Seminar Nasional Pendidikan; Mutu Pendidikan Nias Sangat Tertinggal Jauh dengan Daerah Lain

Wednesday, April 14, 2010
By fune

Gunung Sitoli – Kabupaten Nias, dalam hal peningkatan mutu pendidikan Nias, sangat tertinggal jauh di antara daerah lain. Sejak tahun 2001 hingga saat ini pendidikan merupakan salah satu pilar dalam pembangunan Kabupaten Nias.

Menanggapi hal itu, pemerintah Kabupaten Nias ke depan telah memprogramkan penataran kepada para guru untuk mengejar ketertinggalan Nias selama ini.

Hal itu diungkapkan Bupati Nias, Binahati B Baeha SH saat membuka Seminar Nasional Pendidikan Se-Kepuluan Nias yang diselenggarakan Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Nias, Jumat (9/4) di Auditorium Teteholi STT (Sekolah Tinggi Teologi) BNKP (Banua Niha Keriso Protestan) Sunderman Gunungsitoli.

“Saya yakin tanpa guru, negara ini tidak akan bisa maju, karena guru menurut saya pahlawan yang sebenarnya. Selain itu pendidikan juga bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja tetapi seluruh elemen yang ada. Saya memberikan apresiasi yang cukup tinggi kepada DPD KNPI Kabupaten Nias saya harapkan ke depan untuk lebih peka terhadap isu-isu yang berkembang,” tegas bupati.

Tanpa guru, negara ini tidak bisa akan maju, karena guru merupakan pahlawan yang sebenarnya. Untuk itu diharapkan kepada nara sumber dalam seminar ini untuk memberikan pemikiran-pemikiran baru yang dapat diaplikasikan kepada para anak didik untuk mempersiapkan generasi penerus pada 10-15 tahun ke depan.

Sementara Sekda Kota Gunungsitoli mewakili Walikota Gunungsitoli mengharapkan peran KNPI dalam membina OKP sebagai mitra pemerintah dalam membantu pemerintah dalam pemberdayaan serta mengharapkan KNPI dapat mendampaingi masyarakat dalam menyukseskan program pemerintah, khususnya dalam mendampingi masyarakat dalam program PMPM Mandiri.

Mendorong
Ketua DPD KNPI Kabupaten Nias Dalifati Ziliwu S.Pd memohon perhatian yang serius dari pengambilan kebijakan di Kepuluaan Nias untuk mendorong dunia pendidikan guna meningkatkan mutu pendidikan di Pulau Nias agar setara dengan daerah yang lain.

Ia sangat menyesalkan tidak hadirnya para kepala dinas, khususnya para Kepala Dinas Pendikan, sementara yang hadir hanya yang mewakili Kepala Dinas Kabupaten Nias Urara. Sedang pada cara itu banyak informasi yang harus didapatkan dalam kesempatan itu yang datangnya dari pusat dan provinsi yang dapat ditulang kepada yang lainnya.

Diharapkan kerjasama yang dilakukan saat ini terus dapat ditingkatkan dan dikembangkan di masa-masa yang akan datang, hingga KNPI dapat mengetahui kendala-kendala dalam setifikasi.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Sowaa Laoli dalam laporannya menyampaikan, tujuan peneyelenggaraan kegiatan ini yakni, untuk memberikan pemahaman kepada tenaga pendidik, tenaga kependidikan dalam pemerhati pendidikan, implementasi dari UU No 20 Tahun 2003 UU No 14 Tahun 2005 dan peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005.

Memberikan konstribusi yang signifikan kepada pemerintah dalam upaya peningkatan kualitas SDM. Memberikan pemahaman tentang pentingnya profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan.

Memberikan gambaran sistem birokrasi dalam memangku jabatan fungsional agar tenaga pendidik dan tenaga pendidikan lebih kondusif menjalankan fungsi dan tugasnya serta untuk membangun kemandirian, hingga tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dapat mengaktualisasikan dirinya lebih inovatif dan kreatif.

Dalam pelaksaan kegiatan seminar itu, diikuti 802 guru se kepuluan Nias dengan tiga nara sumber, DPD RI Parlindungan Purba SH, MM, mewakili Dirjen Peningkatan Mutu tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan RI Drs Mian Siahaan, MM dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Utara Drs H M Johari Lubis, MM, M.Pd.

(Analisa – www.analisadaily.com, 14 April 2010)

Tags: ,

5 Responses to “Seminar Nasional Pendidikan; Mutu Pendidikan Nias Sangat Tertinggal Jauh dengan Daerah Lain”

  1. 1
    Drs. Sozifao Hia Says:

    Ya’ahowu,

    Realita mutu pendidikan di Pulau Nias masih memprihatinkan sampai sekarang harus kita terima dengan lapang dada, karena kita masih mengutamakan pembangunan ekonomi yang tidak pernah habisnya, sejak merdeka sampai sekarang, kita mengejar ketertinggalan kita dari sisi ekonomi. Semakin kita mengejarnya, semakin jauh dia meninggalkan kita. Mengapa? Pembangunan ekonomi tanpa diawali dengan pembangunan SDM yang berkualitas maka sulit mendapatkan kemajuannya.

    Sudah seharusnya kita mengutamakan/menjadi pembangunan SDM melalui pendidikan menjadi prioritas utama. Dengan manusianya cerdas, maka SDA nya dapat dikelola dengan cerdas dan dapat dimaksimalkan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

    Terima kasih dan salam,
    Sozifao Hia

  2. 2
    julius Says:

    betul..kenyataannya bgtu…..aku setuju dgn bapak.sozifao..oleh sebab itu,,,mohon perhatian khusus dari pemerintah daerah dalam menigkatkan SDM,,dengan cara misalya,,,memberi beasiswa bagi guru2 yg mau melnjutkan pasca sarjana,,,entah cara apa gitu ,,,n pada akhirya jg membangun SDM masyarakat nias,,coba dibayangkan,,bgtu byk mhasiswa nias,,kuliah di luar daerah beasiswa,,,entah darimana,,apakah pemda gk mengerti? sebenarnya bgtu banyak SDM nias yg berkualitas tp,,sayang tidak mengabdi d nias,,nah itu,,perlu direnungkan,,>mudah2an aku nanti setelah selesai mau pulang kenias,,

  3. 3
    Rife zebua Says:

    ya’ahowu

    saya sangat setuju bahwa Nias sangat ketinggalan dalam dunia pendidikan khususnya tentang pemakaian teknologi. untuk itu, kepada pemerintah daerah harus memberikan perhatian serius untuk menangani masalah pendidikan di Nias,
    jika kita bandingkan Niasdengan pulau jawa tentu sangat jauh berbeda
    kalau di jawa yang baru masuk SD sudah bisa membuka komputer sedangkan di Nias, sudah tamat SMA belun tentu sudah pernah membuka komputer.

    pesan untuk para senior yang sudah punya sekolah atau pengalaman tinggi yang tinggal di luar Nias, silahkan berbagi ilmu pengetahuan bagi saudara2x kita di Nias, siapa lagi kita harapkan kalau bukan masyarakat Nias.

    thanks….

  4. 4
    Hadiran Zagoto Says:

    semua saran atau pendapat sebelumnya sangat saya hargai..
    mengadakan seminar dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sangatlah didukung oleh berbagai pihak, masyarakat pada umumnya.
    namun, untuk meningkatkan mutu pendidikan sebenarnya hanya berdasar pada visi dan misi suatu lembaga, mis: lembaga sekolah, pemerintah daerah tertentu dan pribadi masing-masing individu pada umumnya.
    Kita ambil salah satu contoh yang tidak jauh dari pribadi seorang siswa dalam mengejar pendidikan. Dia telah diberi kesempatan selama 3 tahun, seorang anak SMP/SMK misalnya, tetapi tidak ada niat sama sekali untuk memanfaatkan kesempatan tersebut.

  5. 5
    Referensi buku komputer Says:

    Betapa pentingnya pendidikan komputer saat ini,ada baiknya pendidikan komputer di lakukan sejak dini,tetapi tetap dalam pengawasan maksimal dari orang tua agar anak didik kita tidak terjerumus dalam pendidikan komputer hitam yang justru akan merusak masa depan anak tersebut.
    maka dari itu peran dari orang tua sangat penting dalam pendidikan komputer pada khususnya dan pendidikan segala bidang pada umumnya.
    terima kasih

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

April 2010
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930