Medan – Masyarakat Nias Selatan (Nisel) dari 8 Kecamatan yang diwakili tokoh masyarakat setempat menyampaikan aspirasinya kepada Lembaga Pemberdayaan Potensi Nias (LP2N) Pusat di Hotel Garuda Plaza, Minggu (18/4) lalu, yang diterima Direktur Eksekutif Badan Pimpinan LP2N Pusat Eben Ezer Hia didampingi Ketua LP2N Sumut, Ones Daeli dan jajaran fungsionaris lainnya.

Di hadapan funsionaris LP2N Pusat dan Sumut, sebanyak dua puluhan tokoh masyarakat Nias Selatan menyampaikan harapan mereka untuk mengejar ketinggalan Nias Selatan dengan pemimpin yang memiliki visi yang jauh ke depan dan profesional. Masyarakat Nias Selatan menaruh perhatian kepada hal-hal yang mendasar saat ini, dimana setelah Nias Selatan dimekarkan 7 tahun lalu dari kabupaten induk, ternyata tidak banyak perubahan perbaikan kesejateraan, bahkan cenderung menurun sehingga Nias Selatan masih tetap menyandang predikat daerah tertinggal.

Dijelaskan Eben Ezer Hia, dari hasil pertemuan tokoh masyarakat yang di fasilitasi oleh LP2N tersebut, masyarakat dari 8 Kecamatan di Nias Selatan mengharapkan kesediaan Bowoasa Hia, salah seorang Kabid di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Propsu untuk bersedia memimpin Nias Selatan ke depan.

Menurut masyarakat Nias Selatan, sosok Bowoasa Hia merupakan sosok sederhana dan merakyat serta merupakan tokoh yang dapat dibanggakan dan sudah terbukti dari prestasi yang pernah di raihnya berupa penghargaan Satya Lencana Karya Satya Pengabdian 10 tahun dari Presiden RI, Camat terbaik pada tahun 2005 yang dianugrahi Gubsu dan semasa menjadi Kepala BKD Nisel tidak pernah bermasalah.

Lembaga Pemberdayaan Potensi Nias sebagai salah satu lembaga riset menilai bahwa yang bersangkutan memang orang yang sederhana dan merakyat sehingga dari geopolitik yang ada Bowoasa Hia SSos MAP mudah diterima di 8 Kecamatan seperti Kecamatan Gomo, Lolowau, Lolomatua, Amandaya, Tello, Hilibala, Lahusa dan Hilimigai.

Berkaitan dengan hasil pertemuan dengan tokoh masyarakat dari 8 kecamatan Nias Selatan tersebut, para fungsionaris LP2N Pusat dan Sumut akan segera membawa dan menyampaikan aspirasi Nias Selatan secepatnya kepada Bowoasa Hia, dan jika mendapat persetujuan dari yang bersangkutan, akan segera dideklarasikan.

(sib)

Facebook Comments