JAKARTA: Kementerian Perhubungan menerbitkan surat pemberitahuan atau notice to airman (notam) terkait dengan meletusnya Gunung Sinabung, Karo, Sumatra Utara, yang menyebabkan terganggunya visual penerbangan di sekitar wilayah itu.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Herry Bakti Singayuda Gumay mengatakan notam itu berlaku selama 1 bulan ke depan sejak diterbitkan pada Sabtu lalu.

Notam itu berisi imbauan agar maskapai berhati-hati saat terbang di kawasan dekat Gunung Sinabung.

“Notam itu adalah imbauan, kalau ada maskapai yang tetap ingin terbang ya tidak apa-apa asalkan mereka dapat menjamin keselamatan,” katanya kemarin.

Dia menjelaskan notam tersebut diterbitkan untuk seluruh maskapai yang beroperasi di Indonesia, meskipun tidak memiliki rute penerbangan ke daerah yang terletak di sekitar Gunung Sinabung.

Administrator Bandara Polonia Medan Razali Abubakar mengatakan rute-rute yang rawan adalah dari Medan ke Meulaboh (Aceh), Silangit (Tapanuli), Tapaktuan (Aceh), Gunung Sitoli, dan Pulau Batu (Nias Selatan).

Menurut dia, saat ini ada tiga maskapai yang melayani penerbangan ke sejumlah rute itu, yakni Susi Air, Wings Air, dan Nusantara Buana Air.(web.bisnis.com – 30 Agustus 2010)

Facebook Comments