Hujan Sepekan, Jalan Longsor

Thursday, October 7, 2010
By borokoa

Tingginya curah hujan yang melanda Kepulauan Nias sepekan terakhir berdampak pada infrastruktur transportasi. Jalan provinsi dan jembatan dikabarkan amblas dan longsor.

Masyarakat pun resah. Apalagi bila kondisi itu tidak ditanggulangi dengan segera, dikhawatirkan roda perekonomian dan pemerintahan bisa lumpuh.

Pantauan Global kemarin di lapangan, ruas jalan dari Kota Gunungsitoli menuju Kabupaten Nias Barat di Km 30 Desa Hili Uso Kecamatan Moi Kabupaten Nias Barat amblas.

Begitu juga ruas jalan nasional di Km 9,5 Desa Ononamolo Lot I Kecamatan Gunungsitoli Selatan Kota Gunungsitoli longsor sampai ke tengah badan jalan. Bila hujan masih berlanjut, diprediksi jalan putus total.

Beberapa masyarakat di lokasi longsor mengakui kepada Global, dua hari lalu petugas dari Dinas Bina Marga Provinsi di Gunungsitoli pernah datang ke lokasi. Hanya saja mereka sekadar meninjau tanpa melakukan apapun.

Ketua DPRD Kota Gunungsitoli Sowaa Laoli mengatakan, jalan yang longsor itu merupakan urat nadi perekomian di Kepulauan Nias. Seperti jalan Nasional di Km 9,5 Desa Ononamolo Lot I Kecamatan Gunungsitoli Selatan yang menghubungkan Bandara Binaka serta Kabupaten Nias Selatan dan beberapa daerah lainnya. “Bila dibiarkan maka semua kegiatan pemerintah dan swasta pasti lumpuh total,” katanya.

Makanya Soowa Laoli berharap kepada semua yang terkait baik pemerintah daerah dan Dinas Bina Marga Sumatera Utara untuk berkoordinasi dalam penanggulangan agar masyarakat jangan resah dan menjaga lebih kondusifnya roda perekonomian di Kepulauan Nias,” ujarnya.

Ketika dikonfirmasi, Kepala UPRPPJJ Bina Marga Gunungsitoli O Ndraha tidak berhasil ditemui. Menurut staf dia sedang tugas di Medan. Mereka juga memberikan penjelasan, pihaknya sudah melakukan peninjauan dan dalam waktu dekat akan segera menangani masalah jalan yang longsor dan amblas itu. (www.harian-global.com 7 Sep 2010)

One Response to “Hujan Sepekan, Jalan Longsor”

  1. 1
    Wardaniman Larosa Says:

    Yaahowu.!!

    Menurut saya kerusakan jalan itu sudah menjadi hal yang wajar akibat dari fenomena alam.Tetapi dalam hal ini bagaimana respon pemerintah Kab.Nias menanggapi hal ini,apalagi jalan ini merupakan sumber utma devisa daerah.Untuk itu,saya berharap kepada wakil rakyat agar segera merealisasikan pembangunan ini kepada Pemerintah karena ini bagian dalam APBD Kab.Nias.
    Terima kasih…

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

October 2010
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031