Penundaan kunjungan Presiden Obama ke Indonesia dan Australia membawa hasil. DPR Amerika akhirnya memberikan persetujuan reformasi besar di bidang kesehatan di AS. Rancangan Undang-Undang ini berintikan perluasan jaminan kesehatan yang akan menjangkau hampir semua orang Amerika. Ini adalah kemenangan besar dan sangat mengesankan bagi Obama yang popularitasnya akhir-akhir ini merosot tajam.

Dengan persetujuan Kongres ini maka Obama akan mengukukuhkan RUU ini menjadi sebuah UU.

RUU Reformasi di bidang kesehatan ini merupakan prioritas politik tertinggi domestik Presiden Obama yang telah diperjuangkan sejak lama oleh para pendahulunya. Reformasi bidang kesehatan ini memperluas jangkauan jaminan kesehatan bagi orang-orang miskin, menerapkan berbagai pajak baru bagi orang-orang kaya dan melarang praktek-praktek asuransi seperti penolakan jaminan kesehatan bagi orang-orang yang telah memiliki penyakit sebelum mendaftarkan diri.

Sekitar 10 orang anggota Kongres dari Demokrat yang sebelumnya berencana menolak RUU ini berhasil diyakinkan oleh Obama dengan menyetujui persyaratan yang mereka tuntut: melarang penggunaan dana-dana federal untuk aborsi.

Pemungutan suara menghasilkan 219 yang menyetujui dan 212 menolak. Seluruh anggota Kongres dari Partai Republik dan 34 dari Partai Demokrat menolak RUU yang telah berbulan-bulan diperdebatkan itu.

UU ini akan mereformasi seperenam ekonomi Amerika, memberikan asuransi kesehatan bagi sekitar 32 juta orang yang sampai sekarang belum memilikinya dan melarang perusahaan asuransi menolak orang-orang yang telah sakit untuk ikut program asuransi.

Dalam sambutannya setelah pemungutan suara bersejarah itu, Obama mengatakan ini merupakan jawaban doa-doa dari orang-orang yang selama ini tidak memiliki jaminan kesehatan.

Kongres juga menyetujui sebuah RUU perubahan terpisah terhadap langkah-langkah yang telah disetuji Senat. Perubahan-perubahan ini akan dipertimbangkan oleh Senat di bawah aturan yang membutuhkan suatu mayoritas sederhana untuk melewatkannya di Senat yang beranggotakan 100 orang. Demokrat memiliki 59 anggota Senat.

Para pengeritik RUU ini mengatakan reformasi besar ini akan meningkatkan biaya kesehatan dan memperluas intervensi pemerintah terhadap keputusan-keputusan medis.

Presiden Obama diharapkan menandatangani RUU yang telah disetujui ini menjadi UU dalam beberapa hari ke depan. Senat akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memperdebatkan perubahan-perubahan yang disetujui Kongres dalam suatu UU terpisah. (VOA/ABC/CBC/brk*)

Facebook Comments