Buka Jalur Pelayaran; Tim Pemkab Aceh Singkil Kunjungi Nias

Wednesday, November 25, 2009
By nias

Singkil – Menindak lanjuti rapat kerja (Rakor) bidang ekonomi yang dilaksanakan bulan lalu tentang pembukaan jalur pelayaran Singkil-Gunungsitoli, Pemkab Aceh Singkil melakukan kunjungan muhibah ke kabupaten itu.

Untuk penjajakan kerjasama dan kunjungan muhibah, Pemkab Aceh Singkil telah memberangkatkan tim untuk melakukan pertemuan dengan Pemkab Nias, pekan lalu.

Tim ini dipimpin oleh Asisten Pembangunan dan Kesra, Ir Asmardin bersama staf ahli bupati bidang ekonomi dan kesra H. Asmaudin, SE dan Kepala Inspektorat Aceh Singkil, H. Alamsyah, SH. Turut serta sejumlah anggota dewan dan dinas instansi terkait.

Alamsyah kepada Analisa menyebutkan, pembukaan jalur pelayaran secara resmi ini sangat penting bagi kedua daerah. Apabila berjalan sesuai direncanakan, ini merupakan langkah bersejarah untuk kemajuan kawasan pantai barat dan Kepulauan Nias yang terdiri dari beberapa kabupaten.

Sebelumnya, Pemkab Aceh Singkil telah melakukan penjajakan kesepakatan dengan pihak ASDP yang akan membuka pelayaran menggunakan KMP Teluk Singkil. “Selanjutnya kita akan melakukan kesepakatan dengan Pemkab Nias,” kata Alamsyah.

Sebelum kesepakatan dilakukan, tim Pemkab Nias melakukan kunjungan menyangkut persiapan kunjungan resmi yang akan dilakukan Bupati Aceh Singkil

Dijelaskan, masyarakat Aceh Singkil sangat mengharapkan dibukanya jalur pelayaran tersebut. Karena etnis Nias merupakan salah satu suku paling banyak bordomisili di Kabupaten Aceh Singkil.

Etnis Nias mendiami beberapa desa di kawasan Pulau Banyak, Kecamatan Singkil dan sekitarnya. Beberapa di antaranya telah menjadi pejabat kabupaten dan anggota DPRK Aceh Singkil.

Tokoh masyarakat Aceh Singkil, H. Ismail Saleh Lubis menyebutkan, masyarakat sangat mendukung dibukanya jalur pelayaran ini. Pelayaran Singkil-Nias bukan merupakan jalur baru bagi masyarakat Aceh Singkil, tetapi telah terjadi sejak tahun 1830 lalu. (Analisa Online, 25 November 2009)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

November 2009
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30