Medan – Direktur Polisi Perairan Daerah Sumatera Utara Kombes Pol Drs Bastomy SH bersama seorang stafnya AKBP RF Siringo-ringo, Senin (24/8) meninjau persiapan penempatan personil polisi perairan di pantai Nias Selatan (Nisel). Kedatangan pejabat teras Poldasu itu disambut WakilBupati Nisel Daniel Duha SH, Kapolres Nisel AKBP San Zebua SH, Asisten Bidang Pembangunan Pemkab Nisel Herman Laia SH, Kadis Perikanan dan Kelautan Drs Sam Lase, Kadis Pertanian Ir Ikhtiar Duha serta Kaban Kesbangpol Drs F Laia MSi di Bandara Orurusa, Teluk Dalam.

Dari Bandara Orurusa, Kambes Bastomy didampingi Wakil Bupati dan Kadis Perikanan dan Kelautan terbang menuju Pulau Telo, tempat markas polisi perairan yang direncanakan. Rombongan Dir Polairdasu itu disambut Muspika Pulau-pulau Batu di antaranya Camat Hans Martin Wau SIP dan Kapolsek AKP Pangaribuan di TPI Pulau Telo serta masyarakat setempat.

Pada kesempatan itu Kombes Bastomy mengatakan, di TPI Pulau Telo, yang dijadikan markas polisi perairan di Nisel direncanakan akan ditempatkan polisi perairan sebanyak 15 orang dengan fasilitas 2 kapal patroli C1.

Pada malam harinya, seusai penijauan lapangan diadakan acara ramah-tamah yang dihadiri para pejabat Pemkab Nisel dan para anggota DPRD seperti Sidi Adil Harita, Pegangan Dakhi, Rendus Halawa, tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat antara lain Pdt FM Wau serta Ketua dan Sekretaris HNSI Nisel Kaduhu Maduhu dan Aturan Laia.

Pada acara yang berlangsung akrab dan penuh kekeluargaan itu, anggota DPRD Sidi Adil Harita dan Wakil Bupati Daniel Duha memberikan kata sambutan, yang pada intinya menyambut baik dan menyatakan rasa senangnya dengan penempatan polisi perairan di Nisel. Diharapkan, dengan penempatan petugas keamanan laut itu, maka gangguan keamanan dan tindak kejahatan pencurian sumber daya alam perairan Nisel dapat ditekan sekecil mungkin.

Acara itu ditutup dengan kata sambutan dari Herman Laia SH, dengan mengucapkan terima kasih kepada Kapoldasu Irjen Pol Drs Badrodin Haiti, yang telah memberikan perhatiannya kepada permintaan Pemkab Nisel mengenai penempatan petugas kepolisian tersebut di Nisel. Demikian disampaikan Kadis Perikanan dan Kelautan Nisel Drs Sam Lase, kepada SIB, Senin malam (24/8). (SIB, 27 Agustus 2009)

Facebook Comments