JAKARTA (30/4/2010) – Janji Direktur Utama Lion Air/Wings Air Rusdi Kirana untuk membuka rute penerbangan jarak pendek Medan-Gunungsitoli akhirnya terwujud. Penerbangan perdana yang dioperasikan oleh anak usaha Lion Air, Wings Air akan dilaksanakan pada Minggu (2/5) di Bandara Polonia, Medan, Sumatera Utara.

Penerbangan perdana itu akan diresmikan oleh Gubernur Sumatera Utara. Selain rute Medan-Gunungsitoli, pada hari yang sama, Wings Air juga akan membuka dan melayani rute Medan-Sibolga, Medan-Meulaboh dan Medan-Lhouksumawe, Aceh. (Lihat Rute dan Jadwal).

Untuk melayani rute tersebut, Wings Air akan mengoperasikan dua unit pesawat jenis ATR 72-500 buatan Prancis. Pesawat produksi terbaru dengan mesin Pratt & Whitney 127M itu berkapasitas 72 penumpang yang dilengkapi dengan kabin standar modern untuk kenyamanan penumpang serta teknologi navigasi terbaru. Sangggup terbang nonstop selama empat jam dan tidak membutuhkan landasan yang panjang untuk tinggal landas dan mendarat.

Kepada niasonline, Direktur Umum Lion air/Wings Air Edward Sirait mengungkapkan, perluasan operasi di kawasan barat Indonesia tersebut mengingat potensi pasar yang cukup besar. Sebab, Medan adalah kota besas yang menjadi magnet kemajuan ekonomi di kota-kota kecil di sekitarnya. Di samping itu, layanan penerbangan di kota-kota kecil di wilayah itu masih sangat minim. Kehadiran Wings Air diharapkan bisa mengisi kekosongan jadwal penerbangan yang ada. “Selain memenuhi kebutuhan pengguna jasa angkutan udara, juga diharapkan dapat meningkatkan dinamika perekonomian di daerah tersebut,” ujar dia.

Dia menjelaskan, pada 2009, Wings Air telah memesan 30 unit pesawat ATR 72. Terdiri dari 15 pesawat ATR 72-500 order pasti dan 15 pesawat ATR 72-600 opsi tambahan. Semuanya akan diterima secara bertahap sampai 2012. Dua unit yang dioperasikan di wilayah Sumatera itu berregistrasi PK-WFI dan PK-WFJ, merupakan pesawat keempat dan kelima yang telah diterima pada April 2010. Tiga unit yang telah diterima sebelumnya telah dioperasikan di wilayah Indonesia bagian Timur.

Pengoperasian pesawat-pesawat untuk jangka pendek di seluruh Indonesia, akan memudahkan pengguna jasa angkutan udara melakukan perjalanan ke berbagai tujuan di seluruh Indonesia. Sebab, dapat melanjutkan penerbangan dengan penerbangan Lion Air yang jadwal penerbangannya sudah dirancang saling berhubungan (terkoneksi).

Sebelumnya, kepada niasonline.net, pada pertengahan 2008, Dirut Lion Air/Wings Air Rusdi mengungkapkan rencananya menggarap rute Medan-Gusit. Selain bertujuan memperkuat pangsa pasar maskapai Lion Air di wilayah barat, juga karena potensi angkutan wisatawan menuju Pulau Nias.

Rute dan Jadwal

Rute Medan – Gunung Sitoli p.p diterbangi 2 (dua) kali sehari, dengan nomor penerbangan IW 1260 berangkat pukul 12.35 Local Time (LT) dari Bandara Polonia Medan dan tiba pukul 13.25 di Bandara Binaka Gunung Sitoli. Dan penerbangan selanjutnya pada pukul 16.20 dari Bandara Polonia Medan tiba pukul 17.10 di Bandara Binaka, Gunungsitoli.

Rute Medan – Sibolga p.p dioperasikan sehari sekali (daily), dengan nomor penerbangan IW 1254 berangkat pukul 13.50 dari Bandara Polonia Medan dan tiba pukul 14.25 di Bandara Ferdinan Lumbantobing, Sibolga.

Rute Medan – Meulaboh p.p dioperasikan sehari sekali (daily) dengan nomor penerbangan IW 1252 berangkat pukul 11.20 dari Bandara Polonia Medan dan tiba pukul 12.10 di Bandara Cut Nyak Dien, Meulaboh.

Rute Medan – Lhokseumawe p.p dioperasikan sehari sekali (daily) dengan nomor penerbangan IW 1250 berangkat pukul 08.30 dari Bandara Polonia Medan dan tiba pukul 09.30 di Bandara Malikul Saleh, Lhokseumawe. (Etis Nehe)

Facebook Comments