Pangdam Bantah Pulau di Nias Dikuasai Asing

Sunday, June 13, 2010
By morigee

Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI M. Noer Muis membantah Pulau Asu dan Pulau Sinarano yang berada di kepulauan Nias telah menjadi milik warga Negara asing (WNA).

“Dalam peraturan, tidak ada pulau yang boleh dimiliki asing,” kata Mayjen TNI M. Noer Muis usai rapat muspida di kantor gubernur Sumut di Medan, Senin.

Sebelumnya, beredar informasi jika Pulau Asu di Kabupaten Nias Barat dan Pulau Sinarano di Kabupaten Nias Selatan telah dikuasai WNA.

Pangdam mengatakan, pihaknya telah melakukan pengecekan kepada Pemkab Nias Barat dan Pemkab Nias Selatan mengenai kepemilikan Pulau Asu dan Pulau Sinarano.

Dari keterangan dua pemkab itu dipastikan Pulau Asu dan Pulau Sinarano bukan atas nama WNA yang belum diketahui kewarganegaraannya tersebut.

Pangdam menjelaskan, infromasi yang didapat, WNA itu berdiam di kepulauan Nias setelah menikah dengan salah seorang masyarakat lokal.

Kemudian, WNA yang belum diketahu namanya itu menanamkan modalnya untuk membangun berbagai prasarana, khususnya di bidang pariwisata di dua pulau tersebut.

Pihaknya menilai tindakan WNA itu tidak perlu dipermasalahkan jika tidak bertentangan dengan undang-undang termasuk peraturan daerah (Perda) yang berlaku di Pemkab Nias Barat dan Pemkab Nias Selatan.

Bahkan sebaliknya, kata Pangdam, tindakan WNA itu dapat memberikan efek positif bagi warga sekitarnya karena memiliki peluang usaha untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk setempat.

Namun, untuk menghindari masalah yang mungkin terjadi di belakangan hari, Pemkab Nias Barat dan Pemkab Nias Selatan perlu membuat perda tentang pembuatan prasaran pariwisata di dua pulau tersebut.

Ia mencontohkan kemungkinan diberlakukannya daerah khusus di dua pulau itu yang akan menyebabkan larangan bagi warga sekitar untuk memasukinya.(tribun.13-06_2010)

“Itu perlu diwaspadai agar tidak menimbulkan masalah,” kata Pangdam.

2 Responses to “Pangdam Bantah Pulau di Nias Dikuasai Asing”

  1. 1
    fat harefa Says:

    Berita ini menarik tp dah basi! Pernah dimuat http://niasonline.net/2010/04/06/pangdam-bukit-barisan-bantah-pulau-di-nias-dikuasai-asing/

  2. 2
    Aliozisokhi Fau Says:

    Tak apalah kalau din\bantah berita saya Mei 2008, namun saya ingatkan agar tetap waspada karena Kunjungan kami ke PP Batu hal ini merupakan laporan masyarakat, termasuk Kepala dinsa Pariwisata pada saat itu. Ya’ahowu

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

June 2010
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930