Facebook kembali disorot banyak pihak karena setting privasi yang kurang memadai dan membingungkan, walau kabar terakhir mengatakan Facebook sedang menyelesaikan masalah ini.

Pembuat aplikasi dan gim Facebook seperti Zynga memanen keuntungan besar melalui aplikasi/gim seperti FarmVille, FrontierVille atau Mafia Wars. Beberapa aplikasi Facebook – termasuk FarmVille – dituduh melanggar aturan privasi jaring sosial dengan mengirim informasi pribadi para penggunanya ke perusahaan-perusahaan periklanan.

Menurut sebuah laporan baru dari Wall Street Journal, agaknya Zynga mengabaikan privasi orang-orang yang memainkan gim-gim buatannya, dan memasok informasi pribadi penggunanya kepada perusahaan-perusahaan iklan, bahkan termasuk pengguna yang mengeset privasinya secara ketat.

“Banyak aplikasi populer di Facebook telah mentransmisikan informasi yang bersifat mengidentifikasi termasuk nama penggguna dan dalam beberapa kasus nama-nama teman penggunanya – ke sejumlah perusahaan iklan dan perusahaan pelacak internet,” ungkap penyelidikan Wall Street Journal.

Menurut surat kabar tersohor itu, banyak aplikasi semacam itu memasok perusahaan-perusahaan iklan ID Facebook para penggunanya, mengizinkan perusahaan-perusahaan ini mengakses profil pengguna meskipun mereka telah memperketat setting privasi mereka.

“Aplikasi-aplikasi yang ditinjau Wall Street Journal mengirim ID Facebook ke sekurang-kurangnya 25 perusahaan iklan dan data, beberapa dari mereka mengembangkan [rofil para pengguna dengan melacak aktivitas mereka di dunia maya.”

Sebagian perusahaan iklan tersebut membela praktek-praktek mereka dengan mengatakan mereka tidak mengumpulkan informasi yang bersifat pribadi, tetapi sebagian mengakui mereka menggunakan sejumlah data dari profil-profil pengguna itu untuk memasang iklan yang sesuai.

Sementara itu dua orang anggota Kongres AS, Edward Markey (Demokrat Massachussets) dan Joe Barton (Republikan Texas) telah mengirim surat ke CEO Facebook Mark Zuckerberg. Dalam surat itu keduanya mengungkapkan keprihatinan bahwa “aplikasi pihak ketiga mengumpulkan dan meneruskan informasi pribadi para pengguna Facebook dan teman-teman mereka.”

Praktek-praktek tidak terpuji semacam ini akan menimbulkan kegelisahan para pengguna Facebook dan jaring sosial dunia maya sejenis. (SP/WN/CRN/brk)

Facebook Comments