Medan – Setelah sempat terhenti dua bulan terkait dengan proses lelang, penerbangan perintis dari Sibolga-Gunung Sitoli dan Padang kembali beroperasi. Pengoperasian pesawat jenis cassa 212 seri 200 dengan operator Nusantara Buana Air (NBA) berkapasitas 21 penumpang itu dioperasikan sejak 1 Maret 2010.

“Penerbang perintis itu dioperasikan 2 kali dalam seminggu, yakni Selasa dan Sabtu,” demikian jelas Kasatker Bandar Udara Lasondre Pulau-Pulau Batu, Kabupaten Nias Selatan Saiful Bahri didampingi staf Irpansyah Putra SE kepada Analisa, Senin (8/3) di ruang kerjanya.

Untuk penerbangan Selasa, pesawat tersebut berangkat dari Medan-Sibolga-Gunung Sitoli-Pulau Telo-Sibolga-Pulau Telo-Padang. Untuk Sabtu dengan rute Medan-Sibolga-Pulau Telo-Gunung Sitoli-Pulau Telo-Padang.

“Sejak dibuka awal Maret lalu, animo penumpang terhadap penerbangan dari dan ke bandar udara Lasondre Pulau-Pulau Batu sangat tinggi. Tidak hanya pemerintahan, para turis asing juga banyak yang menggunakan pesawat tersebut,” kata Saiful. Soalnya, banyak turis ingin berkunjung ke Nias Selatan yang terkenal dengan laut dan pantainya yang indah.

Selain penerbangan perintis, lanjut Saiful, NBA juga melayani charter flight ke Bandar Udara Lasondre setiap hari Rabu dan Minggu pukul 12.00 wib dengan rute dari Padang dan Medan ke Pulau Telo. “Untuk tiket pesawat dari Sibolga ke Pulau Telo sekitar Rp 150 ribu, Binaka ke Pulau Telo Rp 150 ribu, Padang ke Pulau Telo Rp 190 ribu.

“Untuk penerbangan charter, mulai 1 Maret hingga 26 November mendatang sudah dikontrak oleh para turis yang berkunjung ke Padang, maupun turis yang masuk melalui Medan dengan tujuan ke Bandara Lasondre,” tandas Saiful. (Analisa, 8 Maret 2010)

Facebook Comments