Hekinus Manaõ, Karakter “õ/ö”, dan Kompas

Tuesday, October 12, 2010
By Redaksi

Berita pengangkatan Dr Hekinus Manõ sebagai Direktur Eksekutif Bank Dunia berdasarkan pengamatan Nias Online menjadi berita utama di berbagai surat kabar online. Statistik internal situs Nias Online juga menunjukkan peningkatan angka pencarian kata kunci Hekinus Manao Manaõ – atau Manaö. Wajar, masyarakat Nias berbangga atas prestasi gemilang Bapak Hekinus.

Satu hal yang patut menggembirakan Ono Niha juga, ialah penulisan nama putra Nias berprestasi ini secara benar oleh harian nasional Kompas. Dalam pemberitaannya, Kompas menulis secara benar mado (marga) Pak Hekinus – yaitu Manaö; bentuk penulisan lainnya adalah Manaõ.

Dalam artikel Karakter “Ö” Dalam Li Niha, dijelaskan cara dan pentingnya penulisan karakter õ atau ö dalam Li Niha.

Kompas, sebagai sebuah surat kabar utama Indonesia, patut mendapat acungan jempol karena ‘mampu memahami’ pentingnya hal-hal yang sejauh ini dianggap ‘sepele’ oleh berbagai surat kabar di seantero Nusantara dan juga sebagian para penulis tentang Nias.

Kesempatan ‘emas’ memperkenalkan karakter yang cukup ‘khas’ Nias ini, terlewatkan begitu saja oleh salah seorang novelis kondang saat ini, E. S. Ito, dalam novelnya berjudul: Rahasia Meede. Padahal dalam novel yang cukup mengasyikkan itu, ada beberapa kata Li Niha dan nama tokoh Nias yang membutuhkan bunyi – karakter “õ” atau “ö”.

Semoga ke depan, catatan kecil ini, tentang hal yang selama ini dianggap “sepele” baik oleh Ono Niha maupun oleh masyarakat umum, bisa menjadi bahan perhatian. (E. Halawa).

Tulisan Terkait: Hekinus Manaö: “Ini Bagian dari ‘Spiritual Journey’”

Tags:

4 Responses to “Hekinus Manaõ, Karakter “õ/ö”, dan Kompas”

  1. 1
    Oa Kaini Says:

    betul…..betul….betul…..
    apapun yangkita punya merupakan gambaran dari karakter kita….

  2. 2
    Sirus Laia (Raymond) Says:

    Syukurlah di Kompas ada Pak Apollo Lase, yang termasuk tim pengoreksi tulisan di Kompas sebelum diterbitkan. Atau bagaimana Pak Lase?

  3. 3
    Temaaro Laia Says:

    memang harus disosialisasikan penulisan karakter (huruf-huruf yang digunakan dalam bahasa nias, baik lisan maupun tulisan) li niha, mengingat li niha juga salah satu bahasa daerah dan sekaligus sebagai unsur budaya nasional. Yaahowu.

  4. 4
    Apollo Lase Says:

    Salam hormat saya kepada guru saya Bapak Sirus La’ia juga kepada Bung Edward yang menjadi sahabat maya saya dalam berdiskusi. Apa kabar? No’ara sa’ae lö sifalukha ba fahuhuo ita Pak.

    Yah, memang para petinggi Kompas acap kali “pasrah” ketika saya sering “cerewet” untuk harus mengganti /o/ menjadi /ö/ karena saya bilang, “inilah salah satu kebanggan kami Ono Niha”… he-he.

    Ya’ahowu.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Kalender Berita

October 2010
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031