Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadahan 1431 H 2010, Walikota Gunungsitoli canangkan gerakan bersih Masjid se Kota Gunungsitoli yang ditandai dengan penyerhan alat gotongroyong kepada lima Nadzir Masjid di sekitar Gunungsitoli, Jumat pagi (23/7).

Kelima Nadzir Masjid penerima alat gotongroyong di antaranya cangkul dan alat kebersihan lainnya secara simbolis yakni Nadzir Masjid Jami Ilir, Azhar Caniago SE Nadzir Masjid Al-Ihsan Landatar, H. Syarif Usman Mendrofa M.Si, Nadzir Masjid Al Furqan Kelurahan Pasar Gunungsitoli, H Mukhlis Sikumbang Nadzir Masjid Jami Saombo, H.Arham Dusky Hia M.Si dan Nadzir Masjid Jami Olora Mawardin Caniago.

Acara yang dipusatkan di Halaman Masjid Jami Ilir Gunungsitoli tersebut turut dihadiri Ketua MUI Kabupaten Nias, Drs Ja’far Harefa, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Nias, Mukhtar Telaumbanua, Asisten III Pemko Gunungsitoli H Syaiful Gulo S.IP, Kadis Parbudpora Kota Gunungsitoli Drs Yulianus Harefa MED TESOL, Ustadz Mohamad Suherman S.Ag, MA Lurah Ilir Harlen Tanjung, sejumlah jama’ah dari berbagai masjid se-Kota Gunungsitoli.

Walikota Gunungsitoli Drs Martinus Lase M.SP dalam arahannya mengatakan pencanangan gerakan bersih Masjid di Kota Gunungsitoli merupakan awal dimulainya gerakan kebersihan kegiatan ini diharapkan untuk dapat dilakukan secara reguler di setiap bulan.

Kebersihan Masjid merupakan urgensi kebersihan dalam ibadah dan ibadah tidak sempurna tanpa kebersihan, maka saya mengajak seluruh warga Kota Gunungsitoli khususnya umat islam untuk melaksanakan kebersihan Masjid di Kota ini dan melakukan kebersihan lingkungan masing-masing agar kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi warga masyarakat.

“Kami dari Pemerintah Kota Gunungsitoli menyatakan mendukung semua kegiatan masyarakat yang bersifat membangun Kota dalam meningkatkan kebersihan ditengah-tengah masyarakat. Karena kebersihan merupakan sebagian dari iman,” katanya.

Kegiatan Gerakan berish Masjid ini merupakan bagian dari gerakan bersih Masjid di Sumatera Utara oleh Bapak Gubernur H.Syamsul Arifin SE yang pembukaanya serentak dilaksanakan pencanangannya di wilayah Kota Gunungsitoli.

Untuk itu diharapkan kepada seluruh warga Kota Gunungsitoli dapat menindaklanjuti pembudayaan gerakan bersih dilingkungannya masing-masing dan kegiaatan ini dapat berkesinambungan terus-menerus, himbau Walikota Martinus Lase.

Pada acara pencanangan gerakan bersih Masjid itu Ketua MUI Kabupaten Nias Drs. H. Ja’far Harefa, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nias Drs Mukhtar Telaumbanua dan mewakili Nadzir Masjid Sekitar Kota Gunungsitoli Azhar Caniago SE senada menyambut baik gerakan bersih Masjid karena masjid adalah rumahnya Allah dan tempat sholat bagi Jamaah Muslim makanya wajib kita meningkatkan kebersihan karena kebersihan adalah bagian dari iman. (www.analisadaily.com – 27 Juli 2010)

Facebook Comments