Nias tak agendakan kegiatan sambut tahun baru

MEDAN – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kabupaten Nias, Sumatera Utara (Sumut) tidak mengagendakan kegiatan pariwisata dalam menyambut datangnya tahun baru 2010.

“Baru-baru ini kami disibukkan mutasi kepala dinas, sehingga tidak ada agenda kepariwisataan menyambut tahun baru di Nias,” kata Staf Bidang Kebudayaan Disbudpar kabupaten Nias, Herman, tadi pagi.

Herman mengatakan, bahwa pemerintah setempat masih disibukkan dengan agenda pemekaran yang telah disahkan beberapa bulan lalu, sehingga sedikit banyaknya mempengaruhi kegiatan pariwisata kabupaten kepulauan itu.

Selain itu, katanya, beberapa tahun belakangan ini, Disbudpar Nias dan kabupaten lain di sekitar Nias tidak memiliki agenda wisata yang besar untuk mendatangkan wisatawan mancanegara, seperti kejuaraan surfing dunia.

Herman menambahkan, kegiatan akbar yang dilaksanakan Pemkab Nias terakhir sekitar tahun 2001, terlebih setelah gempa tahun 2004 hingga kini, kegiatan pariwisata bertaraf internasional tidak lagi diselenggarakan.

Diakatakan, ombak laut Nias menjadi tantangan tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Sehingga, tambahnya, potensi alam itu menjadi produk wisata unggulan daerah itu.

Upaya meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara, Disbudpar kabupaten Nias melakukan promosi mengenai potensi alam itu ke berbagai daerah, salah satunya pada acara Medan Fair 2009 di Pekan Raya Sumatera Utara, Medan.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera utara, Nurliasa Ginting mengatakan, Nias merupakan daerah potensial dengan objek wisata alam dan budaya cukup menarik.

Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, Disbudpar Sumut telah melakukan berbagai promosi mengenai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

“Surfing merupakan salah satu minat wisata khusus yang kami tawarkan kepada wisatawan mancanegara dan cukup banyak diminati,” katanya.

Nurlisa berharap, berbagai kabupaten yang memiliki objek wisata yang potensial, agar menyelenggarakan rangkaian kegiatan guna menarik kunjungan wisatawan. (Waspada Online, 8 Desember 2009)

Komentari