DPRDSU kecewa pelaksanaan seleksi CPNS

Wednesday, December 9, 2009
By nias

MEDAN – Komisi A DPRD Sumut kecewa dengan pelaksanaan seleksi CPNS 2009 di sejumlah kabupaten/kota di Sumut. Termasuk masalah pengumuman hasil seleksi CPNS Pemko Medan yang tertunda sehari.

Kekecewaan itu disampaikan Sekretaris Komisi A DPRD Sumut, Nurul Azhar didampingi anggota Komisi A lainnya, Marah Halim Harahap dan Ramli, tadi malam.

Nurul mengatakan, Komisi A saat ini sedang menabulasi berbagai persoalan dalam penerimaan seleksi CPNS 2009 di Sumut. Termasuk berbagai temuan hasil peninjauan langsung mereka ke Universitas Indonesia (UI) di Jakarta dan Universitas Gajah Mada (UGM) di Yogyakarta.

Dia mencontohkan soal lima kabupaten/kota di Pulau Nias yang awalnya mengaku bekerjasama dengan UI namun setelah ditinjau langsung ternyata dibantah pihak rektorat UI. Begitupun dengan CPNS Tapanuli Tengah dan UGM yang ternyata MoUnya hanya sebatas pembuatan soal dan lembar jawaban.

Begitupun dengan pengumuman CPNS Pemko Medan yang sempat ditunda satu hari. ““Ada apa kok pengumuman CPNS Pemko Medan ditunda. Ini kan menimbulkan kecurigaan di masyarakat,” kata anggota Fraksi PPP DPRD Sumut itu.

Menurutnya sebagai ibukota Provinsi, Pemko Medan lebih siap dalam seleksi penerimaan CPNS dibandingkan Pemko/Pemkab lainnya di Sumut. Apalagi sebelumnya, BKD Pemko Medan menyatakan siap melaksanakan seleksi CPNS dan memilih bekerjasama dengan UI.

“Seharusnya mereka lebih siap, apalagi infrastrukturnya lebih bagus. Tapi kenapa bisa ditunda. Kita jadi bertanya-tanya siapa yang salah, apakah BKD Pemko Medan yang tidak siap atau justru pihak UI,” katanya.

Anggota Komisi A dari Fraksi Demokrat, Marah Halim mengatakan kecurigaan Komisi A semakin bertambah karena pihak UI sendiri terkesan menutup-nutupi proses seleksi CPNS Pemkab/Pemko yang bekerjasama dengan mereka.

“Bahkan dalam pertemuan dengan Komisi A kemarin, pihak UI tidak mau menjawab pertanyaan kami yang berkaitan dengan persoalan teknis pelaksanaan. Bandingkan dengan USU yang sangat transparan, sehingga sangat kecil kemungkinan adanya kecurangan,” katanya.

Karena itu, katanya, DPRD Sumut rencananya akan memanggil BKD Pemprovsu pada 15 Desember mendatang untuk membahas persoalan tersebut. “Kalau memang kesalahan di Pemkab/Pemkonya, maka kita merekomendasikan agar seluruh Kepala BKD Pemkab/Pemko yang bermasalah itu diganti,” tegas Nurul.

Karena itu, katanya, Komisi A DPRD Sumut akan mengusulkan kepada pimpinan dewan untuk membentuk Pansus CPNS untuk membahas berbagai persoalan terkait penerimaan CPNS 2009. “Ini penting untuk menanggapi keresahan masyarakat. Mulai dari adanya isu uang, sampai dengan pelaksanaan ujian. Ini bukti kami sangat serius menangani persoalan ini,” katanya. (Waspada Online, 9 Desember 2009)

Komentari

Kalender Berita

December 2009
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031