Medan – Hasil ujian tulis Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri 2010 di Universitas Sumatera Utara diumumkan Selasa (8/6) mulai pukul 18.00 WIB melalui internet di website spmb.or.id atau di website usu.ac.id.

“Pengumuman tidak manual lagi, tapi sudah melalui internet atau bisa langsung melihatnya di sekretariat penerimaan mahasiswa baru USU,” kata penanggung jawab informasi UMB USU, Bisru Hafi di Medan, Selasa.

Bagi peserta yang lulus, kata dia, diwajibkan mengikuti tahapan pelaporan dan pendaftaran mahasiswa baru USU pada 16-17 Juni 2010 pukul 08.00 WIB di gelanggang mahasiswa USU.

“Pelaporan untuk bidang non eksakta dilaksanakan 16 Juni dan untuk eksakta 17 Juni 2010,” katanya.

Pada saat pelaporan, lanjut dia, kelengkapan yang harus dibawa adalah kartu tanda peserta ujian UMB-SPMB asli, Ijazah/SKHUN asli yang dilengkapi pasfoto dan surat ganti nama bagi yang pernah ganti nama.

Setelah pelaporan, peserta diwajibkan melakukan pendaftaran ulang pada 22-23 Juni 2010. Namun sebelumnya ada dua tahapan yang harus diikuti peserta yang telah lulus, yaitu melakukan pemeriksaan kesehatan di poliklinik USU dan pembayaran SPP serta dana kelengkapan akademik (DKA) di seluruh cabang Bank BNI pada 17-21 Juni 2010.

“Pada saat mendaftar ulang, calon mahasiwa harus telah mengisi dan melengkapi formulir isian berkas paket pendaftaran yang telah diterima pada saat pelaporan. Bagi yang tidak melapor ulang maka haknya sebagai mahasiswa USU dianggap gugur,” katanya.

Tahun akademik 2010/2011 ini, jumlah peserta pendaftar UMB di USU sebanyak 35.675 orang dengan rincian 14.845 kelompok IPA, 10.023 kelompok IPS dan 9.783 kelompok IPS. Jumlah ini meningkat drastis dibanding tahun sebelumnya yang hanya 28 ribu orang.

Pelaksanaan UMB-PTN tahun 2010 ini berlaku secara serentak dan bersamaan untuk 12 perguruan tinggi peserta di seluruh Indonesia.

Ke-12 PTN tersebut yakni Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Andalas (Unand), Universitas Negeri Padang (UNP).

Kemudian Universitas Jambi (Unja), Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universita Islam Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri Makasar, Universitas Palangkaraya, dan Universitas Negeri Semarang. (www.antara.co.id – 7 Juni 2010)

Facebook Comments