Hasil Pengumuman Penerimaan PNS di Nias Barat Kacau ; Nama Tidak Sesuai Nomor Ujian

Medan – Hasil pengumuman Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Nias Barat dinilai kacau balau dan membingungkan.

Hal ini terindikasi adanya kecurangan dalam menetapkan calon PNS yang lulus.

Seperti halnya hasil pengumuman CPNS yang telah diumumkan pada Senin 7 Desember 2009, banyak nomor ujian yang tertera pada lembar pengumuman berbeda dengan nama peserta ujian. Jumlah ini ditemukan sekira 40 orang.

Demikian disampaikan salah seorang peserta ujian CPNS Kabupaten Nias Barat, Elvis Karsa Waruwu yang datang ke Analisa berikut menyerahkan bukti-bukti dugaan kecurangan, Kamis (10/12) malam.

Disebutkannya, hasil pengumuman CPNS di Nias Barat sarat dugaan adanya kecurangan. Dicontohkan, nomor ujian 030107 01 3019 atas nama Sozonolo Daeli, sementara pada lembar pengumuman nomor yang bersangkutan tercatat atas nama Dodi Tribuna.

Begitu juga dengan nomor ujian 03033003 2555 atas nama Vercelly Daely seharusnya nomor ujian itu atas nama Elvis Karsa Waruwu.

Ironisnya, ujar Waruwu, ada peserta yang tidak ikut ujian dengan nomor 03011301 2930 atas nama Novita S Zega dinyatakan lulus.

Menurutnya, hasil pengumuman ini terindikasi terjadi KKN yang dilakukan oleh oknum pejabat Nias Barat.

Dikatakan, berdasarkan penjelasan dan informasi dari Kepala BKD Nias Barat, Joko Halawa sekaligus ketua penerimaan PNS Nias Barat, Zemi Gulo pada Selasa 8 Desember 2009, bahwa yang dinyatakan lulus PNS adalah yang namanya tertera di lembar pengumuman meskipun nomor ujian yang tertera berbeda.

Atas hal tersebut, para peserta ujian yang nomor ujiannya tertera, tetapi dengan nama berbeda merasa dirugikan dan akan menempuh jalur hukum. Mereka meminta agar pejabat Nias Barat menunjukkan bukti-bukti yang menyatakan bahwa nama yang tertera pada lembaran pengumuman benar-benar lulus. Antara lain dengan menunjukkan lembar jawaban ujian yang telah diverifikasi Universitas Indonesia 9UI).

“Jika permohonan kami diabaikan oleh panitia penyelenggara, maka persoalan ini akan ditempuh melalui jalur hukum dan menyurati Gubsu, dan Mendagri sebagai penanggungjawab penerimaan PNS 2009,” kata Waruwu. (Analisa Online, 10 Desember 2009)

Komentari

ucok zebua says:

yaahowu fefu….

Saya trtrik dengan coment tmn2 putra nias…pd topik cpns nisbar yg kco balau. Sya stuju dg coment bpk evi hia…pd intiny mngtkn bhwa lulus cpns yg bnr adlh nama yg disahkn bkn nmr..kjdian sprti ini jg tdk hny trjdi dnias dslrh indonesiapun trjdi, ttp yg dshkn adlh nama.
Hrpn sya …jgn trllu bnyk mengkritik tetapi
Mari mncari lbih bnyk solusi.
Kl cpns dnias dbtlkn…yg rugi bkn indonesia….
Nias sendiri…byngkn….pa gta ga kcian mliht wjh nias yg sdg mnangis…………

Ya,ahowu

krisyanto harefa says:

Cerdiklah seperti ular dan bijaklah seperti merpati.
klo mo KKN jgn tanggung2, profesional donk.

victor says:

bussssssssssetttttttttt
nias barat tanmbah kacau
kalo keg gn……….

menurut saya…
CPNS yang sudah lulus ujian tuh
digagalkan aja…..
dengan alasan, hasil seleksi tersebut tidadak sah……
jadi mendingan di ulang lg deh ujiannya…..
hehehehehehhe
kwkwkwkwk

sukadamai laia says:

saya berharap kepada pemerintah NIAS BARAT, segera di tuntaskan masalah CPNS 2009. yang mana saya seorang mahasiswa,UDA MEDAN.
Merasa prihatin atas lambatnya penanganan masalah ini. saya harap supaya di selesaikan secepat nya. jangan sampai berlarut2 masalah ini nanti masuk angin {basi}.
saya duga ada permainan politik di balik semuanya ini…
harap di tuntaskan secara damai dan ADIL.

saohagolo YAAHOWU.

Ama Evi Hia says:

Yahowu fefu mbanuada …. Yahowu yafaoma itolo ita Soaya.

Kami tertarik sekali komentar-komentar terutama respon No. 15 di atas, tentang Pengumuman Penerimaan CPNS di Nias Barat Kacau: Nama Tidak sesuai Nomor Ujian …. ini sangat baik kita urung pendapat demi kebaikan Nias Barat ke depan.

Bp/Ibu/Sdr/i. warga Nias Barat yang kami hormati, terutama yang dinyatakan tidak lulus karena yang diakui Lulus pada ujian saringan masuk CPNS di Nias Barat adalah nama orang yang tertera di papan pengumuman bukan Nomor Ujian.

Ok …. sekali lagi Bp/Ibu/Sdr/i. … yang tidak berhasil Lulus pada saat ini, mari kita panjatkan doa bersama …. atas orang-orang yang membuat kebijakan dan keputusan ini.

Kalau murni kelulusan itu adalah yang tertera nama bukan nomor, sekali lagi kita panjatkan syukur kepada Tuhan Yesus agar orang-orang itu di berkati Tuhan dan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab ke depan demi Citra Nias Barat.

Tetapi kalau tidak benar, tolonglah kita selesaikan dengan kekeluargaan, jangan jalur hukum karena ini mengakitkan Nias Barat dan lebih-lebih pengambil Keputusan, sebab kalau yang salah pasti di hukum atau paling di penjara, dan yang menang itu hanya di dunia ini dia merasa bahagia. Biarkanlah yang berbuat salah di kutuk atau di hukum oleh Tuhan Yesus tujuh turunan, karena yang lulus dikatakan kalah dan yang kalah dikatakan lulus, itupun kalau benar-benar terjadi.

Nah marilah kita doakan yang mengambil keputusan biarlah putusannya benar-benar bijak, baik di dunia maupun di akhirat karena kita tau pengambil keputusan di Nias Barat itu adalah orang-orang pelayan Tuhan Yesus di samping tugas dan tanggung jawabnya di pemerintahan.

Demikian apa yang kami sampaikan Tuhan Yesus menolong kita semua.

Ama Evi Hia 021-68251629 n 0812 1870 4569

Pdt Darma Hia says:

Saya sebagai putra nias barat, dan sekaligus sebagai penyeru suara kenabian,sejarah kerajaan bangsa israel membuktikan bahwa ketika pemimpinnya tidak taat terhadap hukum maka bangsa itu mengalami kemunduran dalam segala aspek….klo saya relevansikan dengan keadaan nias barat saat ini maka yang seharusnya kerinduan kita bersama adalah supaya nias barat bertumbuh menuju kedewasaan baik secara spritual maupun moril…pertanyaanya adalah sudahkah diwujudkan pemimpin kita saat ini? Klo blum, siapa yang mau maju,..apa bisaaa… harapanku jadilah seperti raja salomo yang bijak, eh, tapi jangan berpoligami..cukup satu supaya jangan bertambah banyak dosa,…warning..siapapun sdr di Pemkab di NISBAR ingangt bang gayus ya..dilarang nyusul sebab haram hukumnya.

denis laia says:

hahahahhahaeeeeeeeeee………. kenapasih……… semua cpns semua kacau balo yang adil donk dan yang jujur klo interviun cpns jng main cuurrrrrrrang. makanya seluruh nias itu gak pernah maju krn kayak gini ni………!!!!!!!!!! dan jangn main sogoan dnk jng yang menang kalah yang kalah jadi menang janagan sampai ada hati itu ok………. map aj ya klo kata2 gua kurang menyenangkan dalam hati kalian sptu yanggg curangggggg.saya maha siswa UNJ Di jakarta timur.

NOVITA GOWASA says:

saya sebagai mhs fak hukum di slh 1 provsu,mo bilang nias barat tu kn ru mekar n ru dknal dberbagai daerah,shrusx jgn timbulkn brbgai proplem spt prnyataan diatas.klo leh pk bkd yg benar di adilkn okeyyyyyyyyyyyy,,ya’ahowu……

siprianus daeli says:

hahahahahhahhahahahahahahhaahahahahh…………aga la lau man6 kh6da////ada saat2nya kena juga mereka

ariel lahagu says:

yaahowu…………….
not conflic but consensus lebih mengutamakan berdiskusi dari pada berdebat