Pemko Gunungsitoli-Aceh Singkil Jalin Kerjasama Bangun Daerah

Monday, September 20, 2010
By borokoa

Gunungsitoli – Kerjasama yang dijalin antara Pemerintah Kota Gunungsitoli dengan pemerintah Kabupaten Aceh Singkil cukup menjanjikan dan saling menguntungkan kedua daerah. Hal ini dilakukan sebagai upaya menerobos keterisoliran dan memperlancar arus transportasi kepulauan Nias dengan daratan Sumatera.

Hal itu diungkapkan Walikota Gunungsitoli, Drs Martinus Lase, M.SP kepada Analisa usai melakukan pertemuan dengan Wakil Bupati Aceh Singkil Drs H Khazali Rabu malam, (15/9) di Wisma Soliga Gunungsitoli.

“Kita yakin hubungan kerjasama yang dilakukan ini cukup menjanjikan dan saling menguntungkan kedua daerah. Dari disisi transportasi untuk menuju Kota Provinsi Sumatera Utara di Medan waktu tempuh relatif lebih dekat bila dibandingkan bila melalui jalur Sibolga. Terlebih dari sisi ekonomi kita yakin hal ini cukup menjanjikan”, kata Walikota Gunungsitoli.

Lebih lanjut Walikota menjelaskan, dengan masuknya arus trasportasi laut melalui Aceh Singkil ini pihaknya akan segera mensosialisasikannya kepada masyarakat.

Dengan terbukanya jalur trasportasi melalui Aceh Singkil banyak manfaatnya bagi masyarakat Nias.

Contoh bila dibandingkan transportasi laut Gunungsitoli-Sibolga memakan waktu 10 hingga 11 jam dalam pelayaran. Sibolga-Medan dengan perjalan darat memakan waktu 9 hingga 10 jam.

Sementara bila melalui Aceh Singkil secara ekonomis waktu tersebut bisa terpotong yakni dalam pelayaran Gunungsitoli-Aceh Singkil hanya memakan waktu 5 hingga 6 jam dan perjalan darat dari Aceh Singkil ke Medan Kota Provinsi Sumatera Utara hanya memakan waktu 6 hingga 7 jam.

Ekonomi

Kemudian, disisi ekonomi hal ini ke depan akan lebih dipertajam lagi, sehingga hasil bumi dari Gunungsitoli atau Nias seperti pertanian, sayur-sayuran buah-buahan dan lainya dapat dipasarkan di Aceh Singkil.

Sebaliknya produk-produk dan hasil bumi dari Aceh Singkil juga dapat dipasarkan di Gunungsitoli.

Untuk lebih mempererat hubungan tersebut ke depan, pihaknya akan merencanakan pertemuan berkala antara kedua daerah untul lebih mengetahui apa hal-hal yang dapat dikerjasamakan lebih lanjut, serta pihaknya akan mencoba menyampaikan hal itu dalam pertemuan berkala dengan empat daerah otonom yang ada di wilayah Pulau Nias.

Sementara itu, Wakil Bupati Aceh Singkil Drs H Khazali saat ditanya Analisa motivasi Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Gunungsitoli Drs H Khazali mengatakan, secara histori Aceh Singkil dengan Nias ratusan tahun lalu telah ada hubungan emosional, terbukti di Aceh Singkil hampir 40 persen masyarakat Nias.

Selanjutnya, dalam sisi ekonomi banyak hal-hal yang dapat dikerjasamakan untuk mensejahterakan masyarakat kedua daerah baik Aceh Singkil maupun Gunungsitoli.

“Tadi saya dengan yang lain jalan-jalan ke pasar Gunungsitoli, contoh kecil harga pisang di Gunungsitoli relatif lebih murah dibanding di Aceh Singkil. Satu tandan pisang ambon di Gunungsitoli hanya Rp10 ribu, sementara bila di Aceh Singkil bisa mencapai Rp. 40 ribu pertandan. Tentunya dengan dibukanya hubungan kerjasama ini kedepan tidak tertup kemungkinan harga satu tanda pisang ambon di Aceh singkil bisa turun”, katanya.

Kedatangan sekitar 100 orang rombongan Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil yang di pimpinan oleh Wakil Bupati Aceh Singkil di Kota Gungsitoli disambut oleh Sekda Kota Gunungsitoli di Aula Samaeri Kantor Walikota Gunungsitoli. (Analisa, 16 September 2010)

Tags:

One Response to “Pemko Gunungsitoli-Aceh Singkil Jalin Kerjasama Bangun Daerah”

  1. 1
    Benjamin Abdurahman Says:

    Untuk informasi terkait bebrapa pembelajaran praktek kerjasama antar daerah yang efektif dan berkelanjutan dapat diperoleh di http://www.lekad.org Selamat menyimak dan salam kerjasama!

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

September 2010
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930