Au pair: Membangun Jembatan Kuliah di Luar Negeri dengan Biaya sendiri

Wednesday, April 7, 2010
By fune

TRIER (NO) –  Selepas SMU, Desi sama sekali tak tertarik mendaftarkan diri ke bangku kuliah bersama teman-temannya. Ia malah mengikuti kursus bahasa Jerman. Ia berencana ingin menjadi au pair dan merintis jalan kuliah di luar negeri dengan biaya sendiri. Apa itu au pair?

Au pair berasal dari bahasa Perancis, berarti “setara dengan”. Au pair adalah pemuda/pemudi yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga dan penjaga anak di keluarga tuan rumah di negeri asing. Dari namanya terlihat bahwa au pair memiliki kedudukan setara dengan keluarga tuan rumah. Ini sesuatu yang berbeda dengan kedudukan pembantu rumah tangga dengan tuan rumah di Indonesia.

Apa keuntungan menjadi au-pair? Lamanya masa au pair yang rata-rata 1 tahun menjadi batu loncatan untuk mengenal bahasa dan budaya asing, mengenal kota tempat tujuan belajar, mencari info tentang universitas tujuan belajar, dan informasi mengenai kemungkinan untuk bekerja selama kuliah. Au pair berhak akan uang saku, kesempatan mengunjungi sekolah bahasa, makan dan kamar pribadi di rumah keluarga tamu. Uang saku yang didapatkan au pair memang tidak besar. Namun karena mereka tak perlu membayar makan, sewa kamar, dan asuransi sendiri, jumlah saku mereka terhitung sangat besar untuk pekerjaan sampingan mahasiswa biasa.

Au pair memiliki tradisi lama di negara-negara Eropa dan Common Wealth (mantan jajahan Inggris). Pada abad pertengahan ada tradisi, pemuda yang ingin menjadi ahli keterampilan tertentu diharuskan berguru pada beberapa ahli di berbagai tempat. Dengan begitu mereka berpetulang, meninggalkan rumah orang tuanya dan menjelajahi negeri asing.

Di Jerman abad 21, mayoritas pemudi memimpikan menjadi au-pair selama setahun di luar negeri untuk memperdalam bahasa asing dan mengenal “dunia” sebelum mereka untuk kuliah. Seringkali pengalaman selama menjadi au-pair menentukan bidang studi yang mereka ingin pelajari nantinya. Selanjutnya, kerja sambil kuliah pun tak menjadi masalah. Mayoritas mahasiswa membiayai hidup dan kuliah mereka dengan bekerja. Hanya remaja yang dilahirkan dari keluarga kaya yang beruntung di Jerman, bisa menghabiskan waktu sepenuhnya untuk belajar tanpa harus bekerja sampingan.

Apa syarat menjadi au pair? Biasanya au pair adalah pemuda/pemudi yang berusia antara 17 – 27 tahun (pada beberapa negara sampai 30 tahun), belum punya anak, serta belum menikah. Mayoritas peserta au pair adalah perempuan. Namun demikian au pair laki-laki mendapatkan kesempatan lebih besar karena orang tua tunggal yang hanya memiliki anak laki-laki cenderung memilih mereka agar anaknya memiliki teladan laki-laki. Syarat lainnya adalah tak terlibat narkoba.

Di mana saya bisa menjadi au pair? Di negara berbahasa Inggris: Inggris, Amerika Serikat, Australia, New Zealand, Belanda, Kanada (di Kanada, au pair juga bisa merawat orang sepuh atau orang cacat). Negara berbahasa Jerman: Jerman, Austria, Swiss. Negara berbahasa Prancis: Prancis, Swiss, Kanada. Negara lain: Belanda, Filandia, Itali, Spanyol. Peraturan menjadi au pair berbeda-beda di setiap negara. Namun demikian, ada syarat yang sama, pengetahuan bahasa dasar negara tujuan.

Bagaimana caranya menjadi au pair? Para calon au pair bisa menghubungi calon keluarga tamu langsung lewat situs au pair langsung dari internet, atau bisa membuat sendiri profil diri di berbagai situs au pair. Pada dasarnya program ini tak membutuhkan biaya, karena keluarga tamulah yang menanggung biaya au pair berangkat dan tinggal. Para calon au pair bisa juga menghubungi agen au pair di Indonesia. Agen bisa membantu dalam persiapan dan komunikasi dengan keluarga tamu. Namun menjadi au pair dengan bantuan agen tidak lantas mudah. Jika muncul ketidakcocokan dengan keluarga tamu, seringkali agen berpihak pada keluarga tamu karena mereka mendapatkan bayaran dari keluarga tamu. Catatan lain, agen biasanya juga meminta biaya jasa sekitar Rp 1 juta (namun demuikian jumlahnya tetap tak sebanding dengan uang yang diterima dari keluarga tamu). Jadi ada baiknya untuk membangun jaringan dengan orang sebangsa yang tinggal di kota tujuan sebelum berangkat menjadi au pair.

Bagaimana memperbesar kesempatan menjadi au pair? Tentu saja pengalaman mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan bermain dengan anak. yang juga mutlak adalah kemampuan dasar bahasa negara tujuan. Hal lain yang menjadi keuntungan adalah pengalaman dan SIM mobil, kursus PPP3K, dan foto bersama anak.

Selamat mencoba! (fn*)

www.en.wikipedia.org/wiki/aupair
www.iapa.org/Docs/index/index.php4
www.cca-acaf.ca/index.htm
www.bapaa.org.uk/displaypage.asp?page=1
www.en.wikipedia.org/wiki/Au_pair_organization#Au_pair_Agencies
www.au-pair-society.org
www.ufaap.org

Tags:

19 Responses to “Au pair: Membangun Jembatan Kuliah di Luar Negeri dengan Biaya sendiri”

Pages: « 1 [2] Show All

  1. 11
    joice Says:

    maaf mau tanya saya, saya guru TK berumur 29 thn..
    masih boleh nggak melamar jadi au pair? tapi bahasa inggris saya kurang begitu lancar… apakah salah satu syarat jd au pair adalah TOEFEL yang tinggi..

    boleh ga kasih tau agen di indonesia yang terpercaya?

    thanks

  2. 12
    Aci Says:

    saya mau tanya… kalo jadi au pair di inggris udah bisa yah? kalo kemaren2 kan blm ada kerjasamanya?

  3. 13
    Donna Cathdewiadelle Says:

    Saya mw tanya kmrn saya mw apply program aupair untuk ke belanda tp terhalang umur yg mnginjak 26 thn Sept kmrn….ada info u/ negara yg msh menerima umur 26 keatas..thnx a bunch..^_^

  4. 14
    gigs , hire , freelancer Says:

    Gigzon – Hirе Freelanceгs from $1 to $100.
    Looking for gіgs? Makе money fгom hοme by providing small businеss sеrviсes.
    Dеliѵеr your gig and earn moneу
    onlinе.

  5. 15
    mawarsari Says:

    hy, there….
    Confirm dunk negara di Eropa yg masih nerima au pair umur 28 taon. Ntr gw umur 28 next month.
    Makasi much,,,

  6. 16
    alamat auto2000 bandung Says:

    Today, I went to the beach front with my children. I found a
    sea shell and gave it to my 4 year old daughter
    and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She
    placed the shell to her ear and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her ear.
    She never wants to go back! LoL I know this is entirely off topic but I
    had to tell someone!

  7. 17
    hotman sinaga Says:

    Kalau program aupair ini ada ngak di negara-negara yang berbahasa Inggris? dan setelah setahun habis kontrak apakah bisa langsung mengikuti kuliah di universitas disana.

  8. 18
    fune Says:

    @ joice: saya tidak bisa memberitahukan nama agen karena saya sendiri tidak punya pengalaman tentang agen.
    @ semua: peraturan tiap negara tentang aupair, misalnya tentang persyaratan umur aupair berbeda-beda. informasi lanjut tentang ini silahkan klik website yang sudah dicantumkan di artikel.
    @ hotman sinaga: negara2 berbahasa inggris juga mempunyai program au-pair. peraturan setiap negara berbeda-beda, bang. bagaimana pastinya peraturan, bisa ditanyakan ke pihak imigrasi/universitas di negara yang bersangkutan.

  9. 19
    doni Says:

    mbak fune, syarat dan ketentuan untuk program ini apa y/? kira2 umur 27 masih bisa? agustus depan sy 28..sy pngjr musik dr SD sampai SMa dan sy ingin merasakan budaya luar terutama dibidang musik nantinya..tlng infonya. mksh mbak

Pages: « 1 [2] Show All

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Kalender Berita

April 2010
M T W T F S S
« Mar   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930