JAKARTA, KOMPAS.com — Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan Hekinus Manaö, tehitung mulai November 2010, akan menjabat sebagai Direktur Eksekutif Bank Dunia (World Bank).

Situs Kementerian Keuangan www.depkeu.go.id di Jakarta, Senin (11/10/2010), menyebutkan, Hekinus yang menjabat sebagai Inspektur Jenderal sejak 12 Agustus 2008, menurut rencana akan bertugas di Bank Dunia selama dua tahun hingga November 2012.

Sebagai Direktur Eksekutif, pria kelahiran Nias, 14 Juli 1956, itu akan mewakili 11 negara konstituen, yaitu Indonesia, Brunei, Fiji, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Singapura, Thailand, Tonga, dan Vietnam.

Hekinus Manaö, yang diusulkan oleh Menteri Keuangan sebagai Direktur Eksekutif World Bank, berhak menduduki jabatan tersebut berdasarkan hasil pemilihan direktur eksekutif yang dilaksanakan oleh bank pembangunan multilateral itu pada akhir pekan ini.

Dewan Eksekutif Bank Dunia merupakan otoritas yang mewakili kepentingan negara anggotanya dan negara yang memilih mereka.

Dewan ini memiliki wewenang menjalankan operasional Bank Dunia seperti persetujuan anggaran dan pinjaman. Hekinus sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Kementerian Keuangan dan sejak 2008 ditunjuk Menkeu, saat itu Sri Mulyani, sebagai Inspektur Jenderal Kemenkeu hingga kini. (Kompas, 11 Oktober 2010).

Facebook Comments