Tahun 2010 Pengurusan KTP di Kota Gunungsitoli Harus Gratis

Sunday, October 4, 2009
By nias

Gunungsitoli – Demi terwujudnya visi Kota Gunungsitoli menjadi “Kota Samaeri” di masa yang akan datang, Pejabat Walikota Gunungsitoli Drs Martinus Lase, M.SP menegaskan, tahun 2010 pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) harus gratis.

Hal itu ditegaskan Pj walikota pada penyerahan Surat Perintah Tugas (SPT) dan Surat Keputusan Pelaksana Tugas (PLT) di lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli, Rabu, (30/9)

Selain itu, tambah walikota pembuatan KTP gratis itu terkait dengan pesan Gubernur Sumatera Utara H Samsul Arifin kepada Pj Walikota Gunungsitoli, agar KTP di Kota Gunungsitoli dapat tertangani dengan baik, hingga kedepan saat Pilkada tidak ada kecuragan lagi dalam pelaksanan Pilkada.

Karena menurut rencana Pilkada untuk Kota Gunungsitoli dilaksanakan kalau tidak akhir 2010 awal 2011 mendatang.

Sebelumnya, Walikota Gunungsitoli mengatakan, terkait dengan penyerahan SPT dan SK PLT kepada para PNS merupakan tindaklanjut penyerahan SP3D pada tanggal 9 September 2009 lalu. Personil yang diserahkan diberdayakan Pemerintah Kota Gunungsitoli untuk mengisi kekosongan kebutuhan personil pada organisasi perangkat daerah Kota Gunungsitoli.

Dalam waktu tidak terlalu lama, walikota akan mengangkat para pejabat struktural eselon II, III dan IV sambil menunggu proses administrasi perangkat itu, hingga untuk sementara pihaknya PLT struktural yang secara umum bertugas untuk mengkoodinir staf, membenahi kantor, menangani sementara tugas-tugas kedinasan sesuai dengan tupoksi SKPD dan memulai menyusun rencana program dan kegiatan SKPD untuk tahun 2010.

Selanjutnya, hingga lebih kurang empat bulan sejak dilantiknya Pj walikota dengan berbagai keterbatasan pemerintah Walikota Gunungsitoli menyelesaikan beberapa tugas antara lain, penyusanan organisasi perangkat daerah Kota Gunungsitoli, penyusunan RAPBD Kota Gunungsitoli Tahun 2009.

Rekrutmen PNS

Kemudian, Penyiapan SDM (personil) antara lain, rekrutmen PNS dari Kabupaten Nias dan pemerintah Kabupaten/kota lainya, pemerintah Provinsi Sumut dan instansi vertikal pusat dan daerah. Penyusanan formasi pegawai negeri sipil tahun 2009 yang telah setujui oleh menteri pendayagunaan aparatur negara serta tugas rutin dalam penyelenggaran pemerintahan.

Sementara Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Gunungsitoli, Theodore Hulu, S.Pd melaporkan, pada tanggal 9 September 2009 lalu Pemerintah Kabupaten Nias telah menyerahkan personil pegawai sebanyak 2.132 orang terdiri, pegawai yang bertugas di wilayah Kota Gunungsitoli sebanyak 2001 orang, pegawai yang berasal dari KSPD tingkat Kabupaten Nias yang diserahkan atas permintaan walikota Gunungsitoli sebanyak 131 orang dan hari ini akan di SPT kan dan di SK kan.

Selanjutnya pemerintah Kota Gunungsitoli juga menerima perpindahan tugas PNS dari daerah otonom lainya di luar Kabupaten Nias dan instansi vertikal sebanyak 11 orang. Sehingga jumlah pegawai untuk Kota Gunungsitoli saat ini sebanyak 2.143 orang. (Analisa, 3 Oktober 2009)

One Response to “Tahun 2010 Pengurusan KTP di Kota Gunungsitoli Harus Gratis”

  1. 1
    Nota Mendrofa Says:

    Saya perantauan ada di Bogor
    Bagaimana perkembangan sepakbola di Gunsit/PSN?
    Setelah jd kotamadya, mustinya kita bisa bicara banyak sampai ke Medan yah, semoga

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

October 2009
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031