Washington (NO) – Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati telah diangkat menjadi Direktur Pengelola (Managing Director) dari Kelompok Bank Dunia (World Bank Group) oleh Presiden Bank Dunia Robert B. Zoellick.

“Saya dengan gembira mengumumkan pengangkatan Sri Mulyani Indrawati. Ia telah menjadi Menteri Keuangan yang luar biasa yang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang isu-isu pembangunan dan peran Kelompok Bank Dunia,” kata Zoellick sebagaimana dikutip dalam siaran pers Bank Dunia di Washington, kemarin Selasa (4 Mei 2010).

“Sebagai seorang anggota dari Tim Senior, ia akan memainkan peran kunci dalam menbantu memimpin Bank ini ketika kami bergerak untuk memperkuat dukungan klien, mengimplementasikan program reformasi kami, dan mengantisipasi tantangan-tantangan yang akan datang.”

Sri Mulyani menjadi Menteri Keuangan RI sejak 2005 dan telah mengarahkan kebijakan ekonomi dari salah satu negara terbesar di kawasan Asia Tenggara dan dunia. Ia menuntun perekonomian Indonesia di tengah krisis ekonomi global dengan berhasil, mengimplementasikan berbagai reformasi penting dan karenanya ia mendapat penghormatan rekan-rekannya dari seluruh dunia. Demikian siaran pers Bank Dunia melanjutkan.

Menyambut pengangkatannya Sri Mulyani mengatakan: “Merupakan kehormatan besar bagi saya dan juga bagi negara saya untuk mendapatkan kesempatan ini untuk berkontribusi bagi misi penting Bank Dunia untuk mengubah dunia.”

Robert B. Zoellick juga mengatakan bahwa Sri Mulyani Indrawati membawa keahlian-keahlian dan pengalaman khusus ke dalam Kelompok Bank Dunia dari perspektif sebuah negara berpenghasilan menengah yang masih menghadapi tantangan-tangan besar kemiskinan.

“Ia telah mendapatkan penghormatan dunia atas keberhasilannya memerangi korupsi dan memperkuat kepemerintahan yang baik,” kata Zoellick. “Ia telah menjadi seorang pemimpin dunia berkembang dalam hal perubahan iklim dan aktif dalam panggung internasional melalui G20, APEC, ASEAN dan kelompok-kelompok lain.”

Sebelum menjadi Menteri Keuangan, Sri Mulyani adalah Menteri Negara Perencanaan Pembangunan dan Ketua Bappenas (2004-2005) dan Menko Perekonomian (2008-2009). Sebelum itu, ia menjadi Direktur Eksekutif IMF (2002-2004).

Sri Mulyani Indrawati memperoleh gelar doktor (Ph.D) dalam bidang ekonomi dari Universitas Illinois dan Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia. Ia menerima sejumlah penghargaan, antara lain Global Finance Minister of the Year dari Majalah Eoruomoney dan Menteri Keuangan Terbaik di Asia versi Emerging Markets. Ia juga secara regular masuk dalam daftar The 100 Most Powerful Women versi majalah Forbes.

Dalam peran barunya, Sri Mulyani akan mensupervisi tiga kawasan: Amerika Latin dan Karibia, Timur Tengah dan Afrika Utara, dan Asia Timur dan Pasifik. Ia juga akan mengawasi Information Systems Group.

Pengangkatan ini mengikuti proses pencarian internasional. Sri Muyani akan mulai bertugas di Bank Dunia pada tanggal 1 Juni 2010; ia akan menggantikan Juan Jose Daboub yang akan mengakhiri masa tugas 4 tahun pada tanggal 30 Juni.

Demikian siaran pers Bank Dunia di Washington. Foto: Bloomberg.com (brk*)

Facebook Comments