MEDAN – Manajemen Universitas Sumatera Utara (USU) bakal menolak ratusan calon mahasiswa berprestasi dari 26 daerah melalui jalur Penulusuran Minat dan Prestasi (PMP) tahun akademik 2010 / 2011 termasuk juga kota Medan. Penolakan itu sebagai imbas dari sikap 26 daerah yang tidak menjalin kerja sama pembuatan naskah ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2009 di Sumut.

“Kalau mereka (26 daerah, red) itu tidak mau kerja sama dengan kita, mengapa pula kita menampung calon mahasiswa berprestasi dari mereka. Itukan tidak fair namanya,” tegas rektor USU, Chairuddin Panusunan Lubis, tadi malam.

26 daerah yang ditolak itu, 19 di antaranya menjalin kerja sama dengan Universitas Indonesia (UI). Yakni Langkat, Binjai, Medan, Serdang Bedagai, Batubara, Asahan, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Tanah Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Samosir, Kota Gunung Sitoli, Nias, Nias Selatan, Nias Barat, Nias Utara, Kota Pematang Siantar dan Sibolga.

Kemudian tiga daerah, yakni Toba Samosir, Padang Lawas dan Kota Padang Sidimpuan menjalin kerja sama dengan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo. Berikutnya tiga daerah lagi menjalin kerja sama dengan Universitas Padjajaran Bandung. Yakni Kota Tanjung Balai, Mandailing Natal dan Padang Lawas Utara, serta satu daerah, yakni Tapanuli Tengah menjalin kerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM).

“Kita hanya menerima calon mahasiswa PMP 2010/2011 dari Kota Tebing Tinggi, Tapanuli Selatan, Labuhanbatu, Deli Serdang dan Humbang Hasundutan. Karena lima daerah ini bersama Pemprov Sumut menjalin kerja sama dalam seleksi CPNS dengan kita,” ungkap Chairuddin.

Menyangkut jumlah calon mahasiswa PMP 2010/2011 dari 26 daerah yang ditolak itu, Chairuddin mengaku tidak bisa merincikannya. Karena formasinya belum dibuat. Begitupun dia memperkirakan sekitar 1.000-an orang. Hal ini didasarkan pada formasi PMP USU 2008/2009 sebanyak 1.497 orang dan formasi PMP USU 2009/2010 sebanyak 1.341 orang.

“Jumlahnya belum pasti, tapi sekitar 1.000 orang. Karena jumlah itu merupakan hasil penjaringan pihak sekolah di seluruh daerah Sumut yang mendapat kuota sekitar 30 persen untuk diterima masuk USU melalui jalur PMP,” tandasnya. (Waspada, 23 November 2009)

Facebook Comments