Sibolga – Bandar udara Ferdinan Lumbantobing (Bandara FL Tobing) yang berada di Kecamatan Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah pada anggaran 2010 ini, menerima kucuran dana bantuan dari APBN pusat senilai Rp9 miliar rupiah untuk pembangunan fisik sarana pendukung aktivitas di areal Bandar udara tersebut.

“Tahun ini, kita menerima dana Rp9 M untuk pembangunan fisik meliputi overlay atau pelapis landasan pacu, pembuatan pagar pengaman dan pagar pembatas, perluasan gedung dan penambahan daya listrik,” kata Kepala Bandara FL Tobing, Paul B Sianturi, baru-baru ini.

Ia juga menjelaskan, pada akhir April 2010 ini, bandara FL Tobing akan diramaikan dengan penerbangan armada baru jenis Wings ATR 72-500 buatan perancis milik anak perusahaan Lion Airlines  dengan daya tampung penumpang sebanyak 72 seat.

“Pertengahan bulan ini, kami akan melakukan pertemuan dengan pihak manajemen Wings airlines untuk menyusun jadwal penerbangan yang akan disesuaikan dengan jadwal yang sudah ada,” ujarnya.

Paul menambahkan, pihaknya juga berkordinasi dengan daerah hinterland seperti Pemkab Tapteng, Pemko Sibolga, Pemkab Tapsel dan Pemko P. Sidimpuan agar turut berperan aktif dalam hal penggunaan jasa transportasi penerbangan via bandara ini.

Penerbangan Wings Airlines ini akan melayani rute Sibolga–Jakarta, Penang, Batam, Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar dengan sistem transit pesawat di bandaran Polonia, Medan. “Tiket bisa dipesan melalui agen kapal dengan rute yang dilayani,” tukasnya.

Dikatakan, kondisi runway bandara sepanjang 2.280 meter dan lebar 30 meter bisa menampung pesawat berbadan lebar, seperti armada Wings Airlines tersebut. Penerbangan sebelumnya sudah tersedia melalui Bandara Pinangsori rute Sibolga-Medan menggunakan pesawat jenis Merpati Airlines CN235 berkapasitas 30 seat, dengan jadwal penerbangan Senin, Rabu, Jumat dan Sabtu. Kemudian, pesawat NBA berkapasitas 30 seat dengan jadwal penerbangan Selasa dan Kamis sementara untuk Minggu di bandara tidak ada aktifitas penerbangan.

Di tempat terpisah, anggota DPRD Tapteng, Jamarlin Purba mengaku salut dan bangga memandang sepak terjang Kepala Bandara FL Tobing, Paul B Sianturi yang cukup proaktif dalam membangun kemajuan bandara khususnya wilayah hinterland di pantai barat Sumut.

Ia berharap, perjuangan Kepala bandara tersebut mendapat dukungan penuh seluruh daerah karena hal itu demi mengangkat taraf kesejahteraan hidup masyarakat dan kemajuan pembangunan daerah sekitar sembari berharap juga seluruh program tersebut dapat terlaksana dengan baik. (Analisa, 6 April 2010)

Facebook Comments