Jadwal Pilkada Sumut Ditetapkan

Sunday, April 11, 2010
By fune

MEDAN – Jadwal pemilihan kepala daerah di 22 kabupaten dan kota Sumatera Utara diputuskan dibagi dalam tujuh hari pelaksanaannya. Kebijakan ini diambil agar hubungan kultural, sosiologis dan persaudaraan antara pendukung dengan calon tidak semakin membuat suhu politik bertambah panas.

Medan – Gubernur Sumut, Syamsul Arifin membenarkan jadwal 22 pilkada se-Sumut itu dibagi dalam tujuh hari pelaksanaannya (7/4). “Mengapa dibagi tujuh hari? Tak lain karena untuk menghindari terjadinya berbagai gesekan dan benturan kepentingan antara pendukung dan para calon,” ujarnya.

Pilkada pertama dilakukan 12 Mei 2010. Di hari itu ada sembilan kabupaten dan kota yang menggelar Pilkada serentak. Yakni Medan, Binjai, Serdang Bedagai, Tapanuli Selatan, Toba Samosir, Asahan, Sibolga, Tebing Tinggi dan Pakpak Bharat.

Untuk jadwal berikutnya 9 Juni 2010, empat kabupaten dan kota menggelar pilkada serentak, yakni Pematang Siantar, Humbang Hasundutan, Mandailing Natal dan Samosir.  16 Juni 2010, jadwal pilkada hanya diikuti satu kabupaten, yakni Labuhan Batu. Berikutnya 26 Agustus 2010, pilkada digelar di kabupaten Simalungun dan kota Tanjung Balai, serta 27 September 2010, pilkada digelar di kabupaten Labuhan Batu Selatan dan kabupaten Labuhan Batu Utara.

“Untuk 6 Oktober 2010, giliran kabupaten Karo yang menggelar pilkada, yang dilanjutkan 27 Oktober 2010 di kabupaten Nias Utara, kabupaten Nias Barat dan kota Gunung Sitoli,” rinci Syamsul.

Menyinggung pengamanan dan dukungan dana pemerintah provinsi kepada kabupaten dan kota yang menggelar pilkada, Gubsu mengatakan tetap diberikan. Hal ini dikarenakan seluruh unsur Muspida Plus Sumut telah berkomitmen dan berkeyakinan penyelenggaraan pemerintahan harus tetap demokratis, namun prinsip demokrasi itu jangan sampai mengganggu dan merusak tatanan sosial yang telah terbina baik selama ini.

“Makanya, untuk antisipasi kegiatan-kegiatan yang bisa merusak tatanan demokrasi dimaksud, seluruh aparat pemerintah baik PNS, TNI/Polri harus bersikap netral dan tidak memihak salah satu pasangan calon,” tegasnya.

(waspada)

Tags:

12 Responses to “Jadwal Pilkada Sumut Ditetapkan”

Pages: [1] 2 » Show All

  1. 1
    Halawa CS Says:

    PINANG-MEMINANG PADA PILKADA NIAS SELATAN 2010

    Inilah wacana terakhir pilkadasung Nias Selatan 2010 dalam rubrik pinang-meminang:
    1. Fahuwusa Laia (GOMO) akan meminang Solistis Dakhi(TELUKDALAM), Rahmat Alyakin Dakhi (TELUKDALAM),Aro Totona Loi Alias A.Nurlim(TELUKDALAM), Pdt.FL.Bidaya (PP.BATU).
    2. Idealisman Dakhi (TELUKDALAM) Sudah meminang Hukuasa Ndruru (GOMO)
    3. Daniel Duha (TELUKDALAM)akan meminang Pdt.Buala Naso Telaumbanua GOMO)
    4. Hadirat Manao (TELUKDALAM) sudah meminang Wartawan Giawa (Lolowau)
    5. A.Yosua Halawa (Nias Tengah) akan meminang Pdt. FL.Bidaya (PP.Batu), Penyabar Nakhe (TELUKDALAM)
    6. Sobambowo Bu’ulolo (Lahusa) akan meminang PdtFL.Bidaya (PP.Batu), Atulo’o Bago (TELUKDALAM)
    7. Aliozisokhi Fau (TELUKDALAM)akan meminang Pdt.FL.Bidaya (PP.Batu)

    Mohon Komentar Masayarakat Nias Selatan, pasangan siapa yang lebih ideal dan memiliki peluang besar memenangkan Pilkada Nias Selatan 2010 dan diyakini mampu mebawa perubahan Total di Nias Selatan.

  2. 2
    Abdee Says:

    Selamat menjelang musim PILKADA…Semoga pilkada tidak menjadi ajang para penguasa untuk merebut posisi semata..Apalgi adanya rumor yang beredar bahwa dinasti yang selama ini berkuasa akan kembali menguasai pemerintahan dengan mencalonkan keluarga sendiri dalam pemerintahan…Kiranya yang pernah berkuasa legowo mempersilahkan calon lain untuk maju….Kita juga berharap dengan adanya PILKADA ini tidak membuat kita “ONO NIHA” terpecah belah sebagai akibat dari dukung-mendukung salah satu calon kepala daerah…Yaahowu…

  3. 3
    Siwani Victor Dachi Says:

    Ya’ahowu ami ira talifuso si so ba Nias Selatan. Lo ara to, ba tefalua nofotoi PILKADA ba khoda ba Dano Raya. Fefu nono mbanua si so ba Dano Raya ( Nias Selatan )lo tola lo’o fao ita ba wamalua PILKADA andro fao fa’asokhi dodo ba mendrua mano fao fa’ahono dodo.
    Fatua lo teborotaigo wamalaua nifotoi PILKADA andro ba tatu mano, i’otarai ginoto da’a datafaigi, datafili haniha zi tola, haniha zinangea tola moi ” Baloda ” ( Pemimpin kita ) ba Nias Selatan andre. Oya ngawalo zi lo omasi ita ba zi no’alua ma sino talaloi bakha ba wamalua PILKADA andre. Duma-dumania ba PILKADA silalo, tarongo wa ba hauga nahia TPS so zitobali famalua silo’atulo. Hana wa ba zi sambua banua, tesura wa’ato zame’e Li (suara) 1000 niha ba hiza’i me te’ofuloi garate suara andro ikhamo 1500-2000. Da’o nifotoi ba Li Indonesia (adanya penggelembungan suara). Tatotona, ena’o ba zi so fona lo sa’e alua zimano andro.
    Ya’ita iraono mbanua, ira ama ira ina, ira talifusogu sibohou ebua, na tefalua dania PILKADA andre, boi asala no fao mano ita ba wamalua, tafi tora moroi ba da’o, so nifotoi rasa tanggung jawab (fanokhogo) ena’o tola tefalua fao sisokhi ba tefili mbaloda, niha sitola tafaduhusi todo. Asese ba ginoto kampanye/penyampaian misi, oya mano tarongo wa no no dania tefili ndra’o ba u’ehaogo Dano Raya, ba meno sa’e dumadao/tumataro ba lo sa’e ba dodonia hadia zi no ifabu’u fona niha mbanua.
    So sambua wehedegu kho ndra amama calon Kepala Daerah fao wakil, nifosumangegu. Fatua lo tefalua PILKADA andro ba khoda, sabolosokhinia no so sa’e zi tobali nifaluada bakha ba mbanua-banua, simano fanehaogo lala, zekola, poliklinik, ba tanobo’onia na sa. Side’idenia no ta’alui lala bawangorama’o kho niha mbanuada wa duhu dododa bawangehaogo Tano Niha. Na lo nasa nifaluada ba abolosokhi tabaloi ua. Bakha ba we amoi “BALO” andro so nifotoi fa’aekhusa (pengorbanan)ba lo itotona zulona (balasan). Menjadi pemimpin bukan untuk mencari kekayaan sesaat tapi berbuat yang baik kepada seluruh masyarakat. Dan satu hal yang terpenting dalam hal memimpin adalah ” menempatkan Tuhan dalam bertindak atau melakukan sesuatu yang dapat bermanfaat bagi orang banyak”. Sehingga anda akan dikenang sepanjang masa. Tetapi jika anda mempunyai visi misi tertentu yang manfaatnya tidak dirasakan masyarakat…., ingat bahwa Tuhan telah tau sebelum kita melakukannya. Mari kita berbuat yang benar.
    U’andro wa’ebolo dodomi na so wehedegu silo’enahoi.

    Ya’ahowu ami ira talifuso,

    Siwani Victor Dachi

  4. 4
    anugerah gulo Says:

    saya yakin pak fahuwusa bisa saja menang kembali tapi tidak tertutup kemungkinan pak Idealisman bisa saja menyaingi bahakan memenangi pertarungan…,

    buat saya keduanya sama2 sosok yang dibutuhkan di nias selatan…,saya tidak bisa menentukan mana yang kalah to menang tapi saya yakin salah satu antara mereka pasti akan ada yang menang…

  5. 5
    Gani Laia Says:

    Saya yakin Pasangan No.3 99%menang,krn kepemimpinan fahuwusa laia slm ini penuh dgn KKN. Sementara Drs.Idealisman Dachi (mantan aggt.DPR-RI) dan Drs.Hukuasa Ndruru,MAP (mantan Kadisdik Nisel,Sekjend Bamus Pernis KANISE) adalah tokoh yg enerjik, akademisi dan profesional. Secara pribadi, sy tidak punya hub.sdr dgn Pak Hukuasa Ndruru bukan saya puji saat beliau menjabat Kadisdik Nisel sangat terbantu pegawai dilingkungan dinas pendidikan tmsk saya. Baik dlm hal urusan perpindahan guru, kenaikan Gol.semua gratis dan cepat siap serta pembukaan sekolah2 baru di daerah terpencil, sehinga banyak tertampung GBD/GBN. Makanya Beliau langsung dicopot Bupati Fahuwusa Laia krn tidak ada setoran.

  6. 6
    Lenny Duha Says:

    Memang tak tau malu Fahuwusa ini dah bukan dia yang mati-2an memperjuangkan Pemekaran NISEL suka2nya pula Bongkar pasang penjabat/perpindahan pegawai di nisel.carut marutlah jadinya. Mudah2an terbukti KKN nya selama ini biar gol sekalian.Siapa menabur angin akan menuai badai!.

  7. 7
    HS HULU Pak Joni Says:

    menurut hemat saya, kita boleh saja memberikan apresiasi terhadap salah seorang calon orang nomor satu nias selatan ke depan, namun yang paling penting adalah bagaimana track record masing-masing calon. ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang pemimpin, yaitu :
    1. Kapabilitas
    2. Adaptabilitas
    3. Integritas, artinya dapat dipercayai oleh publik
    selain itu juga para calon pemimpin nisel ini harus merumuskan pola kebijakan ke depan dan dipublikasikan sehingga hal itu juga menjadi salah satu aspek penilaian dari publik nisel. hal lain yang tidak dapat diabaikan adalah bagaimana komitmen pemimpin nisel kedepan dalam mewujudkan Good Governace dan Clean Governance dengan memperhatikan SK Menpan No. 25 Tahun 2005.

  8. 8
    Edwar zjky Baene, S.E..Malang Says:

    kalau saya lebih cenderung memilih Pak Fahuwusa Laia…krn selama kepemimpinannya banyk perubahan yg sdah di laksanakn,.qt tau pembngunan gedung2 sekolah,pmbangunan ifanstruktur,pembngunan jln mnuju desa2,dan bnyk hal lagi yg tdk bs saya sebutkn satu persatu,,dan yg paling penting adlh sosialisasinya pd msyarakt sngt baik,bicaranya jg ndk muluk2,janji kmpanyenya jg selalu d tepati..saya yakin Masyarakat Nias selatan dmn pun brada,mrka pasti tau & mersakan bnyk perubhan yg sdh terlaksanakn..yg sya kwatirkan seandainya yg memimpin Nias Selatan adalh org2 yg tdk berpengalamn ap jdinya nanti nias selatan…qt kembali lg ke nol..tentang isu2 yg terjadi tntng Ijazah palsu atau korupsi itu hal wajar dlm berpolitik,krn untuk mnjatuhkn lawan dan ingat smuanya itu hany palsu..yg perlu d pertnyakan klu mang benar dia memiliki ijazah palsu knp bru skrang bru kliatan dan muncul,pdhal kita tau Pak Fahuwusa Laia itu udh lama mnjd kepala kejaksaan,dan jg mnjd Bupati Nias Selatan..sblum menduduki smua jbatan tersbut trlbh dahulu pasti ada syrat2 yg hrus d penuhi,,sdangkan korupsi,,yg mlakukan korupsi itu adalah ank buahnya..makanya bnyk ank buahny yg dicopot dr jabatnnya sbgai bagian dr ketegasannya dlm memimpin..omongn yg sering qt dengr bgini ini saya rasa sudh kuno..untuk menutupi rasa malu mreka sendiri,sehingga memutar balikakn smua fakta alias mengkmbing hitamkan org lain…
    saya hanya menghimbau kpada smua tmn2 masyarakat nias selatan dmnpun brada, mari kta mendukung BPk.Fahuwusa Laia..krn hanya dia yg pantas memimpin nias selatan..jgn qt beri kesempatan kpd org2 yg ujung2nya melakukan korupsi dan memperkaya diri sndiri,,skarang bnyk kampanye2 yg slalu tdk masuk akal dlm pkirn kita,ad yg mngtakan pendidikan Gratis,pnghpusan pajak,mana ad org mau pntar tp gratis..ni coba qt pikirkan,sharusnya tdk bgitu,tp dgn memberi beasiswa kpd org tdk mampu atau ank berprestasi,ni kmpanye yg besifat gombal mnggombal..ingat dlm melakukan pmbangunan itu ad aturanya jd bukan seenknya sndiri,ad jg undang2 yg mngatur ttng pmbangunan,,,klu emang pajak d hapus trus mau melakukan pmbangunan biaya drmn, klu bkan dr pajak,pa pkai uang kantong sndiri,pajak itu bukan di hapus tp dikurangin,,belum2 aja udh bnyk qt dengr ttng korupsi2 yg mreka lakukan…korupsi tentang koperasi,,pengadaan kapal laut yg akhir2 d jual kembali,tp uangny ndk jelas arahnya…jd mari kita membuka mata utk mlihat smua fenomena ini..jgn terpngaruh dngn bnyk isu2..smua maslh yg trjadi seakan2 di arahkn smua kpd BPk Fahuwusa Laia,padhal mreka sndiri yg mlakukan…ingat disini saya berbicara saya tdk punya ikatan dgn Bpk Fahuwusa Laia,dan saya jg tdk d bayar..tp sy hany memberikan pmahaman kpd msyarakt nias,agar mereka lbh tau sharusnya yg trjadi,,dan tdk terjerumus dgn kekuatan uang..krn ini sngt membahayakn sistem demokrasi dan merusak nilai2 budaya qt.maju trus nias selatan….Tuhan memberkati kita smua.

  9. 9
    pena gulo Says:

    kalau menurut pendapat saya,yang mempunyai peluang besar adlah nomor urut 1 karna daerah pemilihan lolowa”u dan lolomatua cuman dia anak daerahx.maka bagi yang lain berikanlah yang terbaik buat kampung dan kabuapaten kita yang terbaik.kwkwkwkwkw

  10. 10
    Tony Giawa Says:

    Menurut saya, bakal calon yang mempunyai peluang besar ialah bakal calon no. 3, Sebab beliau adalah merupakan pemimpin yang mampu bekerja dengan baik, beriwibawa dan dapat di percaya. Succes buat pasangan no. 3……… lanjutkan !!!

Pages: [1] 2 » Show All

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

April 2010
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930