunga yang sangat minim (sekitar 0,35% setiap bulan), pembayaran cicilan tiap minggu.

Bagi nasabah yang berhasil dan disiplin dalam mengembalikan pembayaran pinjamannya dengan baik dan usahanya makin maju, maka akan diberikan kemudahan pinjaman dengan modal yang lebih besarlagi.

Selain itu Bank Sumut Cabang Gunungsitoli memprogramkan berbagai kegiatan produk unggulan untuk diikutsertakan pada kegiatan perlombaan pameran pada Nopember 2010 di Medan berkaitan dengan ulang tahun Bank Sumut, kata Yustin Sagala. (www.harian-global.com – 22-10-2010)

Facebook Comments