Medan – Akibat mundurnya Binjai selaku tuan rumah Pekan Olahraga Wilayah Sumatera Utara (Porwilsu) ternyata berdampak terganggunya persiapan di beberapa cabang olah raga.

Namun demikian agar Porwilsu tetap berlangsung sukses, maka KONI Sumut mengambil kebijakan dengan menunjuk Pengprov PSSI Sumut sebagai penyelenggara cabang sepak bola Porwilsu wilayah II yang seyogianya berlangsung di Binjai.

Sekum PSSI Sumut Coking Susilo Sakeh didampingi Ketua III Bidang Kompetisi, Status dan Alih Status Dr M Nur Rasyid Lubis SpB FinanCS dan Ketua Biro Kompetisi Drs Azzam Nasution MAP mengatakan hal ini di Pengprov PSSI Sumut Jalan Sekip Baru Medan, Rabu (7/4).

Dijelaskannya, pada gelaran Porwilsu kali ini cabang sepak bola dibagi empat wilayah. Untuk Wilayah I yang berlangsung di Langkat diikuti Medan, Sergai, Karo, Dairi, Pak-pak Barat. Sedangkan wilayah II mencakup Binjai, Deli Serdang, Tebing Tinggi, Simalungun, Toba Samosir dan Samosir.

Wilayah III yang diikuti 9 tim berlangsung di Asahan. Kesembilan tim tersebut adalah Asahan, Tanjung Balai, Labuhan Batu, Pematang Siantar, Tapanuli Selatan, Batubara, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan dan Humbang Hasundutan.

Sementara itu Wilayah IV yakni Sibolga, Padang Sidempuan, Madina, Taput, Tapteng, Gunung Sitoli, Nias, Nias Selatan, Nias Utara, Nias Barat, Padang Lawas dan Padang Lawas Utara.

“Khusus untuk wilayah II di Medan kita masih menunggu masukan dari tiap-tiap peserta tentang apa saja yang menjadi kendala mereka jika even itu dilangsungkan di Medan. Selain itu, untuk pelaksanaan di Medan, kita masih menyesuaikan dengan jadwal Pilkada Medan,” ucap Coking.

Untuk itu pada Jum’at (9/4) pukul 15.00 WIB di sekretariat PSSI Sumut akan digelar rapat dengan para peserta wilayah II, serta tuan rumah tiap-tiap wilayah untuk membahas semua hal yang terakit dengan penyelenggaraan cabor sepak bola agar gelaran Porwilsu berlangsung sukses.

Kemudian pada Sabtu (9/4) nanti PSSI Sumut akan menggelar seleksi pembentukan Timnas U-14 yang berlangsung di Stadion Teladan Medan sejak pukul 07.00 WIB.
Dari hasil seleksi ini nanti akan dipilih tiga pemain yang akan dilibatkan pada seleksi nasional yang berlangsung di Jakarta, Minggu (11/4) guna disertakan mengikuti AFC U-14 Festival of Football di Kota Kinabalu Malaysia 24 April – 6 Juni 2010 mendatang.

Tiap-tiap sekolah sepak bola (SSB) yang ingin mengirim pemainnya mengikuti seleksi ini dapat mengutus dua pemain. Adapun kriteria yang ditetapkan PSSI di antaranya, pemain tersebut kelahiran 1 Januari 1996 yang memiliki tinggi badan minimal 165 cm. Selanjutnya menyediakan akte kelahiran, ijazah SD, rapor SD, kartu keluarga dan KTP orang tua.