Gunungsitoli – Membangun manusia yang berkualitas dan bermanfaat merupakan tanggung jawab penuh guru. Untuk itu, diharapkan kepada guru agar memberikan perhatian dan tanggung jawab yang baik dalam mendidik para siswa, hingga mutu pendidikan lebih baik dan sebelumnya.

Hal itu diungkapkan Walikota Gunungsitoli Drs Martinus Lase, MSP di hadapan sejumlah guru SMAN 1 Gunungsitoli, saat melakukan Sidak di dua sekolah yakni SMAN 1 Gunungsitoli dan SMAN 3 Gunungsitoli,Rabu, (21/10).

Tujuan sidak yakni untuk meningkatkan mutu pendidikan dan disiplin.

Dalam membanguan dunia pendidikan dibutuhkan anggaran yang cukup besar, Pemerintah Kota Gunungsitoli pada tahun 2010 dalam dunia pendidikan merencanakan anggaran sebesar 20 persen. Hal ini menjadi dosa besar jika kita tidak bisa membuat pendidikan lebih berkualitas, tegas walikota.

Walikota mengatakan, jika kedepan terjadi pemindahan lokasi tugas itu merupakan ladang pengabdian seorang pegawai negeri sipil kemanapun ditempatkan.

Pasca gempa berbagai pembangunan fisik dilakukan hingga biaya hidup di Nias cukup mahal, namun tidak disadari bagaimana dengan penguatan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat, penanggulangan pengangguran dan aspek lainnya.

Selain itu, saat ini harga kekompakan di Nias sangat mahal, namun yang banyak saat ini di Nias hanyalah saling melaporkan dan salin menjatuhkan. Untuk itu diharapkan dalam membanguan Kota Gunungsitoli yang “Samaeri” dibutuhkan satu langkah dan kekompakan dari seluruh emelen masyarakat Gunungsitoli.

Sementara Kepala SMAN 1 Gunungsitoli, Bozisokhi Zai, S.Pd menyampaikan rasa kebanggan dan merupakan penghargaan bersar bagi pihaknya atas kehadiran walikota pertama kalinya di SMAN 1 Gunungsitoli.

Saat ini di SMAN 1 Gunungsitoli masih banyak kekurangan khususnya dalam tenaga pengajar,seperti , guru seni, guru komputer, guru antropologi, guru sosialogi dan guru mulok, selanjutnya pihaknya juga kekurangan tenaga administrasi yang saat ini hanya 4 orang yang seyogyannya 10-14 orang dengan jumlah siswa sebanyak 950 orang dengan 20 ruang.

Ditempat terpisah Walikota Gunungsitoli saat sidak di SMAN 3 Gunungsitoli, Walikota Gunungsitoli didampingi Kepala SMAN 3 Gunungsitoli Darni Tanjung hanya melakukan peninjauan di beberapa ruang kelas dan ruang guru.

Walikota Gunungsitoli dalam sidak didamping Plt Kepala Pendidikan Gunungsitoli, Drs Nehemia Harefa, MM. Plt Kepala Bappeda Kota Gunungsitoli, Ir Efi Yuniman Mendrofa. Plt Kepala Dinas Pendapatan dan, pengelolaan Keungan da Aset daerah Kota Gunungsitoli, Drs Edison Ziliwu, MM, M.Si. (Analisa, 21 Oktober 2009)

Facebook Comments