Nisel Kembali Laksanakan Pemungutan Suara Ulang Kamis dan Jumat

Thursday, July 16, 2009
By nias

* KPUD Kabupaten Nias Selatan Dinilai Tidak Sanggup

Telukdalam – Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) Ulang di Kabupaten Nias Selatan (Nisel) yang dilaksanakan pada tanggal Rabu, 9 April 2009 lalu ternyata masih menyisakan berbagai kendala dan kecurangan baik yang dilakukan oleh oknum Caleg maupun kendala yang dialami oleh pihak penyelenggara sendiri.

Akibat kendala dan kecurangan yang terjadi, maka pelaksanaan Pileg ulang di Nisel segera dilaksanakan khususnya pada lima Tempat Pemungutan Suara (TSP) masing-masing TPS 1, 3 dan 4 Desa Gobo Kecamatan Pulau-Pulau Batu yang akan dilaksakana pada Kamis, (16/7) dan TPS 1 dan 3 Desa Hilifalago Kecamatan Telukadalam direncanakan dilaksanakan pada Jumat (17/7) mendatang.

Ketua Komisi pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Nisel yang hubungi Analisa, Selasa, (14/7) melalui telepon selulernya membenarkan akan adanya pemungutan suara ulang di lima TPS tersebut.

Lebih jauh ia menjelaskan, pelaksanaan pemungutan suara ulang di tiga TPS di Desa Gobo Kecamatan Pulau-Pulau Batu tesebut dikarenakan kurangnya kertas suara pada Pileg ulang tanggal 9 Juli lalu, yang kebetulan desa tersebut merupakan desa terjauh dan sangat sulit untuk berkomunikasi.

Hingga saat ini KPUD Nisel telah mendistribusikan 185 Kertas suara untuk TPS I Desa Gobo Kecamatan Pulau-Pulau Batu khusunya pemungutan suara untuk DPR RI Pusat dan 300 lebih kertas suara untuk TPS 3 dan 4 Desa Gobo Kecamatan Pulau-Pulau Batu pemungutan ulang untuk DPR Kabupaten/kota.

Sementara, dilaksakannya pemungutan suara ulang untuk untuk TPS 1 dan 3 Desa Hiligalago Kecamatan Telukdalam khususnya pada DPRD Kabupaten/kota karena KPUD menilai pada Pileg ulang pada 9 Juli lalu banyaknya laporan masyarakat kepada KPUD Nisel, selanjutnya tidak di gunakan DPT dan para pemilih tidak menggunkan tinta seusai memberikan hakl suaranya.

Selain itu, Ketua KPUD Kabupaten Nisel mengatakan, banyaknya kendala dan tantangan dalam pelaksanaan Pileg Ulang di Kabupaten Nisel disebabkan karena hingga saat ini KPUD Nisel belum menerima kucuran dana dari KPU Pusat untuk pelaksanan Pileg Ulang di Kabupaten Nisel.

Tidak Sanggup

Secara terpisah Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Nias Selatan, Ismail Dakhi mengemukakan, pelaksanaan pemungutan suara ulang di tiga TSP Desa Gobo Kecamatan Pulau-Pulau Batu Kabupaten Nisel merupakan salah satu bukti nyata bahwa KPUD Kabupaten Nias Selatan di nilai tidak sanggup untuk menyelenggarakan Pileg Ulang dan Pilpres di Kabupaten Nisel.

Demikian juga halnya pada pemungutan suara ulang yang akan dilaksanakan di 2 TPS Desa Hilifalago Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan, Membuktikan pihak penyelenggara khususnya KPUD Nisel sangat-sangat kurang mengantisipasi dan mengkaji bila terjadinya hal-hal terburuk.

“Pelaksanaan Pileg Ulang di Tiga TPS tersebut sangat bagus dilaksanakan, karena selama ini semua kelemahan dan kesalahan dalam persiapan pelaksanaan Pileg Ulang dan Pilpres di Nias yang dilaksanakan oleh penyelenggara yakni KPUD Nisel selalu di tutup-tutupi,” ungkap Ismail Dakhi. (Analisa Online, 15 Juli 2009)

One Response to “Nisel Kembali Laksanakan Pemungutan Suara Ulang Kamis dan Jumat”

  1. 1
    Jafar Hulu Says:

    kalau KPUD-nya Nisel tidak mampu melaksanakan pemilu yang adil, jujur, rahasia, dan kondusif, mundur saja dan serahkan kepada yang lain, jangan hanya mampu nuntut honor. Itu buat KPUD, dan buat masyarakatnya, jangan memaksakan kehendak memenangkan seseorang dalam pemilu legislatif, karena keinginan anda belum tentu baik di mata orang lain, jangan buat susah pemerintah, jangan hanya berbicara beradat, beriman, tapi tidak pernnah direlisasikan lewat perbuatan, MALULAH OI !, Buat para penegak hukum yang berkaitan dengan pelaksanaan PEMILU, Harap tindakan tegas kepada para perusuh pelaksanaan pesta demokrasi ini. Saohagolo.

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

July 2009
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031