UPK: TPK harusnya bayar proyek R2PN

Tuesday, August 4, 2009
By nias

GUNUNGSITOLI – Ketua UPK, Sochinasi Gea yang dikonfirmasi tentang proses pembayaran harga bahan pembangunan SMPN 1 mengatakan, sesungguhnya yang melakukan pembayaran adalah TPK.

“TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) tidak ke Gunungsitoli dan kami minta tolong makanya UPK (Unit Pengelola Kegiatan) yang melakukan transfer uang ke rekening suplier,” kata Sochinasi, pagi ini.

Seyogianya, pembangunan yang didanai PNPM R2PN (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pulau Nias) di kecamatan Namohalu Esiwa sudah selesai tahun 2008 tetapi kenyataannya sampai saat ini masih banyak kegiatan pembangunan yang belum selesai.

Batas limit waktu sampai 13 Desember 2009 yang ditetapkan seperti penjelasan PJOK PNPM R2PN Kab. Nias Toharudin sangat berat untuk dicapai bila pelaku PNPM R2PN di kecamatan Namohalu tidak diganti secara keseluruhan dan tetap dipertahankan yang lama.

Martin S Buaya, ketua Tim Riset Nias Corruption Watch (NCW), sangat menyayangkan permasalahan yang terjadi di kecamatan Namohalu Esiwa dalam pelaksanaan PNPM R2PN.

Pihaknya menduga, UPK, Fasilitator, PJOK Kecamatan ikut bermain dalam mengais keuntungan dari dana PNPM R2PN ini. Dengan nada bertanya, kenapa pihak Fasilitator dan PJOK tidak menegur UPK bila melakukan perbuatan diluar aturan.

Pihaknya, meminta kepada kepala BPM Kabupaten Nias dan PJOK PNPM R2PN Kab. Nias segera mengganti pengurus UPK secara total sesuai dengan hasil forum Musyawarah Antar Desa III yang dipimpin Camat Namohalu Esiwa.

Selain itu mintanya, menarik surat rekomendasi dari BPM yang menyatakan tidak dilakukannya pergantian ketua dan hanya posisi yang tidak ada saja dengan alasan waktu yang sangat sedikit dan program terlambat, untuk menyelamatkan dana PNPM R2PN yang disasarankan pembangunan desa tertinggal dengan nilai miliaran rupiah.

Menurut Martin S.Buaya, jawaban BPM tidak merekomendasikan pergantian ketua UPK Namohalu Esiwa sesuai hasil forum sangat tidak rasional dan diduga BPM turut terlibat bersama UPK dalam penyelewengan dana PNPM R2PN di Kecamatan Namohalu Esiwa.

Meminta kepada pelaku PNPM R2PN di Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara dan Departemen Dalam Negeri, agar dana PNPM R2PN yang sasarannya untuk membangkitkan pendapatan masyarakat miskin.

Selain itu juga meningkatkan pembangunan prasarana di desa tertinggal di Kecamatan Namohalu Esiwa diusut tuntas dan pelaku yang terlibat dalam penyelewengan supaya ditindak sesuai dengan hukum. (Waspada Online, 4 Agustus 2009)

3 Responses to “UPK: TPK harusnya bayar proyek R2PN”

  1. 1
    dara eli laia Says:

    seharusnya kita sebagai masyarakat nias bersyukur jikalau kita mendapatkan bantuan dana PNPM R2PN dari pemerintah, bukan malah menyelewengkan dana itu. jikalau kita ingin maju,ingin membangun daerah kita, mari kita sama-sama menjaga kepercayaan yang sudah diberikan pemerintah kepada kita melalui dana PNPM R2PN.
    dan juga kami berharap kepada pihak yang berwenang untuk mengusut tuntas kasus ini.

  2. 2
    Familyar Says:

    Usut tuntas kasus ini. Jgn hanya menjadi gertak sambel saja. Jika perlu laporkan kpd kpk or presiden. Hidup keadilan!

  3. 3
    razo Says:

    Yang komentar ini tidak mengerti permasalahan yg sebenarnya. Itu persoalannya adalah NCW minta jatah, tidak diberika. Maksudnya jatah preman. Kan di Nias banyak yg ngaku2 pers LSM dll gaya seperti preman. Termasuk Torozaro Harefa di situ yang minta setiap pencairan dana dapat jatah 500 Rb belum lagi kepala desa setiap tanda tangan untuk laporan minta jatah 100 rb. Karena tidak diperdulikan permintaan mereka ini maka orang-orang ini sakit hati. Coba kita bayangkan kalau semua permintaan ini diakomodir tinggal berapa duit lagi yang sampai kepada penerima manfaat? Makanya Camat dan yang lainnya itu tidak setuju apabila ada pergantian pengurus UPK. Bank dunia sudah audit, BPK sudah audit. Hasilnya bagus.Ada bukti laporan keuangan dan fisik di lapangan ada dan baik.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Kalender Berita

August 2009
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31