Gunungsitoli Memiliki Tiga Potensi Sumberdaya Alam yang Patut Dikembangkan

Wednesday, December 23, 2009
By borokoa

Gunungsitoli awalnya merupakan ibukota dari Kabupaten Nias. Dengan keluarnya UU No. 47 Tahun 2008 Gunungsitoli kini berpisah dari pemerintah Kabupaten Nias, ia menjadi salah Kota tingkat dua di bawah Provinsi Sumatera Utara.

Ada enam kecamatan yang menjadi wilayah pemerintahannya yaitu Gunungsitoli Utara, Gunung Sitoli Alo’oa, Gunungsitoli, Gunungsitoli Selatan, Gunungsitoli Barat dan Gunungsitoli Idanoi.

Saat ini pemerintahan Gunugsitoli dipegang oleh Penjabat Walikota, tugas dari Penjabat antara lain melakukan penataan organisasi, melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, memfasilitasi terbentuknya DPRD Gunungsitoli dan memfasilitasi pemilihan kepala daerah.

Demikian diungkapkan Penjabat Walikota Gunungsitoli Drs. Martinus Lase, MSP kepada Analisa baru-baru ini. “Saya baru bertugas selama tujuh bulan dan akan mengakhiri tugas sekira bulan Mei 2010,”ujarnya.

Pembenahan
Selama ini, katanya, ia sudah melakukan berbagai pembenahan mulai dari penataan organisasi, memfasilitasi keberadaan DPRD Gunungsitoli dan melaksanakan tugas pemerintahan sebagai perpanjangan tangan tugas pemerintahan dari tingkat satu dan pusat.

Lase melihat, sesungguhnya potensi Gunungsitoli sangat besar, sayang potensi ini ‘didiamkan’ akhirnya tidak berkembang. “Terus terang, selama saya bertugas di sana, saya sering melakukan dialog dengan masyarakat dan melihat seluruh potensi kecamatan yang ada. Saya mencatat ada tiga potensi yang layak untuk dikembangkan,”ujarnya.

Ketiga potensi itu adalah, pertama, sektor pertambangan khususnya tambang batubara.

“Saya melihat ada satu daerah yang memiliki tambang batubara. Sayang potensi ini belum dilirik oleh pemerintahan sebelumnya padahal ini merupakan potensi yang cukup menyakinkan untuk dikembangkan. Melihat potensi ini saya lalu melakukan terobosan-terobosan agar para investor mau menjalin kerjasama dengan pemerintah kota dalam melakukan eksplorasi batubara tersebut.”

Investor
Menurutnya, ada beberapa investor yang sudah melirik, namun mereka menghitung batubara ini hanya bisa bertahan 30 tahun, setelah itu tidak dapat dieksplorasi lagi, sehingga mereka berpikir ulang untuk melakukan kerjasama.

Setelah ia berpikir, kalau diserahkan kepada investor selain batubara akan habis juga alam akan rusak, maka ia berpikir batubara ini untuk kebutuhan lokal saja. Bayangkan, kita hanya membangun power plan, bukan 30 tahun yang bisa diambil manfaatnya tetapi lebih 100 tahun, bahkan ini tidak akan merusak alam.

“Kita bisa menciptakan listrik dengan kekuatan 500 mega watt dari batubara ini. Bayangkan konsumsi lokal listrik seluruh Nias hanya berkisar 20 mega watt, jadi kita masih punya cadangan listrik 480 mega watt,” ujarnya Penjabat Walikota Gunungsitoli ini.

Pria berkacamata ini, kemudian menjelaskan potensi kedua yang dimiliki Gunungsitoli yaitu pertanian ada dua daerah yang masih menjadi lokasi pertanian yaitu Alo’oa dan Idanoi. “Ada ratusan hektare yang ada di dua daerah ini yang saat ini masih menjadi lahan pertanian. Bayangkan saya masyarakat Gunungsitoli mampu memproduksi beras 9000 ton perpanen dan ini dilakukan tiga kali dalam setahun maka bisa menghasilkan swasembada pangan. Masyarakat Gunungsitoli hanya memerlukan 10 ribu ton, sementara sisanya bisa dijual ke daerah lain.

Potensi yang ketiga adalah ikan tuna, Gunungsitoli memiliki laut, di beberapa tempat di kedalaman 3000 meter nelayan bisa menangkap ikan tuna. Jika para nelayan ini dibekali dengan alat-alat yang canggih maka tentu ikan-ikan tuna ini akan menjadi income. “Inilah potensi yang kita patut untuk dikembangkan, selain potensi lainnya seperti pariwisata dan lain-lain,” ujarnya.

Namun potensi ini tidak akan berkembang kalau tidak ada good will dari pemerintah pusat. “Sebagai daerah pemekaran kita memerlukan dukungan semua pihak baik itu pemerintah tingkat satu maupun pusat agar Gunungsitoli mampu berkembang dan menjadi kota yang patut untuk dilirik investor.

Sebagai Penjabat Walikota, ia yakin dan percaya sebenarnya Gunungsitoli khususnya dan Nias pada umumnya adalah daerah yang memiliki potensi sumber daya alam yang cukup besar, sayang selama ini belum mampu dikembangkan.

“Di sinilah kita berharap Gunungsitoli harus mampu membenahi dirinya menjadi salah satu kota yang bisa berkembang sehingga menjadi daerah tujuan para investor. Jika investor datang maka pasti akan dapat menampung tenaga kerja, sehingga masyarakat Gunungsitoli tidak perlu mencari pekerjaan ke luar daerah,”ujarnya mengakhiri pembicaraan. (Analisa Online, 23 Desember 2009)

7 Responses to “Gunungsitoli Memiliki Tiga Potensi Sumberdaya Alam yang Patut Dikembangkan”

  1. 1
    Bowo Telaumbanua Says:

    Saran untuk pak Pj.Walikota Gunungsitoli maupun para Bupati di Pulau Nias, sebelum memutuskan utk memberi izin eksplorasi potensi batu bara di Nias, sebaiknya anda meluangkan waktu utk melihat2 daerah yg memiliki bekas areal tambang mis: di Bangka Belitung(ex tambang timah), Bali dan Kalimantan sana, apakah anda juga menginginkan Pulau Nias yg luasnya hanya setelapak tangan begitu mengalami hal serupa???????.Bila alasan salahsatunya sebagai sumber energi, jelas Pulau Nias punya potensi gas melimpah yg relatif tidak merusak (off shore). Ataupun mengembangkan pertanian/perkebunan yg dapat menghasilkan energi terbarukan seperti pohon Aren,ubi kayu dsb, yang juga memberi dampak positif dalam pemberdayaan masyarakatnya…Demikian Ya’ahowu…

  2. 2
    fangato lase Says:

    Terima Kasih,saya bisa memberikan komentar disini. Saya Mendukung rencana pak Pj.Walikota Sepenuhnya. Karena disamping kita bisa menghemat energi batubara, kita juga dapat meningkatkan TARAF HIDUP Masyarakat di Nias. Dan ada satu hal yang ingin saya sampaikan, kepada Bpk.Pj Walikota yaitu agar membuat Sekolah-sekolah di tiap daerah terpencil yang tidak memiliki BANGUNAN SEKOLAH. Karena Pendidikan adalah Modal yang Penting, untuk Memajukan Bangsa kita. Siapa tahu,Nanti kita bisa Menemukan “Mesin” pengolah Batu Bara. Dan Penemu tersebut, siapa tahu saja bisa dari Daerah Kita.Karena FAKTOR UTAMA untuk Bertahan Hidup adalah dengan “Pendidikan”.
    Salam Penulis.
    Ya’ahowu.

  3. 3
    Bowo Telaumbanua Says:

    Dalam konteks POTENSI SUMBER DAYA ALAM NIAS dalam hal ini Gunungsitoli yang ingi saya sampaikan adalah :

    1. Manusia diciptakan dengan dianugrahi AKAL DAN PIKIRAN yang sangat esensial membedakan yang namanya MANUSIA dengan MAKHLUK lainnya di bumi ini. Bahwa dengan MEMBERDAYAKAN akal dan pikirannya sejatinya manusia mampu dan sanggup memilah milih yang TERBAIK diantara YANG ADA disekitarnya untuk dimanfaatkan dalam memenuhi kebutuhannya berasaskan pada pertimbangan besarnya manfaat yang didapatkan dengan kerugian/kerusakan yang seminimal sekecil mungkin.

    2. Manusia SUPER pada hakekatnya tidak pernah ada, yang ada adalah manusia yang sadar akan keterbatasannya dan berdaya upaya untuk keluar dari diri dan lingkungannya untuk meluaskan cakrawala wawasan berpikirnya dengan BANYAK – BANYAK MELIHAT DAN MENDENGAR, BANYAK – BANYAK BELAJAR DAN MEMBACA sehingga mengetahui apa yang terjadi diluar sana dan jika dia seorang pemimpin setiap kebijakan yang diambil tidak terpengaruh oleh ORANG – ORANG YANG BERMENTAL BRUTUS yang hanya menjerumuskannya mengambil keputusan yang membawa kesengsaraan berkepanjangan pada daerah dan masyarakat yang dipimpinnya.

    3. Sesungguhnya semua orang itu DAPAT menjadi PEJABAT bila diberikan kesempatan yang sama akan tetapi TIDAK SEMUA ORANG “BISA” jadi pemimpin meski tersedia kesempatan serupa, sebab HANYALAH ORANG – ORANG yang MAMPU dan SANGGUP memberdayakan akal dan pikirannya untuk mengoptimalkan sumber daya yang ada dan memotivasi orang – orang yang dipimpinnya untuk bangkit dan bersama – sama berupaya mencapai hal- hal yang diinginkan untuk kemajuan dan kemaslahatan bersama.
    Demikian …SELAMAT BERPIKIR DAN BEKERJA … Ya’ahowu…

  4. 4
    Verianto Telaumbanua Says:

    kalau boleh wisata yang ada di pulau nias coba lebih di perhatikan lagi,, apalagi kan pantai yang ada dipulau nias saya rasa hampir sama dengan bali,, balikan bisa terkenal seluruh Dunia karna wisatanya mengapa ngak dengan pulau nias,, Ya’ahowu PULAU NIAS MAJU TERUS (NEVER-NEVER GIVE UP)

  5. 5
    baloghelmi Says:

    kunjumgan pertama saya ke nias memberi kesan mendalam, Bertapa indah pulau ini, Namun sayang, hanya beberapa kilo meter dari pusat kota Gunung sitoli dekat teluk belukar , masih ada rakyat Bangsa Nias yang hidup tanpa jalan keras, listrik maupun air bersih yang memadai, bila hujan jalan tidak dapat dilalui kendaraan,Malam gelap gulita, anak-anak usia sekolah membludak, kulitnya sebagian penuh kudis, Desa itu dipanggil desa nelayan.
    Saya kira dari pada kita mengurus bisnis besar, yang nataben hanya memberi keuntungan besar pada investor, Lebih baik pemerintah memberi pemberdayaan kepada penduduk miskin berupa sarana minimal bagi penduduk yang tinggal di desa-desa pelosok Nias, Memberi penerangan tentang keluarga berencana, merubah pola pikir rakyat agar aktif bergotong royong membangun desa,membangun ekonomi desa dengan memberi modal bergulir, sehingga masyarakat dapat bangkit dari kemiskinan dan bekerja dengan trampil karna mendapat pendidikan yang memadai.
    salam
    balog

  6. 6
    Mei Son Elias Telaumbanua Says:

    sektor pertanian di nias masih bisa di kembangkan lagi di nias, dari yg saya ketauhi. kita hanya tau memanen tanpa memperhatikan segi kesehatan dan keselamatan dari tanaman. Contohnya ea, perkebunan kakao, tanah skita sangat strategis dengan penanaman kakao. hanya saja saya melihat sebagian besar petani memanennya saja yang rajin tanpa memperhatikan pemeliharaan. jarak antara tanaman piun tidak di perhatikan. mohon lah bagi para pejabat daerah untuk sebaiknya terjunlangsung memberikan penyuluhan bagaimana itu perawatan yang benar… thks. ini hanya sebagian kecil saja dari saran masih byk saran lain yang mungkin lebih baik.,..

  7. 7
    Ranus Zalukhu Says:

    semoga pemerintah pulau nias tidak mengarut harta sementara,,,hanya demi kepentingan sendiri,tetapi demi kepentingan masyarakat yang luas..

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

December 2009
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031