Pendaftaran untuk Beasiswa Monbukagakusho dari Pemerintah Jepang untuk “Program Research Student” untuk Keberangkatan 2010 telah dibuka sejak 14 April 2010.

Program ini ditujukan untuk mereka yang berminat dalam program research student di perguruan tinggi di Jepang.

Peminat pada waktu menjalani research student diperbolehkan melamar ke program degree (S-2 / S-3 / professional graduate course) atau meneruskan program S-3 setelah menyelesaikan program S-2 / professional graduate course, apabila lulus seleksi tes ujian yang diberikan oleh universitas yang bersangkutan.

Peminat juga dapat langsung masuk ke program degree tanpa mengikuti research student apabila telah mendapatkan izin dari universitas yang bersangkutan. Beasiswa diberikan tanpa ikatan dinas, mencakup biaya kuliah dan biaya hidup.

Informasi di situs Kedutaan Besar Jepang menyebutkan persyaratan berikut: (1) Pelamar lahir pada dan setelah tanggal 2 April 1976. 2. Memiliki IPK minimal 3.0 dari tingkat perguruan tinggi terakhir (atau nilai EJU minimal 260 dalam jumlah 2 mata ujian tidak termasuk Bahasa Jepang). 3. Nilai TOEFL-PBT minimal 550 atau TOEFL-CBT minimal 213 atau TOEFL-IBT minimal 79 atau ekuivalen, atau nilai Japanese Language Proficiency Test minimal level 2. 4.Memilih bidang studi yang sama dengan disiplin ilmu sebelumnya. 5. Bersedia belajar Bahasa Jepang. 6. Sehat jasmani dan rohani. 7. Pelamar harus membaca dan memahami lampiran keterangan secara teliti.

Keterangan selnajtunya dapat diperoleh pada tautan berikut:
http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rs.html. (brk*).

Facebook Comments