Sorake, surga selancar di sudut Pulau Nias

Tuesday, August 25, 2009
By nias

NIAS SELATAN-Pantai Sorake, Nias Selatan, menjadi salah satu tujuan para wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sumatera Utara. Hamparan pasir pantai seakan menjadi alas berpijak kaum pribumi Kabupaten Sorake. Setiap turis yang menapakkan kakinya di pasir pantai Sorake, pasti terkesima dengan bentangan luas garis pantai dan barisan pohon kelapa pada setiap sisinya.

Panorama yang disajikan di sekitaran wilayah pantai Sorake memunculkan kesan damai. Setiap malam bahkan tidak pernah berhenti suara desiran ombak yang menghantam karang semakin menjadi-jadi. Apalagi ketika air pasang datang, suaranya seakan mampu membuat karang-karang di pinggiran pantai pecah.

Pantai Sorake juga disebut-sebut sebagai tempat selancar terbaik kedua setelah pantai Hawaii, Amerika. Pantai yang terletak di Pulau Nias, tepatnya di Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan ini memang memiliki daya tarik sendiri bagi para wisatawan mancanegara (wisman).

Kabupaten Nias Selatan merupakan salah-satu kabupaten di Sumatera Utara yang terletak di Pulau Nias. Pesona pantai dan ombaknya dikenal di mata dunia, terbukti beberapa kali telah diadakan lomba berselancar tingkat internasional di Pantai Sorake, tetapi lokasi ini belum tertata dengan rapi.

Sepanjang Pantai Sorake berjajar home stay yang siap melayani dan membuai wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai, dengan tarif yang cukup murah sekelas penginapan melati. Jarak menuju ke Pantai Sorake dari Bandara Binaka Gunung Sitoli, Nias, kurang lebih menghabiskan waktu 4 jam dengan menggunakan angkutan umum kota.

Jika Anda ingin mengunjungi Pantai Sorake ini, Anda dapat menggunakan Feri atau Jet Foil dari Sibolga menuju Gunung Sitoli atau jika Anda naik pesawat, dari Polonia Medan menuju Binaka (Nias), Anda juga akan menjumpai banyak sekali turis mancanegara yang juga hendak menuju pantai Sorake ini. Mereka adalah penggemar olahraga selancar yang akan datang ke Pantai.

Tempat surfing dan selancar yang disebut paling baik kedua setelah Hawaii adalah Pantai Sorake dan Lagundri. Ombak di pantai Sorake ini bisa mencapai ketinggian 15 m karena langsung berhadapan dengan Samudera Indonesia. Ombak di Sorake ini konon memang sangat ideal untuk olahraga air berselancar. Ombak di pantai ini punya lima tingkatan. Tidak ada tempat lain di dunia yang punya ombak seperti itu. Jadi, kalau peselancar gagal main slalom di sana, mereka masih bisa melanjutkan atraksi dengan gaya lain di tiap ombak berikutnya.

Namun, kenyataan menunjukkan pantai Sorake hanya ramai saat ada kejuaraan internasional selancar, yang biasanya jatuh pada bulan Juni – Juli, saat ombak sedang besar-besarnya. Di luar itu, kedua pantai tersebut adalah pantai indah yang sepi dan sunyi. (Waspada Online, 8 Agustus 2009)

4 Responses to “Sorake, surga selancar di sudut Pulau Nias”

  1. 1
    yasa laia Says:

    Sorake bisa lebih maju dari Bali sebenarya asalkan SDMnya mempunyai kenginan mau maju untuk pulau nias tapi apa yang terjadi sekarang ini nias bukan makin maju tapi makin mau hancur karena kepentingan seseorang yang selalu memetingkan kepentingan pribadinya.liat aja orang nias mau membangun kampung halamannya aja disusah-susahkan.

  2. 2
    Rahman Harefa Says:

    NIAS KU sudah harus bersaing dgn daerah lain ataupun negara luar.
    Kita PUTRA Nias harus membangun daerah sendiri, malu kalo sampai orang lain.

  3. 3
    shandy bresman harita Says:

    majulah Nias ku !!!!!!!!!
    kita jgn smpai ktinggalan dgn daerah lain…….
    kita sudah memiliki semuanya,
    jadi marilah bersama-sama kita membangun NIAS kita !!
    jauhkan lah dari diri kita rasa egois,dan mari kta ciptakan keharmonisan…
    saya yakin kalau kita bersatu,kita pasti bisa meraih kesuksesan……
    majulah NIas ku…..majulah…!!!!!!!!!

  4. 4
    Murni Gea Says:

    Pulau nias adalah pulauku…
    Walau aku tidak pernah berkunjung tetapi hatiku tetap untuk mempertahankanmu supaya suatu kelak nanti pulau nias akan menjadi pulau yang diangkat oleh dunia menjadi pulau yang berkenan dihati TUHAN.

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

August 2009
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31