KMP Pulo Tello Melakukan Pelayaran Perdana Teluk Dalam-Pulau Tello

Wednesday, July 22, 2009
By nias

Medan – Kapal Motor Penumpang (KMP) Pulo Tello bantuan Menteri Perhubungan RI kepada pemerintah dan masyarakat Nias Selatan (Nisel) melakukan pelayaran perdana dari Pelabuhan Teluk Dalam ke Pulau Tello, Kamis (2/7). Pelayaran perdana itu merupakan hari yang bersejarah bagi pemerintah maupun masyarakat Nisel.

Acara pelayaran perdana yang dipusatkan di Pelabuhan Teluk Dalam itu dihadiri para pejabat pusat maupun Pempropsu di antaranya Mulkan Ibnu mewakili Dirjen Perhubungan Darat, Ir M Sihombing mewakili Dirjen Perhubungan Laut, Darwin Purba mewakili Gubsu dan Kadis Perhubungan Sumut, Zupri dari cabang ASDP Sibolga yang mendapat pengalungan bunga dari dara-dara cantik Nisel.

Sementara dari pemerintah setempat hadir Bupati Nisel F Laia SH MH dan Wabup Daniel Duha SH, ketua DPRD Nisel Dr Hadirat Manao SH SSos MH, Sekda Kab Nisel Henkie Yusuf Wau SH MH, Kapolres Nisel Sanudin Zebua SH, Dandim Nias Letkol Hombar Sinaga, pimpinan SKPD dan staf. Acara itu juga dihadiri ribuan masyarakat.

Bupati Nisel F Laia dalam sambutannya mengucapkan syukur dan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah menyerahkan kapal tersebut kepada pemerintah dan masyarakat Nisel. Menurut Bupati, sudah 7 kali ia menemui Menhub baik bersama ketua DPRD, Asisten II Sekdakab Nisel Herman laia, Kadis Perhubungan Nisel Drs Faogohuku Hulu maupun yang datang sendiri.

Sebenarnya lanjut Bupati, sudah lama kapal tersebut mau diserahkan, tetapi terbentur kondisi dermaga Teluk Dalam yang tidak layak disandari ferry dan anggaran untuk memperbaikinya tidak tertampung dalam PAPBD tahun 2008. Kendala utama untuk mencapai kemajuan di Nisel adalah soal transportasi. Dengan adanya KMP Pulo Tello tersebut, diharapkan dapat membuka keterisoliran dan mempercepat gerak langkah roda perekonomian rakyat.

Untuk itu kepada semua pihak diminta agar mempunyai rasa memiliki, memelihara dan merawat kapal dengan baik Termasuk juga keamanan, kenyamanan dan keselamatan penumpang dan masyarakat di pelabuhan turut juga diperhatikan. “Segala sesuatunya indah pada waktunya,” kata Bupati mengakhiri sambutannya. Sedangkan ketua DPRD Nisel Hadirat Manao dalam sambutannya mengatakan, kapal itu sudah lama dinantikan, Untuk itu jangan hanya kapal yang bersih tetapi juga hati nurani.

Secara terpisah, Bupati Nisel di ruang kerjanya mengatakan, 2 bulan setelah dilantik jadi Bupati (28 Maret 2006), sudah timbul rencana untuk membangun dermaga Teluk Dalam dan Bandara, Inspirasi itu muncul mengingat kembali gagasan Bupati Nias tahun 1970-an. Pada saat itu Bupati Nias Dalimend mengundang seluruh Kadis/jawatan/kantor, camat, wali negeri, kepala desa dan tokoh agama/adat dan mengajukan pertanyaan mana utma dibangun, bandara atau jalan antar desa atau jalan antar kecamatan.
Para undangan yang hadir serempak menjawab yang utama dibangun adalah bandara. Selanjutnya Bupati Dalimend memutuskan membangun bandara dan berdirilah Bandara Binaka (dahulu namanya Hunambou) yang diresmikan Mehub RI Prof Dr Emil Salim.

Di Nisel menurut Bupati selain bandara Lasondre, ada juga bandara Silambo. Bandara Lasondre telah beroperasi sedangkan bandara Silambo masih tahap pengerjaan yang diperkirakan paling lambat akhir 2009 ini sudah dapat beroperasi.

Dengan beroperasinya KMP Pulo Tello, akan membawa dampak positif bagi Pemda maupun masyarakat Nisel. Perekonomian masyarakat akan meningkat karena komoditi pertanian rakyat seperti karet, kopra, pisang, kakao, buah-buahan seperti durian, kueni dan mangga yang khas dapat dipasarkan ke daerah Sumut dan harganya tidak dimainkan para tengkulak, Selanin itu akan mengurangi jumlah pengangguran, menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta merangsang investor menanamkan modalnya di berbagai sektor seperti kelautan/perikanan, kehutanan dan pariwisata.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyatakan, pada akhir Desember lalu, telah dibentuk Koperasi Usaha Bersama Pegawai negeri Sipil (KUB-PNS) Kabupaten Nisel yangs ekarang telah berbadan hukum No 518/002/BH-KOP/VI/2009 tanggal 9 Juni 2009. Koperasi itu dapat bekerjasama dengan dengan pihak KMP Pulo Tello untuk membeli bahan-bahan sembako dari Sibolga yang harganya jauh lebih murah dibanding dengan di Teluk Dalam.

Dengan berjalannya koperasi mengangkut bahan sembako, maka harga sembako di Nisel bisa lebih murah dari sebelumnya. Malah perlu diusahakan agar harganya jauh lebih murah dari di Gunung Sitoli. Rencana Bupati 2-3 bukan ke depan, kapal ferry tersebut dioperasikan mengangkut semen dan besi dari Padang. Selain akan menguntungkan koperasi, harga bahan bangunan di Nisel lebih murah dari sebelumnya. Bila seluruh potensi alam dan kebudayaan Nisel yang spesifik itu diolah, Nisel akan maju dan sejahtera. (SIB, 22 July 2009)

3 Responses to “KMP Pulo Tello Melakukan Pelayaran Perdana Teluk Dalam-Pulau Tello”

  1. 1
    Simuk Says:

    Mudah – mudahan KMP Pulau Tello menjawab masalah kurangnya transportasi di Pulau Tello selama ini, yang mana sebelumnya transportasi kesana tergolong susah.
    Buat PEMDA NISEL dan instansi terkait selamat dan terima kasih. Semoga pada saat libur nanti, saya bisa numpang KMP tersebut.
    Buat awak kapal KMP Pulo Tello, selamat berlayar!
    Saranku, kalau cuaca kurang bagus mendingan balik saja. Nggak usah anggar “jago” karena ombak disana “agak – agak” Ganas!

  2. 2
    hasrat tanjung Says:

    saya sebagaiputra pulau tello bangga terhadap kemajuan transportasinya..mudah2 an tahun2 yang akan datang lebih meningkat

  3. 3
    hasrat tanjung Says:

    Buat keluargaku di pulau tello: uncu, mami,tante,om,dedi,aan,pascal, gunar masih banyak lagi deh selamat menggunakan kapal baru ya…kapan ke sibolganya..?

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Kalender Berita

July 2009
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031