Pada tahun 2007 hampir 17% energi yang dikonsumsi di Denmark berasal dari sumber-sumber energi terbarukan. Salah satu umber yang paling diandalkan adalah energi angin. Sebesar 30% energi listrik Denmark berasal dari sumber terbarukan, 20% di antaranya dari angin. Denmark telah menginstalasi sekitar 5300 turbin angin, 250 di antaranya memasok lebih dari 20% tenaga angin di Denmark. Di masa mendatang turbin-trubin angin kapasitas besar akan dipasang lepas pantai, yang menghasilkan energi dari kejauhan.

Bagian terbesar dari produksi energi terbarukan Denmark datang dari biomassa, termasuk limbah biodegradabel. Bila digabung dengan pemanfaatan efektif bahan bakar dalam sistem Gabungan Pembangkitan Panas dan Daya (Combined Heating and Power – CHP) – yang menghasilkan panas dan tenaga listrik dari bahan baka yang sama – maka biomassa menyumbangkan sebanyak 10% konsumsi energi total Denmark.

Pada bulan Februari 2008, parlemen Denmark menyetujui kebijakan enegi Denmark untuk masa depan, yakni peningkatan proporsi energi terbarukan Denmark menjadi 20% pada tahun 2011. Pada tahun 2020, proporsi itu diharapkan meningkat menjadi 30%. (Sumber Situs COP15/brk*).

Facebook Comments