Hubungan Laut Aceh Singkil-Nias Segera Dibuka

Saturday, October 24, 2009
By nias

Singkil – Hubungan laut dari Singkil, Kabupaten Aceh Singkil dengan Gunung Sitoli, Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara segera dibuka dengan pelayaran KMP Teluk Singkil.

Untuk merintis jalur pelayaran ini, pihak Pemda Aceh Singkil telah melakukan berbagai pembicaraan dengan pihak ASDP menyangkut teknis pelayaran, seperti izin membuka trayek pelayaran dari Singkil-Gunung Sitoli dan berbagai hal lainnya.

“Beberapa kali pertemuan telah dilakukan dengan pihak ASDP. Selanjutkan dalam waktu dekat direncanakan akan dilakukan pertemuan dengan Pemkab Nias untuk memuluskan langkah itu,” kata Bupati Aceh Singkil melalui Asisten II Setdakab, Ir. Asmardin MM, kepada Analisa di Singkil, Kamis (22/10).

Disebutkan, dibukanya jalur pelayaran Singkil-Gunung Sitoli ini sangat penting. Selain untuk perkembangan pembangunan di dua kawasan, Nias dan pantai barat selatan Aceh, juga karena hubungan historis antara Aceh Singkil dan Nias.

Dikatakan, sejak lama telah terjadi hubungan antara Aceh Singkil dan Nias yang ditandai dengan banyaknya warga Aceh Singkil yang berasal dari Nias. Bahkan ada satu kampung di Kepulauan Banyak didominasi oleh warga keturunan Nias.

Hubungan Nias dengan Singkil lebih dekat hanya 59 mil dengan waktu tempuh sekitar 6 jam. Dibandingkan dengan Gunung Sitoli-Sibolga sejauh 80 mil waktu tempuh sekitar 8 jam. Begitu juga melalui jalur darat menuju pusat bisnis Sumatera yakni Medan sekitar dua jam jarak tempuh lebih singkat dari Singkil dibanding dari Sibolga menuju Medan, kata Asmaudin.

Sementara itu tokoh masyarakat Aceh Singkil, H. Ismail Saleh Lubis menyebutkan, masyarakat Aceh Singkil sangat mendukung dibukanya jalur pelayaran ini. Menurutnya, hubungan dengan Nias bukan hal baru bagi warga Aceh Singkil, karena telah terjadi hubungan pelayaran sejak tahun 1830 lalu. (Analisa Online, 24 Oktober 2009)

4 Responses to “Hubungan Laut Aceh Singkil-Nias Segera Dibuka”

  1. 1
    Delpi J. Hulu Says:

    Saya sangat setuju dengan rencana ini. Semoga segera terwujud

  2. 2
    Zuari Says:

    saya juga setuju… maju Aceh Singkil & Nias ..

  3. 3
    hendrawan Says:

    sudah dibuka tuh pelayaran nias-singkil

  4. 4
    Yantorius Ndruru Says:

    Saya setuju dengan dibukannya jaur laut antara Aceh Sikil – Nias. Sangat membantu untuk memajukan kedua daerah. Saya sebagai Putera daerah Nias, tidak lupa mengingatkan bahwa, budaya nias, kekerabatan nias, persaudaraan nias, keharmonisan dan kerukunan antara umat beragama di Nias, hendaknya tetap dijaga. Jaga kekhasan budaya nias (Nias Mayoritas Kristen). Nias jangan sampai telodor dalam hal ini.

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

October 2009
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031