Sibolga – Memasuki minggu ketiga menjelang Natal dan Tahun Baru 2010, pengusaha kapal cepat Sibolga – Nias ketiban rezeki. Sejak akhir pekan lalu, lonjakan penumpang kapal cepat sudah mulai terlihat.

Jika pada hari biasa kapal cepat yang berangkat dari Pelabuhan Sibolga tujuan Gunungsitoli, Nias hanya satu unit maka sejak, Sabtu (19/12) kemarin hingga, Senin (21/12), kapal cepat yang berangkat ada dua unit.

“Apabila jumlah calon penumpang terus melonjak, kita bisa memberangkatkan kapal Jumbo Jet itu masing-masing empat trip per hari. Untuk Senin (21/12) pagi tadi, dua unit kapal Jumbo Jet yakni, Kapal MV Mikonata dan Kapal MV Surya Gemilang 2 masing-masing mengangkut 170 penumpang,” ungkap Reinold Simamora, pengurus kapal MV Surya Gemilang kepada MedanBisnis di Pelabuhan Sibolga.
Kendati begitu, hingga kini pihaknya tidak menaikkan harga tiket penumpang dari Sibolga ke Gunungsitoli. “Ongkos yang kita bebankan masih tetap yakni, Rp 136.000/orang,” sebutnya.

Dia menambahkan, penumpang yang berangkat dari Gunungsitoli ke Sibolga masih sepi lantaran umumnya orang dari Pelabuhan Sibolga yang menyeberang ke Nias itu tujuannya untuk merayakan Natal dan Tahun Baru di sana.

Reinold juga menyatakan, pihaknya tidak akan memberangkatkan kapal Jumbo Jet itu apabila melebihi kapasitas calon penumpang karena hal itu bisa berisiko tinggi. “Kita harus mengutamakan keselamatan penumpang, jika terjadi lonjakan lebih baik kita menambah armada dan merobah jadwal pemberangkatan kapal. Jika biasanyan kapal berangkat sekira pukul 9.00 WIB, dipercepat menjadi pukul 7.00 Wib.

Selain itu, lanjutnya, setiap kapal yang hendak berangkat harus mendapatkan pengawasan ekstra ketat dari pihak Administrator Pelabuhan (Adpel) Sibolga, guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. (Medan Bisnis Online, 22 Desember 2009)

Facebook Comments