Mendagri Terbitkan Persetujuan Pembentukan Perangkat Daerah di Nias Barat dan Kota Gunungsitoli

Thursday, July 30, 2009
By nias

Medan – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) telah menerbitkan persetujuan tentang perangkat daerah di Nias Barat dan Kota Gunungsitoli. Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Otonomi Daerah Drs Bukit Tambunan MAP, Rabu (29/7) di Medan.

Menurut Bukit, persetujuan Mendagri tentang pembentukan perangkat daerah itu juga sudah dirapatkan dan dibahas, Kamis (23/7) lalu di ruang Beringin Kantor Gubsu dan dihadiri Bupati Nias, Pejabat Bupati Labuhanbatu Selatan, Pejabat Bupati Labuhanbatu Utara, Pejabat Bupati Nias Barat, Pejabat Bupati Nias Utara dan Walikota Gunung Sitoli, Kepala BKD Provsu, PL Asisten Pemerintahan, Kepala Biro Pemerintahan dan Kepala Biro Perlengkapan Setdaprovsu. Rapat itu dipimpin Sekdaprovsu DR RE Nainggolan MM.

Bukit mengatakan, dalam rapat itu Pemkab Nias melaporkan telah membentuk tim fasilitasi penyerahan personil, pembiayaan, peralatan dan dokumen. “Bahkan, Senin (27/7) direncanakan, Bupati Nias akan mengundang pejabat Bupati Nias Barat, Nias Utara, serta pejabat Walikota Gunung Sitoli untuk rapat membahas penyerahan personil yang melekat di dua kabupaten pemekaran dan Kota Gunungsitoli itu,” ucap Bukit Tambunan.

Dia juga menuturkan, sejauh ini ada kendala bagi PNS yang akan pindah ke kabupaten/kota pemekaran. Karena organisasi perangkat daerah belum terbentuk dan jika pindah harus melepaskan jabatan di kabupaten induk. Mengenai dana hibah Kabupaten Nias telah mengalokasikannya di APBD Kabupaten Nias tahun anggaran 2009.

Dikatakan Bukit, Bupati Nias merencanakan pelaksanaan penyerahan personil, pembiayaan, peralatan dan dokumen pada 17 Agustus 2009 bersamaan dengan peringatan Hari Kemerdekaan RI di hadapan publik.

“Sedangkan Ketua DPRD Nias atas nama masyarakat sangat berterimakasih atas terbentuknya Kabupaten Nias Utara, Nias Barat dan Kota Gunungsitoli,” paparnya.

DPRD Nias, lanjut dia, sangat mendukung penyusunan APBD tahun 2009 dan dana hibah bagi kabupaten pemekaran dan dewan juga berharap bupati dapat menyusun peraturan Bupati tentang pelaksanaan APBD tahun 2009. Mengenai struktur organisasi mengharapkan konsep minim struktur kaya fungsi.

Bukit juga menyampaikan, pejabat Walikota Gunungsitoli telah berkantor di eks kantor Bupati Nias yang lama dan penyerahan P3D sampai saat ini belum dapat direalisasikan. Kemudian dari formasi penerimaan CPNS tahun 2009 sudah disetujui dari kementerian pendayagunaan aparatur negara dalam waktu dekat ini.

Dalam rapat tersebut, kata Bukit, Bupati Nias Utara juga menyampaikan bahwa pihaknya belum mendapatkan persetujuan tentang pembentukan struktur organisasi dan perangkat daerah dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara.

Begitu juga Bupati Nias Barat, lanjut Bukit, pihaknya telah melaporkan pelantikan dan peresmian Kabupaten Nias Barat kepada Mendagri, 3 Juni 2009 sekaligus meminta arahan dari Mendagri. Sebab hingga kini penjabat Bupati Nias Barat masih berkantor di salah satu gedung sekolah dasar sejak 6 Juni 2009 lalu. (SIB, 30 Juli 2009)

2 Responses to “Mendagri Terbitkan Persetujuan Pembentukan Perangkat Daerah di Nias Barat dan Kota Gunungsitoli”

  1. 1
    Filsafat Hia Says:

    Ya….harapan kita…dengan sudah lengkapnya perangkat daerah Kabupaten Nias Barat dapat berjalan dengan baik sistem Pemerintahan di Nias Barat.

    Tapi saya juga heran dengan Bapak Pejabat Bupati Nias Barat…kenapa gedung SD yang digunakan sebagai fasilitas perkantoran…pakah ga terganggu…?

    Kan di Tetesua ada gedung yang tidak dipergunakan sampai sekarang (Terminal Sirombu) kenapa ga fungsikan itu sebagai kantor, sebelum rampung pembangunan gedung serba guna di Onolimbu…saya hanya memberi saran saja. thanks.

  2. 2
    cRiz Says:

    no comment dulu deh,

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

July 2009
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031