JAKARTA: Bank Indonesia (BI) akan memberikan beasiswa senilai Rp740 juta–Rp1,18 miliar per bulan kepada 2.960 mahasiswa di 63 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

Deputi Direktur Direktorat Sumber Daya Manusia BI Edy Setiadi mengatakan sebagai bentuk mewujudkan perkembangan pendidikan di Indonesia, bank sentral akan memberikan Rp250.000 – Rp400.000 kepada masing-masing mahasiswa yang berprestasi secara akademik tetapi kurang mampu dalam administrasi sekolah.

“Kisarannya sekitar Rp250.000 – Rp400.000 per bulan kepada masing-masing mahasiswa yang mendapat beasiswa. Namun, kami akan memberikannya per semester, jadi jumlahnya akan diakumulatifkan,” ujarnya hari ini.

Edy menuturkan jumlah beasiswa yang diberikan memang tidak merata, sesuai dengan kebutuhan masing-masing mahasiswa. Dia mencontohkan, jika iuran kuliah mahasiswa tersebut tinggi dan biaya hidup di daerah itu tinggi, maka dana yang diberikan tentu lebih besar dibandingkan yang iuran kuliahnya rendah.

Beasiswa ini, lanjut Edy, akan diberikan kepada mahasiswa yang telah duduk mulai dari semester V dan akan disubsidi hingga mahasiswa tersebut lulus kuliah.

Hal senada diungkapkan Pjs. Gubernur BI Darmin Nasution. Dia mengatakan BI memang tidak memiliki program sosial (sorporate social responsibility/CSR), namun BI sebagai institusi negara yang mengelola dana dan pembiayaan juga harus ikut berpartisipasi dalam membangun pendidikan di Indonesia.

“Ini merupakan wujud kongkrit atas partisipasi kami dalam dunia pendidikan. Kita harus menyadari memang biaya pendidikan itu mahal, walaupun itu perguruan tinggi negeri. Kami ingin anak yang berprestasi tetapi kurang mampu tetap bisa melanjutkan studi,” ujarnya.

Dengan adanya pemberian beasiswa dari bank sentral, Darmin berharap sektor dunia usaha lainnya juga tambah tergerak untuk ikut membantu menyumbang dalam dunia pendidikan. Dia menilai, saat ini peran dunia usaha memberikan sumbangan pendidikan masih kurang.

Hari ini BI menandatangani kerja sama dengan empat PTN di Jabodetabek dalam rangka pemberian beasiswa tersebut. BI akan memberi beasiswa kepada 240 mahasiswa yang berada di empat PTN, yaitu Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Negeri Jakarta, dan UIN Syarif Hidayatullah. (www.bisnis.com – 3 Mei 2010)

Facebook Comments