Setahun Dibangun Kantor Bupati Nias Rusak Parah

Saturday, August 1, 2009
By nias

GUNUNGSITOLI – Gedung kantor Bupati Nias yang baru selesai dibangun setahun lalu oleh BRR Nias dengan biaya Rp34 miliar saat ini kondisinya sudah memprihatinkan. Diduga cepatnya terjadi kerusakan pada bangunan dan peralatan kantor baru Bupati Nias karena pengerjaannya asal asalan.

Gedung kantor Bupati Nias diserahterimakan oleh BRR Nias kepada Pemkab Nias pada 16 Mei 2008 lalu. Namun sejak diserahterimakan hingga saat ini berita acara penyerahan aset itu belum diterima oleh Pemerintah Kabupaten Nias.

Menurut pantauan, saat ditempati sebagai Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Nias sudah mulai kelihatan kerusakan bangunan dan peralatan di berbagai tempat maupun ruangan. Kerusakan yang terjadi antara lain merembesnya air dari plafon akibat atap yang bocor.

Kamar mandi dan saluran air tidak berfungsi sehingga air tergenang di sana-sini. Sedangkan fasilitas perlengkapan lainnya seperti pendingin ruangan (AC) banyak yang tidak berfungsi dengan baik.

Belum lama ini plafon di bagian depan teras utama gedung ini sudah terlihat rusak dan bolong. Akibatnya pemandangan yang pertama dilihat ketika memasuki kantor pemerintah tersebut teras yang kondisinya rusak parah.

Akibat banyaknya kerusakan yang terjadi, Pemerintah Kabupaten Nias sudah berulangkali menyurati secara resmi PT Waskita Karya selaku kontraktor pelaksana untuk memperbaiki berbagai kekurangan dan kerusakan pada pembangunan kantor Bupati Nias.

Kasubbag Aset dan Perlengkapan Setda Kab Nias, B. Hulu menyebutkan, siang ini, akibat banyaknya kerusakan yang terjadi di gedung itu, Pemkab Nias sudah beberapa kali menyurati pihak PT Waskita Karya selaku kontraktor pelaksana.

Diakui sekira Oktober 2008 lalu PT Waskita karya pernah datang memperbaiki kerusakan. Saat itu kontraktor memperbaiki bagian atap yang bocor yang mengakibatkan air merembes ke plafond dan ruangan kerja masing-masing bagian.

Namun walau sudah diperbaiki kebocoran atap masih terus terjadi sehingga saat ini plafon di sebagian ruangan sudah mulai rusak.

B. Hulu mengaku sejak kantor Bupati Nias diserahterimakan pada 16 Juni 2008 lalu sampai saat ini berita acara serah terima belum didapatkan dari BRR.

Demikian juga pada gedung DPRD Nias yang telah diserahterimakan pada Desember 2008 lalu hingga saat ini kuncinya belum diserahkan sehingga belum bisa dimanfaatkan.

Mantan PPK Sarana dan Prasarana BRR Nias selaku penanggungjawab pada pembangunan gedung kantor Bupati Nias, Bernard Daeli, saat dikonfirmasi membenarkan Pemkab Nias pernah menyurati PT Waskita Karya untuk memperbaiki berbagai kerusakan di kantor itu. Menurut Bernard pengerjaan proyek itu sudah sesuai apa yang tertuang dalam bestek.

Namun sebagai tanggungjawab kontraktor sudah pernah memperbaiki beberapa kerusakan yang terjadi itu. Soal timbulnya lagi kerusakan tentunya dia tidak lagi berwenang memerintahkan kontraktor karena masa kerja BRR Nias sudah berakhir April 2009 lalu. (Waspada Online, 1 Agustus 2009)

Keterangan Gambar: William P. Sabandar sedang menjelaskan pembangunan kantor Bupati Nias yang sedang berlangsung kepada seorang anggota DPR RI, Juni 2007.  Lihat Wawancara Dengan Dr. William P. Sabandar – (2)

5 Responses to “Setahun Dibangun Kantor Bupati Nias Rusak Parah”

  1. 1
    dara laia Says:

    kepada yang terhormat pemerintah kab.nias bidang pekerjaan umum, kami berharap untuk lebih memperhatikan kualitas pembangunan gedung pemerintahan ke depan,jangan sampai gedung pemerintahan kita mengalami nasib yang sama dengan kantor bupati nias yang sekarang. salam sejahtera. ya’ahowu!

  2. 2
    Pangeran Says:

    Mank kalo di kerjakan asal-asalan pasti hasilnya juga asala asalan.

  3. 3
    ray m Says:

    sudah tradisi…

  4. 4
    Filsafat Hia Says:

    artinya…biar ada proyek baru itu…ok.

  5. 5
    ella Says:

    Ada yang punya gambar/ foto-foto gedung ini pada saat baru jadi dibangun oleh BRR dan kondisi bangunan tersebut saat ini (yang parah).

    Thanks

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

August 2009
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31